Tuesday, December 24, 2013

Mandi Malam Sebabkan Rematik.

Rematik tidak disebabkan oleh mandi di malam hari dan itu adalah mitos yang salah. Mandi di malam hari dapat menyebabkan linu pada mereka yang telah terkena rematik. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang menjadi semakin sensitif pada udara dingin, sehingga meningkatkan intensitas rasa nyeri pada rematik.
Rematik sendiri terdapat berbagai macam jenis, kurang lebih ada lebih dari 100 jenis penyakit rematik. Akan tetapi secara umum, gejala dari penyakit rematik sendiri ada beberapa macam. Pertama, biasanya timbul rasa nyeri pada sendi rasa nyeri ini dibagi menjadi dua, yaitu nyeri yang berhubungan dengan aktivitas dan nyeri yang tidak berhubungan dengan aktivitas, Nyeri yang berhubungan dengan aktivitas contohnya adalah sendi lutut yang baru terasa nyeri ketika digerakkan. Ini bisa disebabkan oleh bantalan sendi yang menipis akibat pengapuran. Sedangkan nyeri yang tidak berhubungan dengan aktivitas, walaupun anggota tubuh tidak digerakkan, tetap teras nyeri pada sendi.

Gejala yang kedua adalah terjadi pembengkakan pada sendi atau pada tulang sekitar sendi. Gejala lainnya adalah muncul lima tanda peradangan, yaitu bengkak, sakit, panas, kemerahan, dan nyeri bila digunakan, Walaupun dikatakan bahwa gejala dari rematik adalah rasa nyeri dan linu, tetapi bila terjadi pada jangka waktu satu hingga dua minggu, bisa jadi itu hanya disebabkan oleh kelelahan. Akan tetapi bila nyeri disertai peradangan atau berlangsung lebih dari dua minggu, maka perlu secepatnya diperiksakan ke dokter karena mungkin ini adalah penyakit sistemik yang juga menyerang organ lain, seperti penyakit lupus dan rheumatoid arthritis yang disebabkan oleh autoimmune.

Untuk pengobatannya sendiri, dikarenakan terdapat bermacam-macam jenis rematik, pengobatannya pun berbeda-beda. Akan tetapi, secara umum pengobatannya dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara non-farmakologi, atau tanpa obat, dan dengan menggunakan obat-obatan. Pengobatan dengan cara non-farmakologi ini dapat dilakukan dengan cara mengatur makanan. Apabila rematik dikarenakan bantalan sendi yang menipis, maka yang perlu dilakukan adalah menghindari makan berlebihan untuk mengurangi berat badan. Hal ini dikarenakan pengapuran pada sendi yang diakibatkan oleh bobot berlebih pada sendi, seperti sendi lutut.


Sedangkan untuk rematik yang disebabkan oleh asam urat, maka yang perlu dihindari adalah makan dan minum yang banyak mengandung purin. Untuk pengobatan yang menggunakan obat, sejauh ini obat hanya untuk mengatasi gejala dan obat yang digunakan untuk menghentikan rasa sakitnya. Lebih jelasnya, sebaiknya melakukan konsultasi pada dokter spesialis untuk mengetahui jenis rematik yang diderita, sehingga dapat diberikan pengobatan yang lebih tepat sesuai dengan jenis penyakit. Anindya. (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment