Wednesday, December 18, 2013

Minyak Klentik Ampuh Turunkan Berat Badan

Kelapa memiliki banyak manfaat bagi kecantikan mulai dari buah hingga airnya. Termasuk juga minyak kelapa asli yang disebut minyak klentik. Selama ini minyak klentik dikenal untuk mengencangkan kulit dan membuat rambut bagus, ternyata juga dapat membantu menurunkan berat badan. Jika diminum secara rutin, maka timbunan lemak membandel akan terkikis. Benarkah?

Ingin langsing tanpa timbunan lemak dengan cara yang sehat dan alami? Minum saja minyak klentik! Tak percaya? Memang selama ini minyak klentik lebih sering dijadikan sebagai minyak rambut agar rambut lebih subur dan menghaluskan kulit. Minyak klentik juga sering digunakan untuk melancarkan persalinan, mengatasi penyakit jantung, kolesterol, diabetes dan hati, serta meningkatkan kekebalan tubuh, menyembuhkan infeksi, mengatasi gangguan pencernaan.

Belakangan minyak klentik juga dikenal dapat membantu menurunkan berat badan dan menghancurkan timbunan lemak di dalam tubuh. Dijelaskan oleh Hendar Sutisna, herbalis, minyak klentik adalah minyak yang terbuat dari kelapa asli yang diekstrak dalam bentuk asam laurat. Karena terbuat dari kelapa asli, maka di dalam minyak klentik mengandung antioksidan tinggi dan sebagai moisturizer alami, sehingga kulit lebih lembab, kencang dan halus. Bahkan minyak klentik juga berfungsi sebagai pelindung kulit dari sinar matahari (sun protector) dan skin protector yang dapat mengatasi alergi karena mengandung antibakteri dan antioksidan.

Selain itu, minyak klentik bermanfaat untuk meningkatkan energi dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga fungsi tiroid naik sebesar 20 persen. Jika minyak klentik dicampurkan ke dalam masakan maka akan membuat masakan menjadi lebih lezat. Kandungan antibakteri yang terdapat dalam minyak klentik dapat membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Diminum dan Di-massage. Untuk mendapatkan manfaat dari minyak klentik, sebaiknya Anda mengolah sendiri di rumah. Untuk membuat satu liter minyak klentik dibutuhkan delapan butir kelapa yang agak tua. Lalu kelapa tersebut diparut dan diperas santan kental. Sesudah itu santan kental dimasak dengan api kecil selama dua jam dan ketika memasak selalu diaduk. Tanda minyak klentik matang adalah warnanya kekuningan dan ada rempahan atau kristal-kristal cokelat dari kelapa yang mengering atau yang disebut blondo/glendo. Blondo ini bisa dimakan sebagai camilan yang enak. Untuk diminum, ambil minyak yang kental.

Untuk menurunkan berat badan sebaiknya minyak klentik diminum tiga kali sehari, sebanyak 1 sdm sekali minum. Sebaiknya minyak klentik diminum satu jam sebelum makan, pada pagi, siang dan malam hari. Pasalnya, minyak klentik juga berfungsi membersihkan usus dan membuang zat-zat yang tidak berguna dalam tubuh serta lemak yang menumpuk pada tubuh. Selain diminum agar hasilnya lebih cepat, lakukanlah pemijitan pada malam hari menggunakan minyak klentik pada bagian tubuh yang sering mengalami penimbunan lemak seperti lengan, perut dan paha. Pijatlah selama 30 menit dengan gerakan memutar kemudian bungkus dengan wrapping atau handuk panas agar pembakaran lemak lebih maksimal. Dengan dipijat, tubuh lebih relaks dan ringan, serta kelembaban kulit terjaga karena minyak klentik kaya antioksidan dan vitamin E.

Jika rutin minum minyak klentik tiga hari sekali, ditambah dengan pemijatan pada malam hari dengan minyak klentik maka dalam waktu satu minggu berat badan turun 0,5-1 kg. Sebaiknya diimbangi dengan olahraga ringan, diet tanpa makanan berlemak, bersantan dan mengandung gas, serta minum air putih 1,5-2 liter per hari. Karena menggunakan bahan alami maka proses penurunan berat badan tidak instan, tetapi bisa bertahan lama. Biasanya dalam jangka waktu enam bulan hasilnya terlihat secara signifikan. Tidak ada efek samping karena minyak klentik terbuat dari bahan alami, yang dapat melancarkan pencernaan hingga buang air besar. Minyak ini aman diminum untuk semua usia.

Menahan Rasa Lapar. Lantas bagaimana pandangan ahli mengenai minyak klentik dapat menurunkan berat badan? Dr. Marya W. Haryono, SpGK, dokter spesialis gizi klinik mengatakan minyak klentik mengandung MCT (medium chain triglucerides) dan antioksidan yang dapat menurunkan berat badan karena dapat menahan rasa lapar lebih lama.

MCT merupakan lemak makan dalam bentuk khas, yang tersusun dengan rantai karbon pendek 6-10, yang dapat memberikan manfaat positif bagi tubuh. MCT ini menghasilkan kalori sebesar 8,30 kkal per gram, 10 persen lebih rendah dari lemak pada umumnya. Dengan rantai karbon yang lebih rendah memberikan mantaat cepat diserap oleh tubuh dan cepat dibakar menjadi energi. Karena itu, kalori dari MCT segera dipakai oleh organ dan otot, dibandingkan disimpan sebagai lemak tubuh.

Minyak klentik dapat digunakan untuk menurunkan berat badan, dengan cara diminum. Namun Karena minyak klentik masuk ke dalam kategori lemak sehingga tetap ada batasan dalam mengonsumsi minyak klentik. Terlebih bagi penderita diabetes sebaiknya tidak terlalu banyak minum minyak klentik. Pasalnya, jika berlebihan minum minyak klentik maka berisiko mengalami defisiensi asam lemak esensial yang terdapat dari sumber lemak rantai sedang. Untuk itu, sebaiknya minyak klentik ini cukup diminum 1 sdt setiap hari.

Selain minum minyak klentik, untuk menurunkan berat badan sebaiknya dengan menghitung total asupan kalori yang dikonsumsi (input) dengan kalori yang dikeluarkan per hari (output). Prinsip menghitung kebutuhan kalori seseorang sesuai dengan aktivitas per hari yang dilakukan, jika asupan yang dimakan lebih banyak dari pada yang dikeluarkan maka lemak akan menumpuk sehingga seseorang mengalami lonjakan berat badan.


Langkah yang harus dilakukan adalah dengan mencukupi komposisi makanan yaitu makro nutrien seperti karbohidrat 25-30 persen, protein 15-20 persen, lemak 25-30 persen dan tambahan mikro nutrien terdiri dari vitamin dan mineral. Selain itu, imbangi dengan olahraga seperti kardio sehingga lemak dapat dibakar dan dikeluarkan melalui keringat. Dengan demikian, dalam melakukan program penurunan berat badan sistem metabolisme keseimbangan tubuh harus tetap dijaga. Nailul Iffah (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment