Wednesday, June 4, 2014

Empat Bahan Alami Hilangkan Komedo

Kehadiran komedo yang menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat memang cukup mengganggu. Masalah kulit yang sering timbul di sekitar wajah ini memang sebaiknya dihilangkan dengan rutin mencuci wajah minimal dua kali sehari. Bahan alami seperti putih telur, susu, jeruk nipis, kulit jeruk lemon, madu, serta buah-buah nanas dan alpukat yang mengandung vitamin E, vitamin A, antibakteri, dan astringent ampuh menghilangkan komedo. Seperti apa?

Rasanya, tak ada pun satu wanita yang tak risih saat kulit wajahnya dihinggapi komedo dan jerawat, serta terlihat kusam. Berbagai macam cara pun dilakukan guna mengatasi permasalahan tersebut. Mulai dari cara-cara alami hingga medis. Komedo yang timbul dari penumpukan kotoran pada wajah bisa menimbulkan jerawat yang sangat mengganggu penampilan. Untuk menghindari timbulnya komedo sebenarnya mudah, cukup dengan rutin mencuci wajah minimal dua kali sehari.

Bila Anda merasa tetap ada komedo di wajah, hal tersebut bisa disebabkan karena proses membersihkan wajah yang kurang bersih. Misalnya saat sehari-hari menggunakan make up lengkap ke kantor, tentu saja tidak cukup dibersihkan hanya menggunakan sabun pembersih saja. Melainkan memerlukan pembersih khusus seperti pembersih khusus daerah mata. Sementara untuk mengangkat make up sebaiknya melakukan dua hingga tiga kali tahapan. Pertama menggunakan susu pemberslh untuk mengangkat seluruh kotoran seperti foundation, bedak, dan lipstik. Setelah itu, gunakan penyegar atau biasa disebut dengan toner untuk membantu menyegarkan kulit. Terakhir cuci bersih wajah dengan menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Komedo. Menurut dr. Niken Wulandari, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, ada empat penyebab terjadinya komedo pada wajah. Pertama karena perubahan pola keritinasi pada folikel rambut halus di wajah, biasanya keritinasl tersebut longgar sehingga mudah keluar dan terlepas. Kedua, adanya peningkatan sebum dan kelenjar minyak yang dipengaruhi berbagai hal seperti hormonal, ras, umur, asupan makanan, dan stress. Ketiga, adanya peningkatan asam lemak sehingga meningkatkan proses terjadinya peradangan sehingga menimbulkan inflamasi. Terakhir, terjadi karena adanya peningkatan flora atau biasa disebut mikroba atau bakteri bacteriumagnes.

Ada dua macam komedo, yaitu komedo putih dan komedo hitam. Komedo putih merupakan jenis komedo yang belum muncul ke permukaan, bisa dibilang komedo yang masih tertutup atau jenis komedo yang belum sampai ke folikel rambut halus di wajah. Sementara komedo hitam merupakan komedo yang sudah keluar atau mencapai ke folikel rambut halus di wajah dan sudah teroksidasi. Kedua jenis komedo tersebut, sebenarnya penyebab awal atau cikal bakal timbulnya jerawat di wajah.

Daerah wajah memang menjadi daerah yang sangat sensitif, produksi kelenjar minyak biasa muncul di daerah T atau sekitar dahi, hidung hingga bawah dagu. Meski demikian, bukan berarti tidak akan muncul komedo di bagian wajah lainnya. Komedo umumnya timbul di usia muda atau sekitar 12 tahun hingga 50 tahun. Di usia akil baliq, biasanya menjadi puncak timbulnya komedo dan jerawat. Hal ini disebabkan adanya perubahan hormon dari anak-anak menuju remaja atau dewasa.

Namun, pada usia 40 tahun ke atas komedo pun masih bisa timbul meski terhitung jarang. Karena pada usia 40 tahun ke atas aktivitas hormon sudah mulai berkurang. Untuk menghindari timbulnya komedo biasanya banyak wanita pergi mengunjungi klinik kecantikan untuk menghilangkan komedo. Belum banyak yang mengetahui jika beberapa bahan alami yang mudah ditemui, ternyata mampu membantu menghilangkan komedo. Di antaranya :

1.Susu. Sebagai satu dari sederet bahan baku bergizi yang diperlukan tubuh, susu memang terkenal akan manfaat baiknya bagi kesehatan. Selain dikonsumsi secara langsung atau sebagai campuran saus dalam sajian dessert, susu juga biasa digunakan untuk membantu merawat kecantikan. Salah satunya untuk mengangkat komedo di wajah.

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak dapat menggunakan susu sebagai bahan alami untuk mengatasi komedo. Asam laktat yang terkandung dalam susu mampu memecahkan sel-sel kulit mati sehingga terangkat saat membilas wajah dengan air.

Disarankan oleh herbalis kecantikan Valentina Indrajati, sebaiknya menggunakan susu jenis butter milk, yang mengandung asam laktat lebih tinggi dari susu biasa. Susu juga dapat dicampurkan dengan beberapa bahan lain seperti perasan jeruk lemon, garam, dan guia. Caranya cukup mudah, dengan mencampur 50 gr butter milk dan 1 buah air perasan jeruk lemon. Kemudian diaduk merata hingga menjadi pasta atau mengental. Setelah itu tambahkan garam dan gula untuk membuka permukaan kulit, sehingga komedo yang menempel dapat keluar. Campuran butter milk bisa langsung dioleskan ke seluruh wajah yang telah dibersihkan, sambil dipijat perlahan guna mengangkat komedo. Usahakan tidak memijat terlalu kuat atau kasar, agar tidak merusak jaringan sel. Setelah itu diamkan selama 5-7 menit, lalu dicuci bersih sambil digosok perlahan. treatment ini bisa diterapkan minimal satu minggu sekali hingga kulit terlihat lebih halus, cerah dan bebas komedo.

