Thursday, December 5, 2013

Cokelat Hitam Tingkatkan Gairah Seks

Kualitas hubungan seksual yang hangat dan menggairahkan menjadi salah satu faktor tercapainya keintiman antara suami istri. Jarangnya melakukan hubungan seksual akibat berbagai alasan lambat laun dapat menyebabkan hilangnya kehangatan satu sama lain. Penyebabnya bisa dikarenakan menurunnya gairah seksual pada wanita di usia produktif. Namun, saat ini banyak penelitian yang menyatakan bahwa cokelat dapat membantu meningkatkan gairah seks. Benarkah?

Menurunnya gairah seksual atau lenyapnya hasrat bercinta tak hanya dialami oleh wanita pada usia menopause saja. Tetapi, perempuan berusia produktif dengan usia pernikahan yang masih hangat bisa mengalami hal tersebut. Jika masalah ini dibiarkan, lama kelamaan akan berujung terjadinya konflik dan tak menutup kemungkinan akan mengalami frigiditas yang berarti gangguan dorongan seksual yang membuat wanita kehilangan kenikmatan saat melakukan hubungan intim.

Menurut dr. Nugroho Setiawan NIS, SpAnd, dokter spesialis andrologi, sesungguhnya yang berperan dalam meningkatkan gairah seksual ada dua faktor yaitu psikologis dan organik atau fisik. Faktor psikologis meliputi pengalaman seks yang menyenangkan, pendidikan yang benar, mengerti cara melakukan dan memiliki ketertarikan pada pasangan. Sedangkan faktor organik yang memengaruhi adalah kesehatan, kebugaran tubuh dan hormon yang berimbang.

Penurunan gairah seksual dapat disebabkan oleh faktor kelahiran dan masa menyusui. Hal ini terjadi karena pada masa-masa tersebut tingkat hormon seks pada wanita akan menurun. Ketidakseimbangan hormon akan berpengaruh pada berkurangnya libido. Selain itu, masa-masa menopause atau perimenopause bisa menjadi permasalahan berkurangnya hasrat seksual. Alasannya, pada masa ini vagina menjadi kering sehingga membuat gairah berkurang untuk melakukan hubungan intim.

Komunikasi. Pada dasarnya, dalam melakukan hubungan seksual kedua belah pihak harus merasakan kepuasan yang sama karena itu dibutuhkan waktu yang cukup, komunikasi dan foreplay atau pemanasan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dan berusaha menghangatkan ranjang pernikahan yang sempat mendingin, sebaiknya pasangan segera berkomunikasi. Jika ada hal yang menghambat segera dicari akar permasalahannya dulu baru diatasi. Sebelum merasa bermasalah sebaiknya dilakukan pengecekan dini untuk memastikan apakah Anda terlahir dari keluarga yang menderita diabetes, hipertensi atau jantung.

Jika salah satu dari penyakit tersebut menghinggapi tubuh Anda, sebaiknya segera diatasi karena pastinya akan berpengaruh terhadap kebugaran tubuh. Caranya, dengan menerapkan pola hidup sehat, memerhatikan asupan gizi seimbang, mengurangi sumber makanan berlemak tinggi, olahraga teratur sebanyak 2-3 kali seminggu selama kurang lebih 30-45 menit. Sebaliknya, jika permasalahan yang dihadapi karena faktor psikologis, maka dianjurkan untuk menyelesaikan masalah psikologis tersebut dengan mendatangi pakarnya.

Cokelat Hitam. Tak hanya beberapa cara tersebut yang dapat dilakukan untuk meningkatkan gairah seksual. Ada cara tradisional yang sudah banyak dilakukan dan dianggap ampuh membantu meningkatkan gairah seksual yaitu mengonsumsi cokelat atau dark chocolate. Menurut DR.dr.Aji Hoesodo, dokter dan herbalis, kandungan PEA atau phenylethylamine pada cokelat bermanfaat untuk meningkatkan mood atau perasaan senang pada seseorang yang mengonsumsi cokelat tersebut. Phenylethylamine secara alami dilepaskan oleh otak ketika orang sedang senang seperti saat jatuh cinta. Senyawa kimia ini meningkatkan produksi dopamin neurotransmitter, yang meningkatkan perasaan senang.

Cokelat juga mengandung L-arginine yaitu asam amino yang meningkatkan gairah seks pada pria dan wanita. L-arginine meningkatkan oksida nitrat dan meningkatkan aliran darah ke organ seksual sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan hasrat seksual. Selain itu, cokelat juga mengandung senyawa theobromine yang bekerja pada sistem saraf pusat dan menyebabkan rangsangan dan bersemangat. Bagi Anda yang ingin mencoba mengonsumsi cokelat demi membantu meningkatkan gairah seksual dan menghangatkan hubungan ranjang pengantin, sebaiknya cokelat yang baik dikonsumsi adalah dark chocolate atau cokelat hitam. Mengonsumsi secara rutin sebaiknya diusahakan agar tidak terlalu manis, unsweetened atau semi sweet. Cokelat yang efektif dan baik dikonsumsi adalah 28 gr sehari dengan kandungan cokelat atau cocoa di atas 65 persen. Cokelat ini dapat dikonsumsi sesuai selera sebanyak 3-4 Kali seminggu.

Kalori Tinggi. Perlu diingat bahwa cokelat juga mengandung Kalori yang tinggi. Tiap 28 gr Cokelat mengandung kurang lebih 170 kalori. Jadi Anda harus bijaksana saat mengonsumsi cokelat dengan mempertimbangkan asupan nutrisi lain. Sebagian produk cokelat mengandung bahan-bahan tambahan lemak, gula yang tinggi Kalori. Terlalu banyak mengonsumsi cokelat dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Pada akhirnya dapat meningkatkan faktor risiko untuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes. Cokelat hitam mengandung kafein tetapi lebih rendah dari kopi dan kandungan vitamin cokelat cukup rendah. Bisa dikatakan, cokelat bukan sumber vitamin yang signifikan. Cokelat hanya memberikan delapan persen kalsium dan dua persen zat besi dari kebutuhan tubuh sehari-hari.


Selain itu, konsumsi cokelat tidak dianjurkan bagi mereka yang cepat menerima reaksi alergi pada tubuh. Penyebab reaksi alergi sesungguhnya campuran yang diberikan pada produk cokelat seperti susu, kacang, buah berry atau sejenisnya. Tetapi, jika Anda belum yakin untuk mengonsumsi cokelat demi meningkatkan gairah seksual, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau herbalis langganan Anda agar tidak menimbulkan efek samping. Widi, Palupi (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment