Wednesday, September 18, 2013

Penting Sebelum Olahraga

Cedera bisa terjadi bila persiapan olahraga kurang matang. Karena itu, lakukan beberapa hal berikut. Apa saja?

KONSULTASI
Sesi konsultasi perlu untuk mengetahui riwayat kesehatan seseorang. Ini berguna untuk menentukan jenis, durasi, dan frekuensi latihan yang sesuai.


ATUR WAKTU MAKAN
Olahraga membutuhkan energi sehingga tubul perlu makan satu jam sebelum latihan. Pilih menu yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral. Jangan lupa minum air putih untuk mencegah dehidrasi saat latihan.

TEPAT PILIH PERALATAN
Pilih pakaian olahraga yang bahannya elastis dan menyerap keringat, sehingga tubuh fleksibel melakukan gerakan latihan. Untuk kaus kaki, pilih yang bahannya dingin, menyerap keringat, dan sesuai ukuran kaki. Sedang panjangnya cli bawah mata kaki. Sepatu olahraga sesuaikan clengan jenis olahraga. Yang pasti, sesuaikan ukuran dan bentuk kaki, solnya empuk, dan bertali. Siapkan juga handuk kecil dan sarung tangan.

LAKUKAN WARMING-UP
Warming-up penting untuk melancarkan aliran darah dan oksigenasi, menguatkan dan menyiapkan jantung untuk latihan, Serta melenturkan otot-otot tubuh. Lakukan warming-up 15 menit dengan latihan di treadmill, skipping rope, atau sepeda statis.

PERLU STRETCHING

Untuk meregangkan otot, perlu stretching setelah warming up, serta sebelum dan sesudah latihan beban. Lakukan stretching sebanyak tiga set, dengan gerakan yang masing-masing ditahan selama 15-20 detik. (Selera)

0 komentar:

Post a Comment