Saturday, September 21, 2013

Injeksi Kortikus Steroid Suburkan Rambut

Karena rambut adalah mahkota bagi setiap wanita, maka tak heran semua kaum hawa menginginkan rambut yang subur, terlihat lebih indah, sehat, tebal dan berkilau. Namun sayang terkadang helalan rambut terlihat tipis dan jarang, sehingga terkesan tidak suhur. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyuburkan rambut seperti injeksi kortikos steroid dan perawatan pada akar rambut. Benarkah?


Rambut yang subur akan terlihat lebih indah, sehat, tebal dan berkilau. Untuk mendapatkan rambut yang seperti itu, kaum hawa tak segan-segan untuk merawat rambutnya agar lebih subur. Namun sayang banyak wanita yang mengalami masalah pada mahkotanya tersebut, seperti rambut tidak lebat atau bahkan rambut meniadi menipis karena sering mengalami kerontokan rambut sehingga rambut terlihat lebih tipis dan jarang-jarang.

Dijelaskan oleh dr. Ratna Komala Dewi, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, kondisi rambut seseorang, subur ataupun tidak subur, ditentukan oleh faktor genetik, hormonal, dan kekurangan nutrisi, serta faktor dari luar. Jika salah satu orangtua mengalami masalah kebotakan atau rambut tipis, maka anaknya akan memiliki kecenderungan memiliki masalah kebotakan dan rambut tipis. Faktor hormonal terjadi pada wanita hamil ataupun wanita setelah melahirkan. Sementara kekurangan nutrisi terjadi karena kekurangan gizi sepeni vitamin B12, vitamin E, vitamin D, asam folat, biotin, zinc, protein, mineral dan zat besi.

Sementara faktor dari luar yang memengaruhi kondisi kesuburan rambut seseorang karena sering terkena bahan kimia saat pewarnaan, pengeritingan, pelurusan, dampak lingkungan serta terkena paparan sinar matahari, polusi udara, suhu, dan faktor lingkungan. Hal-hal tersebut menyebabkan hilangnya minyak di permukaan kulit kepaia dan pecahnya kutikula. Akibatnya minyak hilang di permukaan kulit kepala dan rambut sehingga rambut mudah kering dan kusam, serta rambut rontok dan lebih tipis.

Menyuburkan Rambut. Rambut yang tipis karena rontok, akan menyebabkan kebotakan sementara ataupun permanen. Rambut pun menjadi terlihat tidak subur. Nah, untuk menyuburkan kembali rambut hanya dengan memperbaiki pertumbuhan rambut. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk menyuburkan rambut:

1. Injeksi Kortikos Steroid. lnjeksi kortikos steroid adalah treatment yang dilakukan dengan menyuntikkan obat ke dalam folikel rambut, bermanfaat untuk membuka pori-pori pada kulit kepala sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut. lnjeksi kortikos steroid ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut alopecia areata atau kondisi rambut rontok yang umumnya terjadi pada daerah yang berbatas tegas seperti kulit kepala. Dengan disuntikkan kortikos steroid, maka pola kerontokan rambut yang berulang dan terjadi akibat suatu penyakit tertentu yang terjadi di kulit kepala, hingga terjadi masalah kebotakan, bisa diatasi dan rambut akan tumbuh kembali Agar rambut tumbuh kembali dan menjadi subur maka injeksi kortikos steroid sebaiknya dilakukan rutin seminggu sekali. Setelah delapan kali penyuntikkan maka dalam jangka waktu dua bulan, pertumbuhan rambut baru akan kelihatan. Treatment ini tergolong aman dilakukan tetapi sebaiknya dilakukan oleh ahlinya. Sebelum dilakukan treatment injeksi konikos steroid biasanya dokter akan melakukan anastesi terlebih dahulu. Meski aman, wanita hamil tidak dianjurkan untuk melakukan injeksi kortikos steroid karena dikhawatirkan akan memengaruhi janin di dalam kandungan

2.Perawatan Akar Rambut. Menurut Jacky Timurtius, hairstylist ternama, perawatan rambut yang mengalami kerontokan sebaiknya pada bagian akar rambut sehingga rambut kembali subur. Perawatan akar rambut dimulai dengan penggunaan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan masalah rambut. Untuk menyuburkan rambut, kondisioner sebaiknya digunakan setelah keramas. Sebaiknya kondisioner tidak terkena kulit kepala karena akan membuat rambut berminyak. Jika rambut berminyak menyebabkan rambut menjadi lepek dan berketombe, sehingga akhirnya kerontokan rambut semakin parah. Selain sampo dan kondisioner, untuk menyuburkan kembali rambut sebaiknya gunakan serum dan hair tonic yang disesuaikan dengan kondisi rambut dan kerusakan rambut. Serum rambut berfungsi untuk mengatasi kerusakan rambut, terutama dari panas matahari dan produk pengering rambut, serta melembabkan rambut. Sementara hair tonic berfungsi  untuk mengatasi masalah rambut rontok dan menipisnya rambut, serta memberikan kekilauan pada rambut. Hair tonic juga dapat memperkuat rambut yang lemah dan menyegarkan rambut.