2. Madu. Cairan kental berwarna kuning keemasan ini memang terkenal akan khasiatnya untuk kecantikan. Madu yang berasal dari lebah ini sering digunakan untuk membantu berbagai perawatan kecantikan terutama kecantikan wajah. madu yang bersifat panas, mampu membantu mengatasi berbagai permasalahan wajah seperti komedo, jerawat, vlek hitam, hingga kerutan.

Menurut Denny M Ramadhan, N.d. BSc. D,ACCU seorang naturopathist, madu mengandung banyak enzim, antioksidan, vitamin A, vitamin C dan berbagai vitamin lainnya. Tidak hanya itu, madu juga mengandung unsur antibacterial sehingga mampu menghindari infeksi atau peradangan. Dengan kandungan tersebut tidak heran, madu sering dijadikan salah satu bahan campuran untuk mengatasi masalah komedo dan jerawat.

Untuk menghilangkan komedo dengan madu, caranya sangatlah mudah. Pertama buka pori-pori wajah menggunakan uap air panas, yakni dengan memposisikan wajah tepat di atas wadah berisi air panas. proses ini dilakukan selama 3 hingga 5 menit. Setelah itu wajah akan berkeringat, dan dapat di lap dengan menggunakan handuk bersih. Lalu oleskan madu ke seluruh bagian wajah sambil dipijat secara perlahan selama 5-10 menit hingga ke bagian leher. Cara ini dapat membantu mengangkat komedo dari wajah. Setelah itu diamkan wajah selama 30 menit agar madu meresap ke dalam pori-pori wajah. Kemudian cuci bersih wajah dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin untuk membantu menutupi pori-pori. Dengan rutin melakukan perawatan seminggu dua kali, maka wajah akan terbebas dari komedo.

Enzim yang terkandung dalam madu mampu akan terbebas dari komedo. Enzim yang terkandung dalam madu mampu mempercepat proses regenerasi kulit. Sehingga Setelah komedo keluar tubuh akan memperbaiki jaringan komedo. Di mana pori-pori yang membesar dapat diperbaiki dengan sendirinya dalam jangka waktu 21 hari. Karena itu disarankan melakukan perawatan pengangkatan kotoran wajah minimal satu bulan sekali agar wajah bersih bebas komedo dan jerawat.

3. Putih Telur. Putih telur yang mengandung asam amino dan protein ini mengandung kolagen yang berfungsi meregenerasi kulit. Selain itu, putih telur mengandung vitamin E yang mampu mengobati kandungan minyak berlebih pada wajah.

Masih menurut Denny M Ramadhan, N.d. BSc, sebaiknya pori-pori wajah dibuka menggunakan uap air panas, yaitu dengan mendekatkan wajah tepat di atas air panas yang baru mendidih panas atau nasi yang baru saja tanak. Tahap penguapan ini bisa dilakukan selama 3 hingga 5 menit.

Setelah itu, buah campuran masker dari 1 butir putih telur bebek atau ayam, lalu campur dengan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis dan aduk hingga rata. Setelah itu oleskan ke seluruh wajah, diamkan selama 20 hingga 30 menit lalu bersihkan wajah dengan air hangat dan bilas kembali dengan air dingin atau es batu.
Kandungan vitamin E dalam putih telur dapat membantu mencerahkan, melembutkan dan mengencangkan kulit. Kandungan kolagen dalam putih telur mampu meregenerasi kulit sehingga tampak lebih kencang bebas keriput dan terlihat awet muda. Putih telur dapat di campurkan dengan bubuk cendana untuk membantu mengurangi kandungan minyak pada wajah. lakukan perawatan tersebut minimal dua kali dalam seminggu untuk hasil maksimal wajah bebas komedo. Bagi Anda yang mempunyai banyak komedo, perawatan ini dapat diiakukan satu atau dua kali dalam seminggu.

4. Alpukat dan Nanas. Selain susu, madu dan putih telur, buah-buahan seperti alpukat dan nanas bisa digunakan untuk membantu mengangkat komedo pada wajah. Buah nanas dan alpukat yang mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin E, C, dan A ini mampu melembabkan, melembutkan, dan mencerahkan wajah.

Menurut herbalis kecantikan Valentina Indrajati, buah nanas dan alpukat yang dicampurkan dengan madu dan jeruk nipis dapat membantu menghilangkan komedo pada wajah. Caranya cukup dengan memarut 25 gram nanas, lalu campur dengan 1/4 buah alpukat, 2 sdm dan air perasan jeruk nipis. Setelah itu tempelkan pada area sekitar hidung, yang menjadi pusat tumbuhnya komedo. Atau bisa juga digunakan pada seluruh wajah untuk membantu mengangkat seluruh kotoran wajah. Selanjutnya diamkan selama 15 sampai 20 menit lalu bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Kemudian ditutup dengan mengoleskan es batu ke seluruh wajah agar pori-pori tertutup.


Lakukan perawatan ini minimal dua kali dalam satu minggu untuk hasil yang maksimal. Buah nanas yang bersifat panas mampu membantu membuka pori-pori wajah sehingga kotoran atau komedo yang menempel pada wajah terangkat. Setelah melakukan perawatan rutin selama 3 hingga 4 bulan wajah akan bebas komedo, namun perlu diingat jika perawatan ini harus dilakukan secara rutin, karena komedo akan muncul lagi jika perawatan yang dilakukan berhenti. Indri, Suciati, Rini (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment