Monday, June 2, 2014

Mengatasi Sikap Lupa

Konsultan: Adib Setiawan, M.Psi
Lupa menjadi sesuatu hal wajar yang kerap dialami manusia normal. Sering kali saat akan melakukan sesuatu, tiba-tiba saja lupa. Namun jika hal ini terus berulang yang kerap disebut pikun, tentu mengganggu rutinitas. Perlu diketahui, pada dasarnya otak manusia memiliki sel secara kompleks yang memiliki fungsi spesifik yang saling berhubungan. Daya ingat setiap orang berbeda-beda tergantung bagaimana memaksimalkannya.

Penyebab. Ada beberapa faktor penyebab seseorang jadi gampang lupa. Pertama, stress dan kelelahan, keduanya akan sangat memengaruhi rutinltas keseharian, misalnya saat bekerja. Kesibukan di tempat kerja tak jarang membuat seseorang mengalami kelelahan dan stress, sehingga mengakibatkan konsentrasi menurun. Akibatnya otak jadi gampang lupa dengan hal-hal kecil yang setiap hari dilakukan. Kedua, gaya hidup dan kebiasaan seperti sering begadang, merokok, mengonsumsi obat-obat terlarang dan minuman beralkohol, sangat memengaruhi psikis Anda sehingga gampang lupa. Ketiga, kepribadian, kurangnya rasa tanggung jawab dan kemandirian mengakibatkan ketergantungan pada orang lain sehingga kita tidak terbiasa mengatur diri sendiri. Keempat, trauma fisik dan emosional. Trauma fisik bisa terjadi karena kecelakaan yang mengakibatkan cedera di otak sebagai memori pusat. Sedangkan trauma emosional terjadi karena berbagai macam, bisa karena di-bully atau pelecehan seksual.


Untuk mengatasi mudah lupa dapat dilakukan mulai dari hal-hal kecil seperti mencatat agenda harian, dan melakukan agenda tersebut secara rutin. Menyusun berkas atau barang-barang secara rapi dan terstruktur. Dengan begitu, rasa tanggung jawab akan sendirinya terbentuk. Tidur cukup dan berkualitas, sepertl mesin yang butuh didinginkan ketika panas, otak juga perlu diistirahatkan dengan tidur. Tinggalkan gaya hidup tidak sehat, memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi yang dapat memberi asupan baik pada otak. Jika nutrisi otak terpenuhi tentu akan berdampak baik pada ingatan. Enny (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment