Thursday, June 26, 2014

Kulit Kencang Dan Kenyal Berkat Masker Kiwi

Khasiat buah-buahan memang sudah sangat terkena! untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satu buah yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit adalah buah kiwi. Kandungan vitamin A, C, dan E dalam buah kiwi mampu membuat kulit lebih kencang dan kenyal. Benarkah?

Bertambahnya usia yang menyebabkan penurunan kekencangan kulit menjadi salah satu penyebab kulit menjadi kendur sehingga wajah terlihat keriput dan tua. Tentu saja, hampir setiap wanita menginginkan kulit wajah yang kencang, kenyal, bebas keriput sehingga terlihat awet muda. Perawatan yang dilakukan para selebriti dunia yang masih kencang meski sudah berusia cukup tentu saja tidaklah sedikit, meski boleh diikuti namun jangan sampai Anda menjadi terbebani dengan hal tersebut. Karena terdapat cara mudah, aman, dan murah untuk mendapatkan kulit kencang, kenyal, dan awet muda yaitu dengan buah kiwi.

Menurut Riska Mustikasari, terapis kecantikan, kulit yang sehat biasanya memiliki ciri-ciri seperti kulit memiliki kelembaban yang cukup, terlihat basah atau berembun sehingga kulit senantiasa kenyal dan kencang, menampilkan kecerahan warna kulit, kulit terlihat mulus, lembut dan bersih dari noda, jerawat atau jamur, kulit terlihat segar dan bercahaya serta memiliki sedikit kerutan sesuai usia.

Masker Kiwi. Penggunaan buah kiwi sebagai masker sangat baik, karena buah kiwi kaya akan mineral, vitamin C, Vitamin E, asam lemak, omega-3, dan antioksidan. Dengan kandungan tersebut, buah kiwi bermanfaat untuk melawan tanda-tanda penuaan dini dan bisa membantu membuat kulit lebih kenyal dan kencang. Untuk pemanfaatannya kiwi bisa dijadikan masker.

Secara umum masker ini digunakan untuk kecantikan lain seperti, mengecilkan pori-pori kulit, merawat kulit kering, merawat kulit berminyak dan untuk membersihkan kulit secara alami. Namun sebelum memakai masker buah ada beberapa tips yang harus diperhatikan sebelumnya, antara lain:

Pertama, basuhlah wajah dengan air hangat atau mandi dengan air hangat sebelum menggunakan masker, tujuannya agar pori-pori wajah terbuka dan penyerapan masker lebih sempurna.
Kedua, pastikan wajah dalam keadaan bersih, cuci wajah dari sisa kosmetik atau krim sebelum menggunakan masker.
Ketiga, gunakan masker hingga leher, agar warna kulit wajah tidak belang atau tetap sama dengan wajah.
Keempat, relaksasikan tubuh atau wajah, bisa dengan cara berbaring dan mengurangi berbicara saat menggunakan masker agar hasil maksimal.
Kelima, saat mencuci atau membilas wajah sebaiknya gunakan air dingin untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka.

Cara membuat masker kiwi tidak sulit dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Masker kiwi untuk mengencangkan dan mengenyalkan kulit dapat dibuat dengan cara haluskan setengah buah kiwi, setelah itu campur dengan 1 butir kuning telur dan 1 sdm minyak zaitun. Aduk hingga membentuk masker yang cukup kental dan setelah itu dapat digunakan pada wajah atau tubuh yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan masker selama 15 menit dan cuci dengan air bersih.

Selain untuk mengencangkan dan mengenyalkan kulit masker kiwi dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori. Caranya, hancurkan 1 buah kiwi lalu ratakan di kulit wajah. Jika merasa wajah dicubit-cubit, artinya kandungan asam organik buah sedang bekerja. Biarkan selama 15 menit kemudian cuci wajah menggunakan air dingin. Untuk merawat kulit kering bisa dengan mengombinasikan buah kiwi dengan campuran minyak zaitun. Caranya dengan mencampurkan sdm jus kiwi, 1 sdm minyak zaitun dan 1 butir kuning telur ayam, lalu aduk hingga rata. Gunakan sebagai masker wajah lalu tunggu selama 15 menit. Bersihkan perlahan dengan spons kemudian bilas memakai air bersih.

Jika Anda ingin mengatasi kulit berminyak maka bisa dengan cara, campur 1/2 buah kiwi, 15 ml yoghurt, 5 ml susu skim, 5 ml madu, 5 ml oatmeal, 1 tetes petitgrain essential oil dan 1 tetes minyak lavender sampai halus hingga berbentuk cream lembut. Oleskan ke wajah dan leher menggunakan kapas. Pijat secara lembut, bilas serta tuntaskan dengan toner dan pelembab. Dan jika Anda ingin membersihkan kulit secara alami dengan buah kiwi maka bisa dengan haluskan dengan blender 5-6 buah strawberry 1 buah kiwi dan 1/2 potong buah mentimun yang sudah dikupas kulitnya. Gunakan sebagai masker kecantikan wajah alami selama kurang lebih 10 menit atau sampai mengering, bilas dengan air dingin.

Untuk mengencangkan dan mengenyalkan kulit sebaiknya perawatan masker kiwi digunakan dua minggu sekali untuk mendapatkan hasil terbaik lakukan minimal satu bulan sekali agar kulit wajah tetap sehat dan cantik alami. Selain itu penggunaan masker kiwi sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit wajah.

Penuaan. Dikatakan oleh dr. Sondang Aemiria P.Sirait, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, kulit yang mengendur disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, kulit epidermis menjadi lebih tipis pada orang yang bertambah usia atau orang tua. Kedua, kulit lapisan dalam, yaitu dermis (kuiit jengat) menjadi lebih tipis akibat berkurangnya jumlah serabut kolagen, serabut elastik, dan “ground substance” (materi kenyal di antara serabut kolagen). Ketiga, berkurangnya lapisan lemak di bawah kulit yang berfungsi sebagai penunjang kulit.

Seluruh proses ini berlangsung secara alami, dan akan dialami oleh semua orang. Perbedaannya hanya pada kecepatan proses penuaan, bisa ada yang lebih cepat dan ada yang lebih lambat. Tujuan pengobatan dan perawatan yang sering kita lakukan adalah hanya untuk memperlambat proses penuaan dini, bukan menghentikannya. Treatment terbaik untuk pengencangan kulit adalah dengan merawat kulit secara teratur, menjaga kebersihan kulit, tidak menggunakan kosmetika yang bersifat mengiritasi, menghindari sinar matahari berlebihan, dan makan makanan sehat.

Mengenai buah kiwi untuk menghaluskan dan mengenyalkan kulit, buah kiwi memang banyak mengandung Vitamin C. Bila dikonsumsi teratur dan dalam jumlah yang memadai, dapat mengurangi kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet dan polusi. Sama halnya dengan berbagai antioksidan lainnya. Bila digunakan dalam bentuk krim yang dioleskan pada kulit, namun belum tentu sama khasiatnya dengan yang dikonsumsi secara langsung. Namun tidak ada salahnya jika anda mencoba melakukan perawatan dengan buah kiwi sendiri di rumah. Selain mudah didapatkan juga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Koes Anindya (Info Kecantikan)  

0 komentar:

Post a Comment