Saturday, June 28, 2014

Kulit Halus Dengan Makan Kentang Kukus Setiap Hari

Kombinasikan dengan Scrup Kentang pada Kulit
Kentang kerap dijadikan pengganti nasi bagi mereka yang melakukan diet. Tapi tidak banyak yang tahu, bahwa kentang dapat digunakan untuk perawatan kulit. Pada satu buah kentang terdapat kandungan vitamin C, D dan kaya antioksidan yang bermanfaat untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit. Bagaimana caranya?
Tidak dapat dimungkiri, wajah menjadi bagian terpenting bagi wanita. Wajah terlihat awet muda dengan kulit halus, cerah dan bebas dari kerutan, adalah impian semua wanita Berbagai cara akan dilakukan untuk mendapatkan itu semua. Bahkan tak jarang banyak yang melakukan perawatan khusus seperti treatment modern menghilangkan kerutan, menghaluskan kulit dan mencerahkan kulit. Namun, ternyata ada juga cara alami yang patut dicoba, yaitu menggunakan kentang. 

Manfaat Kentang. Kentang merupakan sayuran yang memiliki nama latin Solanum tuberosum L, termasuk tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang dan dapat dimakan. Kentang berasal dari Amerika Selatan, dibudidayakan oleh penduduk asli sejak ribuan tahun silam. Menurut sejarah awal mula kentang masuk ke Indonesia di daerah Cimahi lalu ke daerah lain di Indonesia.

Kini kentang dapat disajikan dengan berbagai menu variasi olahan makanan bahkan ada juga yang dikonsumsi dengan jus. Kentang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti mencegah hipertensi atau darah tinggi, bahkan sebagai karbohidrat pengganti nasi bagi mereka yang ingin melakukan det.

Siapa sangka, kentang yang berbentuk bulat dan tumbuh subur pada dataran tinggi ini juga memiliki fungsi untuk kecantikan. Berdasarkan penelitian, kandungan vitamin C sebagai antioksidan dapat digunakan untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit. Tak hanya itu, kentang dapat digunakan untuk menghilangkan vlek dan bekas jerawat.

Kandungan. Kentang mengandung air, energi, protein, lemak, karbohidrat, fiber, kalium, besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, zinc, tembaga, selenium, vitamin C, thiamin, riboflavin, niacin, pantothrnic acid, vitamin, B6, folate total, vitamin A, E, K, betakarotin, asam lemak jenuh dan tak jenuh. Yang berkaitan erat dengan perawatan kulit adalah vitamin C, zinc, asam folat, kalium, dan potasium. Dalam kentang juga terdapat beberapa zat penting lainnya seperti fitonutrien, ceratoniod dan flavonoid. Zat-zat tersebut dapat dijadikan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Dengan adanya antioksidan tinggi yang terdapat pada kentang dapat membuat kulit menjadi lebih cerah, halus serta sehat.

Hal tersebut dibenarkan oleh Dr. Riana Santi Hoesodo, MD (H), M.Sc, bahwa banyaknya kandungan antioksidan pada kentang dapat mencegah kerusakan sel. Jadi kulit lebih sehat, dan melindungi kulit dari paparan ultraviolet (UV) sinar matahari sehingga dapat mencerahkan dan menghilangkan bekas jerawat. Tak hanya itu, kandungan seperti mineral, kalium dan fosfor, Vitamin B, C dan D, dalam kentang dapat meregenerasi sel darah di dalam tubuh. Jika regenerasi sel darah di dalam tubuh prosesnya bagus, maka kulit menjadi sehat, tidak kusam dan kasar.

Cara Mengonsumsi. Konsumsi kentang sebaiknya dalam keadaan sudah matang dengan cara dikukus. Sebelum dikukus kentang dikupas terlebih dahulu dan dicuci sampai bersih. Setelah cukup matang, baru dikonsumsi. Saat mengukus tidak boleh terlalu matang agar kandungan vitamin di dalamnya tidak hilang. Konsumsi kentang secukupnya sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan minimal sehari hanya 2-3 butir. Ketika mengonsumsi lebih baik tidak dilakukan dalam satu periode dalam jangka waktu tertentu, yang hanya makan kentang saja, namun bisa dikombinasi dengan menu sayur-sayuran lainnya.

Untuk hasil lebih maksimal, bisa didukung dengan menggunakan kentang ke kulit secara langsung. Caranya kentang yang sudah dicuci bersih diblender sebentar lalu sedikit ditambahkan air. Setelah itu, usapkan ke seluruh bagian kulit wajah atau bagian tubuh lainnya. Fungsinya, sebagai scrub yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Lakukan setiap hari, selama kulit tidak alergi atau menimbulkan iritasi maka kulit akan lebih cerah dan halus. Dengan dibantu dikonsumsi dan digunakan ke kulit langsung maka hasil akan lebih maksimal.

Mencerahkan dan Menghaluskan. Menurut dr. Endy Novianto, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari cara sederhana menggunakan krim-krim perawatan hingga treatment modern di klinik kecantikan. Buah-buahan dan sayur-sayuran termasuk kentang yang banyak mengandung vitamin,C dan kaya antioksidan, memang sebagai pencerah alami. Untuk sayur-sayuran seperti kentang yang banyak mengandung serat tentu penyerapan vitaminnya akan lebih bagus sehingga dengan rutin mengonsumsinya secara tidak langsung bisa mencerahkan kulit.

Namun, bukan berarti dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran seperti kentang, akan langsung berefek kulit menjadi cerah dan halus saat itu juga. Tentu hal tersebut membutuhkan proses dari dalam tubuh. Sedangkan, untuk perawatan dari luar tubuh sebaiknya tetap dilakukan. Perawatan dari luar yang dapat dilakukan secara sederhana adalah dengan menjaga kebersihan.

Sebaiknya rutin mencuci wajah dengan menggunakan sabun pembersih minimal dua kali dalam sehari. Selain itu lindungi wajah dengan sunscreen SPF 30. Kemudian gunakan krim-krim yang dapat mengangkat sel kulit mati seperti alpha hidroxy acid (AHA). Anda juga bisa menggunakan krim-krim asam retinol, asam retinoat, argireline dan vitamin C. Krim tersebut dapat meregenerasi sel-sel kulit baru sehingga kulit menjadi cerah, halus bahkan kenyal.


Untuk treatment modern, Anda dapat melakukan facial seminggu sekali, serta peeling, chemical peeling, mikrodermabrasi sebulan sekali. Selain perawatan standar, untuk mencerahkan dapat menggunakan laser dengan laser Nd:Yag yang khusus untuk pigmen. Biasanya yang dipakai adalah laser Q Switch Nd:Yag yang paling bagus digunakan untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit. Dengan panjang gelombang 10 64, Selain untuk mengurangi jumlah pigmen yang berlebihan di wajah, bisa menjaga kulit ketika terjadi proses regenerasi atau rejuvenation. Kulit-kulit yang mulai kendur jadi bisa lebih kencang dan bekas jerawat pun akan terus memudar. Palupi (Info Kecantikan)

3 komentar: