Wednesday, September 11, 2013

Body Scrub Harus Sesuai Jenis Kulit

Penyebab masalah kulit kusam dan kering adalah terkena polusi udara atau paparan sinar matahari secara terus menerus. Banyak cara untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya dengan menggunakan body scrub secara merata dan teratur. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal dan bertahan lama, penggunaan body scrub sebaiknya tetap disesuaikan dengan tipe kulit. Seperti apa?


Kulit halus dan lembut dianggap sebagai kulit yang sempurna palagi jika ditambah tingkat kecerahan yang tinggi. Namun, kulit indah dan bersinar tak langsung didapatkan begitu saja. Banyak cara yang harus dilakukan dan dikorbankan demi mempertahankannya. Meskipun berada di tingkat kesibukan yang padat, sebagai seorang wanita perawatan kulit tetap harus dilakukan. Karena jika mulai mengabaikannya tak tertutup kemungkinan mulai bermunculan masalah kulit seperti kasar dan kusam Pasalnya setiap hari kulit tubuh akan mengalami regenerasi, sehingga sel-sei kulit mati yang menumpuk dan tidak dibersihkan inilah yang menyebabkan kulit menjadi kusam. Lambat laun masalah kulit yang lebih berat bisa terjadi seperti mulai bermunculan vlek hitam dan penuaan dini.

Salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan perawatan body scrub. Body scrub merupakan salah satu treatment atau perawatan yang digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan dan menghaluskan kulit. Ketika menggunakan body scrub kulit akan dimanjakan oleh butiran scrub yang lembut dan akan memberikan efek relaks ke seluruh bagian tubuh. Aroma body scrub terkadang menenangkan dan memberikan efek menggembirakan atau membangkitkan mood.

Tergantung Kebutuhan. Menurut Neng, beauty consultant, penggunaan body scrub yang efektif tergantung dari kebutuhan masing-masing. Penggunaan body scrub bisa dilakukan di seluruh tubuh tetapi yang paling penting daerah yang terkena sinar matahari atau daerah yang kasar dan lembab. Biasanya daerah tersebut membutuhkan perawatan ekstra. Untuk daerah yang lebih gelap seperti siku dan paha juga dapat lebih diperhatikan dan rutin digunakan.

Selain itu, etektivitas penggunaan body scrub dapat disesuaikan dengan beberapa tipe kulit yang umum dimiliki, di antaranya:

1. Kulit Kering. Penggunaan body scrub dapat dilakukan dua minggu sekali secara rutin. Namun, jika kulit terlalu kering dapat dilakukan tiga minggu sekali guna menghindari terjadinya iritasi pada kulit. Biasanya varian yang digunakan pada kulit kering adalah yang banyak mengandung moisturizer seperti alpukat, susu, bengkuang atau mutiara.

2. Kulit Normal. Untuk tipe kulit normal biasanya sedikit kemungkinan terjadi iritasi kulit akibat penggunaan scrub. Dalam penggunaannya, body scrub dapat dilakukan seminggu dua sampai tiga kali. Varian yang digunakan tergantung selera masing-masing mulai dari aroma atau pemilihan butiran halus dari scrub tersebut.. Misalnya body scrub yang mengandung alpukat berfungsi untuk melembabkan kulit. Green tea atau teh hijau untuk mengangkat toksin atau racun di kulit, lemon untuk mencerahkan kulit, Serta milk atau susu untuk melembutkan kulit dan juga mutiara untuk mencerahkan kulit.

3. Kulit Berminyak. Untuk kulit berminyak, penggunaan body scrub harus lebih detil diperhatikan. Bisa dilakukan satu atau dua minggu sekaii mengingat kuiit berminyak lebih cepat kotor. Tetapi pada umumnya untuk hasil yang lebih baik, perawatan body scrub ini dapat dilakukan satu atau dua minggu sekali. Namun, dalam satu kali pengerjaan saja, kuiit lembut, bercahaya dan cerah bisa langsung dirasakan dan dilihat.

Penggunaan Body Scrub. Tahapan penggunaan body scrub yang biasa diiakukan ada dua macam. Jika dilakukan di rumah, body scrub dapat dilakukan sendiri sebelum mandi. Caranya scrub dioleskan merata ke seluruh tubuh lalu digosokkan perlahan ke area yang diinginkan selama kurang lebih 5-10 menit. Setelah dibersihkan segala kotoran yang tersisa dari butir scrub tersebut, tubuh dapat dibasuh dengan menggunakan air hangat atau air dingin sesuai dengan keinginan.

Sedangkan jika melakukan di klinik atau beauty center, tahapannya bermacam-macam namun yang umum dilakukan adalah pertama-tama proses cleansing ke seluruh tubuh, dibersihkan dengan menggunakan wash lap lalu dioleskan scrub ke seluruh tubuh termasuk area yang lebih penting untuk diperhatikan. Setelah digosok perlahan selama kurang lebih 15-20 menit, tubuh kembali dibersihkan dengan menggunakan wash lap. Sedikit diberi pijatan lembut di area tubuh lalu kembali dibersihkan dengan menggunakan air hangat lalu dikeringkan. Biasanya setelah kering, tubuh akan diberi olesan vitamin C untuk memperlengkap perawatan demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Hasil Lebih Bagus, Jika Dikombinasikan Dengan Lotion dan Vitamin C
Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan menyeluruh, perawatan body scrub dapat dikombinasikan dengan berbagai pera watan lain seperti penggunaan suplemen kulit, lotion, vitamin C serta penggunaan sabun mandi yang sesuai dengan jenis kulit. Lebih tepatnya pilihlah sabun mandi yang mengandung moisturizer untuk mendukung keberhasiian perawatan.

Selain itu, tak hanya merawat kecantikan dari luar saja, menjaga kecantikan dari dalam sangat dibutuhkan. Caranya mulai dari menghindari polusi udara, memiliki gaya hidup yang sehat, memperhatikan pola makan dengan asupan gizi seimbang khususnya lebih banyak mengonsumsi sayur-sayuran segar, buah-buahan dan air putih lebih dari dua liter sehari. Widi (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment