Saturday, December 14, 2013

Nutrisi Untuk Mengurangi Rambut Rontok

Jika Anda bermasalah dengan rambut rontok, bahkan terjadi radang pada kulit kepala, Sebaiknya hindari faktor penyebabnya. Biasanya rambut rontok adalah karena penyakit, minum obat-obatan tertentu, kemoterapi, kulit kepala berminyak dan proses alami seperti wanita hamil yang mengalami kerontokan, serta kurangnya asupan gizi, melakukan diet rendah kalori sehingga asupan vitamin berkurang.

Mereka yang memiliki penyakit tiroid juga cenderung mengalami kerontokan rambut. Begitu pula jika sering terkena bahan kimia seperti rebonding dan smoothing, sering terkena alat panas seperti di-blow ataupun dicatok yang membuat pertahanan rambut tidak kuat sehingga timbul kerontokan. Bahan kimia yang tidak cocok pada kulit kepala akan menimbulkan radang atau infeksi serta bakteri yang ada pada kulit kepala dan tidak bersihnya kulit kepala bisa menjadi faktor pemicu timbulnya iritasi atau bisul pada kulit kepala.

Cara yang harus dilakukan untuk menghindari kerontokan dan iritasi pada kulit kepala sebaiknya dimulai dengan rutin membersihkan kulit kepala dan memakai serum yang mengandung ginseng agar akar rambut menjadi lebih kuat. Selain itu, dianjurkan untuk memperbanyak asupan nutrisi, makan makanan sehat, hindari stres, mengonsumsi vitamin terutama vitamin C, protein, zink, lemak yang mengandung omega-3, dan zat besi.

Bahan-bahan makanan yang mengandung nutrisi baik tersebut sangat berpengaruh terhadap rambut dan kulit kepala, karena rambut terdiri atas keratin dan keratin sangat berhubungan dengan protein yang baik. Sedangkan vitamin C, zinc, omega-3, dan zat besi berfungsi sebagai pembawa oksigen ke kulit kepala. Karena itu semua mampu mengembalikan proses pertumbuhan rambut yang bagus sehingga rambut terlihat lebih halus, tidak kusam, tidak bercabang dan tidak mengalami kerontokan yang parah. Nailul lffah (Info Kecatikan)

0 komentar:

Post a Comment