Umumnya mengandung bahan-bahan yang dapat memperkuat rambut seperti ginseng. Selain melakukan perawatan akar rambut di rumah, sebaiknya juga merawat rambut rontok di salon, yaitu dengan menjalani treatment hairmask. Hairmask berfungsi untuk mengobati kerusakan rambut yang terjadi pada lapisan korteks, terutama jika Anda sering melakukan proses kimia pada rambut. Hairmask juga berfungsi mengatasi masalah rambut berminyak dan berketombe. Berbeda dengan creambath, pada hairmask tidak ada proses massage karena justru massage yang kencang akan menyebabkan kerontokan rambut semakin parah. Karena itu, untuk mereka yang bermasalah dengan kerontokan rambut sebaiknya tidak melakukan creambath. Tekanan-tekanan keras pada bagian akar rambut akan membuat rambut semakin rapuh, sehingga akibatnya kerontokan akan semakin parah. Ketika melakukan treatment hairmask, sebaiknya Anda memilih bahan-bahan alami seperti putih telur, alpukat, kemiri, daun seledri, dan santan kelapa, yang sebaiknya dilakukan secara rutin sebulan sekali. Berikut penjelasannya:

Putih Telur. Putih telur kaya akan protein yang berfungsi untuk menutrisi akar rambut sehingga rambut menjadi subur, serta mengandung zat besi yang bagus untuk kesehatan rambut sehingga mempercepat perpanjangan rambut dan pertumbuhan rambut Cara penggunaannya, campurkan putih telur ke dalam mangkuk, lalu dioleskan pada rambut bagian dalam dan luar, lalu di-massage ringan. Lalu didiamkan selama 10-15 menit, kemudian keramas menggunakan air bersih.

Alpukat. Alpukat mengandung protein, keratin serta vitamin seperti vitamin A, B6 dan E yang bagus untuk rambut. Cara penggunaannya, ambil bagian dalam buah alpukat, lalu daging buahnya dioleskan pada kulit kepala secara merata sembari di-massage lembut dan ringan secara perlahan-lahan. Lalu didiamkan selama 10-15 menit, lalu dikeramas hingga bersih menggunakan sampo.

Kemiri. Kemiri dapat menyuburkan rambut dan menghitamkan rambut karena mengandung protein, vitamin A, B dan C. Cara penggunaannya, sangrai segenggam butiran kemiri, lalu ditumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyak. Usapkan minyak tersebut ke bagian rambut dan kulit kepala dan dibiarkan selama 10-15 menit, lalu dibilas dengan air bersih.

Daun Seledri. Daun seledri mengandung protein, vitamin A, B1 dan C, sehingga dapat memenuhi nutrisi yang dibutuhkan rambut. Caranya daun seledri ditumbuk hingga halus, tetapi menumbuknya tidak terlalu lama, kemudian diusapkan ke kulit kepala. Biarkan hingga 15-20 menit, lalu dikeramas dengan menggunakan air bersih.

Daun Urang-aring. Urang-aring menghasiikan zat ecliptine atau pewarna hitam sehingga dapat menghitamkan rambut, sekaligus menyuburkan rambut. Cara membuatnya segenggam daun urang-aring diblender, lalu dicampur dengan krim Selanjutnya diusapkan pada rambut selama 10-15 menit agar meresap ke dalam, sesudah itu dicuci dengan air hangat. Agar benar-benar bersih sebaiknya dilakukan hingga dua kali pembilasan.

Santan Kelapa. Santan kelapa mengandung kalsium, lemak omega-3, serat dan protein sehingga dapat menyuburkan rambut dan menguatkan akar rambut, serta membuat rambut lebih lembab dan tidak mudah rontok. Oleskan santan kelapa ke seluruh bagian rambut, lalu tunggu hingga beberapa menit agar meresap, lalu bilas dengan air bersih.


3. Memperlakukan Rambut dengan Baik. Tidak hanya merawat akar rambut, tetapi sebaiknya menurut Jacky, Anda memperlakukan rambut dengan baik. Pertama, mengaplikasikan, sampo pada rambut dengan benar, yaitu dengan tidak menuangkan sampo ke rambut pada bagian atas, tetapi tuang sampo pada tangan dan gosokkan sedikit, baru kemudian dioleskan pada rambut mulai dari bagian belakang hingga depan. Kedua, ketika mengikat rambut sebaiknya tidak terlalu keras karena dapat merusak rambut dan mengganggu pertumbuhan rambut. Ketiga, saat menggunakan alat pengering rambut seperti hairdryer atau alat pelurusan dan pengeritingan, maka gunakan pada suhu yang tidak terlalu panas. Keempat, pada saat menyisir rambut sebaiknya tidak terlalu keras dan gunakan siri yang bagian ujungnya terdapat pentolan tumpul agar membuat akar rambut seperti di-massage sehingga pertumbuhan rambut normal dan meminimalisasi kerontokan rambut. Palupi (Info kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment