Thursday, September 5, 2013

Manfaat Oksigen Bagi Kesehatan

Elemen paling vital di dunia adalah oksigen. Tanpanya, manusia tidak bisa hidup. Kurang lebih 90% dari energi hidup diproduksi oleh oksigen. Proses pembakaran energi kita memerlukan oksigen dalam jumlah besar untuk membuang sampah dan racun dari dalam tubuh. Di awal masa, jumlah oksigen masih sedikit, dan lapisan ozon yang esensial untuk kehidupan masih belum ada. Dibutuhkan miliaran tahun bagi organisme primitif di lautan yang berfotosintesa mengisi oksigen bumi untuk para hewan. Sekarang, sekitar 23% udara adalah oksigen. Tetapi, kandungan oksigen untuk daerah perkotaan lebih rendah, sampai dengan 15% di beberapa kota, dan akan semakin rendah sejalan dengan tingginya polusi dan penggundulan hutan.


Seperti tubuh kita, kulit kita juga membutuhkan supply oksigen yang tetap. Seperti makhluk hidup lainnya, kulit Anda membutuhkan oksigen untuk mempertahankan dirinya, bereproduksi, dan membentuk lapisan baru. Pengetahuan medis telah menunjukkan bahwa penyebab utama dari proses penuaan adalah kekurangan oksigen. Ketika kulit kita mengalami kekurangan oksigen, akan berdampak seperti menurunnya aktivitas sel, penuaan dini, hilangnya kelembaban, munculnya vlek, kusam dan masalah kulit lainnya. Lapisan kulit kita kehilangan kurang lebih 65% kadar oksigennya pada usia 30 tahun.

Oksigen ditransportasi ke lapisan kulit oleh pembuluh darah (vascular system). Untuk kulit yang muda, proses ini sangat efisien, tetapi dengan semakin tua usia kita, fungsi-fungsi penyerapan mikro menurun sehingga kulit kita tidak lagi menerima nutrisi yang tepat. Hasilnya metabolisme sel dan peremajaan kulit menurun, kandungan kolagen dan elastin menurun, menghasilkan garis-garis halus, berubah warna, dan keriput muncul. Lebih jauh, dengan semakin bertambah usia, peremajaan sel-sel kulit luar menjadi sangat tergantung pada oksigen dari luar Kulit membutuhkan oksigen tambahan agar tetap sehat dan tampak muda.

Kini banyak perawatan kulit wajah yang menawarkan manfaat baik oksigen, mulai dari klinik dengan face treatment seperti facial oksigen hingga banyak produk perawatan wajah yang mengandung oksigen. Oksigen memang dipercaya mampu meningkatkan vitalitas dan regenerasi sel. Selain itu, oksigen juga bisa menanggulangi berbagai dampak polusi yang buruk bagi kulit. Tak hanya itu, oksigen juga baik sebagai anti bakteri yang dapat membantu proses penyembuhan luka terutama bagi yang sedang berjerawat, sebab dapat memacu proses perbaikan kulit dan membuatnya tampak lebih cerah dan sehat.

Tidak perlu harus serepot King Of Pop, MJ yang rumornya harus masuk dalam tabung oksigen untuk mendapatkan manfaat oksigen demi kulit sehat; dan awet muda. Anda cukup mengoleskan produk atau melakukan perawatan facial oksigen di klinik kecantikan yang terpercaya.


Sejumlah klinik kecantikan juga menawarkan perawatan wajah dengan oksigen. Salah satunya adalah perawatan Oxy Dermabrasi. Perawatan tersebut adalah perpaduan antara vitamin C, oksigen, dan teknologi mikrodermabrasi. Perawatan tersebut untuk mengangkat sei kulit mati, merangsang pergantian sel kulit, memperbaiki tekstur kulit, men-Supply kebutuhan oksigen dan vitamin C secara optimal pada kulit wajah. 

Jadi dalam satu macam perawatan, Anda dapat meraih banyak manfaat yang baik untuk kulit. Atau teknik menimbulkan oksigen di permukaan kulit dengan teknik CO2 mask. Masker atau serum khusus yang ketika menyentuh kulit akan terjadi reaksi fisika yaitu Bohr effect yang menyebabkan terbentuknya O2 dari CO2 tadi sehingga berkumpul oksigen dari peredaran darah ke area kulit tersebut. (Femme)  

0 komentar:

Post a Comment