Wednesday, September 18, 2013

Bahan Makanan Tinggi Protein

Untuk membangun otot sehingga mengurangi kegemukan konsumsilah bahan makanan yang mengandung tinggi protein. Apa saja?

Daging
Daging mengandung asam amino esensial lengkap, sebagai penyusun protein. Tapi, daging juga tinggi lemak yang bisa menyebabkan kegemukan, kolesterol, hipertensi, dan serangan jantung Karena itu, pilih daging tanpa lemak, atau ayam tanpa kulit. Masing-masing mengandung 25 gram protein per 100 gramnya.


Susu
Kandungan protein dalam susu termasuk tinggi. Satu cangkir atau setara 200-250 mL susu mengandung 8 gram protein. Jumlah itu sama antara susu skim atau pun full cream. Tapi untuk mengurangi asupan lemak jenuh, minum susu skim sebagai selingan di antara jam makan. Hal itu membuat perut kenyang lebih lama, sehingga tidak tergoda untuk banyak makan.

Polong-polongan
Polong-polongan yang mengandung tinggi protein adalah kedelai, edamame, dan kacang merah. Dalam seperempat cangkir kacang kedelai panggang, terkandung 10 gram protein. Sedang setengah cangkir edamame mengandung 11 gram protein. Untuk kacang merah, terdapat 7,5 gram protein per 100 gramnya. Anda bisa mengonsumsi polong-polongan sebagai camilan sehat. Atau tambahkan ke dalam smoothie, bisa juga olah menjadi sup.

Lentil
Lentil mengandung 25 gram protein dalam tiap 100 gramnya. Bahan makanan ini juga merupakan sumber serat yang bagus. Hal itu membuat pencernaan jadi lancar, sehingga bisa mengurangi risiko kegemukan. Lentil bisa dikonsumsi dalam sup, atau kari.

Ikan
Tuna, salmon, halibut, cod, dan makarel merupakan ikan yang tinggi protein. Dalam 100 gramnya terkandung 26 gram protein. Selain tinggi protein, salmon juga kaya omega-3 yang mampu membakar lemak.

Blji-bijian
Biji-bijian seperti biji bunga matahari, flaxseed, dan chickpea merupakan camilan yang tinggi protein. 100 gram biji bunga matahari rnengandung protein sebanyak 21 gram, flaxseed 18 gram, dan chickpe 8 gram. Selain itu, biji-bijian juga rnengandung serat dan lemak sehat. Nutrisi itu membantu menjaga kestabilan pengeluaran insulin, sehingga mencegah penumpukan lemak.

Alpukat
Buah yang terkenal dengan lemak baiknya ini, mengandung tinggi protein. Terdapat 2 gram protein dalam 100 gram alpukat yang telah dilumatkan. Alpukat bisa dikonsumsi sebagai salad, jus, atau smoothie.

Telur
Protein kualitas tinggi dengan harga terjangkau, dapat ditemukan pada telur. Satu butir telur menyediakan 6 gram protein. Nilai plusnya, kuning telur juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang membantu pembakaran lemak dan menjaga kesehatan jantung. Anda bisa mengolah telur dalam berbagai masakan, cake, atau pun kue.

Tofu
Seperti halnya kedelai, olahan kedelai ini juga tinggi protein. Tiap 100 gram tofu mengandung 7 gram protein. Tofu bisa dijadikan berbagai macam masakan, kue, atau pun dessert.

Yoghurt
Produk susu yang baik untuk pencernaan ini, mengandung tinggi protein. Yaitu 8 gram protein dalam 200-250 ml atau satu cangkir yogurt. Untuk mengurangi kegemukan, konsumsi setiap pagi yoghurt rendah lemak atau tanpa lemak. Tambahkan buah-buahan untuk variasi rasa.

Kacang-kacangan
Hanya mengonsumsi seperempat cangkir almond, Anda bisa mendapatkan 8 gram protein. Selain itu, kacang ini juga rendah lemak jenuh, sehingga meminimalkan risiko kolesterol. Selain almond, mede, kacang tanah, dan pistachious juga tinggi protein. Nikmati kacang-kacangan tersebut sebagai camilan, taburkan pacla oatmeal, atau tambahkan pada roti dan smoothie.

Seafood
Tinggi protein juga terdapat pada seafood seperti udang, kerang, cumi-curni, dan kepiting. Dalarn 100 gram, protein yang terdapat dalam udang yaitu 20 gram, kerang 17 gram, kepiting 20 gram, dan cumi-cumi 16 gram. Anda bisa mengonsumsi seafood yang rasanya nikmat ini dalam berbagai masakan.

Selai Kacang
Selai kacang mengandung protein tinggi. Yaitu 25 gram protein per 100 gram Namun bahan makanan ini juga mengandung tinggi lemak, sehingga memicu kegemukan kalau konsumsinya berlebihan. Karena itu, oleskan pada roti gandum sedikit saja.

Keju

Protein dalam keju sangat tinggi. Dalam 100 gramnya, keju mozzarella skim mengandung 24 gram protein. Sedang keju Amerika mengandung 21 gram protein. Anola bisa menambahkan keju pada roti lapis, cake, atau kue. (Selera)

0 komentar:

Post a Comment