Sunday, December 15, 2013

Rematik Karena Asam Urat

Jika Anda menyukai makanan seperti jeroan, otak, dan cumi-cumi sebaiknya harus waspada, karena penyakit asam urat menjadi salah satu jenis penyakit yang menghantui Anda di masa depan. Meski tidak terasa saat ini, asam urat mudah timbul jika terjadi penumpukan, kristal yang terkandung pada makanan yang mengandung zat purin seperti jeroan, otak dan cumi-cumi. Dalam dunia kedokteran kristal tersebut sering disebut dengan uric acid yang mampu menyebabkan penyakit lain seperti rematik. Sebenarnya terdapat tujuh macam jenis kristal yang mampu menyebabkan asam urat salah satunya adalah uric acid tersebut.

Penyakit yang disebabkan oleh kristal asam urat ini disebut sebagai gout. Gout ini dapat terjadi pada siapa saja, bukan hanya pada kaum laki-laki saja. Hal yang membedakan antara perempuan dan laki-laki terhadap penyakit ini hanya pada usia kemunculannya saja. Biasanya, pada laki-laki, dapat terkena gout ini sejak remaja. Akan tetapi peak atau puncak dari penyakitnya biasa terjadi pada usia sekitar 40 tahun ke atas. Sementara pada kaum perempuan mulai berisiko terkena penyakit ini setelah berusia lanjut atau setelah mengalami menopause. Jadi semua memiliki risiko yang sama untuk terkena penyakit asam urat ini, hanya usia pemunculannya saja yang berbeda.

Dampak yang jelas terlihat dari penyakit ini adalah menurunnya kualitas hidup dari penderita karena sakit yang dirasakan. Aktivitas juga jadi berkurang karena rasa sakit yang muncul setiap bergerak maupun bila tidak bergerak sehingga ia tidak lagi dapat menjalani hidup dengan normal dan menjadi sangat tergantung kepada orang lain. Hal ini dapat mengganggu kondisi psikis dari penderita karena kesulitan dalam mobilisasi dan beraktivitas.


Dampak lain dari penyakit ini adalah menjadi rusaknya sendi hingga pasien mengalami cacat. Selain dampak-dampak tersebut, penyakit ini juga dapat berujung pada kematian. Walaupun yang berujung pada kematian adalah penyakit yang disebabkan oleh autoimmune seperti lupus atau rheumatoid arthritis. Penyakit yang demikian biasanya disebut sebagai penyakit sistemik yang melibatkan organ tubuh lain, dan dapat meningkatkan usia kematian lima sampai 10 tahun lebih cepat dibandingkan orang normal. Anindya. (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment