Wednesday, December 4, 2013

Jerawat Membandel Hilang Dengan Terong Hijau

Tak hanya lezat dan segar dijadikan sayur atau  sekadar lalapan, terong hijau mempunyai banyak kandungan yang baik untuk kulit dan tubuh. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi bermanfaat menjaga kelembaban kulit dan membantu mencegah jerawat. Benarkah?

Jerawat merupakan suatu masalah kulit yang dialami oleh banyak orang, mulai dari remaja hingga orang dewasa biasanya pernah mengalami masalah dengan jerawat. Penyebabnya sendiri beraneka ragam, di antaranya masalah hormon, kulit yang kotor, kandungan minyak yang berlebih, bakteri, kosmetik, banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak seperti junk food.

Mengatasi masalah jerawat, langkah awal yang dapat dilakukan adalah rutin membersihkan wajah atau menggunakan obat jerawat. Namun, tak hanya melakukan perawatan dari luar saja, menjaganya dari dalam tetap dibutuhkan dengan mengonsumsi bahan alami. Misalnya, mengonsumsi sayur-sayuran yang banyak mengandung vitamin C, vitamin A dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

Terong Hijau. Salah satu jenis sayuran yang bermanfaat mengatasi masalah jerawat adalah terong hijau. Sayuran ini memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan kulit. Terong hijau merupakan tumbuhan yang masuk ke daiam family solanaceae dan genus solanum. Tanaman ini berasal dari India dan Srilanka yang masih berhubungan erat dengan tanaman kentang dan tomat.

Terong merupakan tumbuhan hijau yang biasanya ditanam secara tahunan untuk diambil buahnya. Buahnya biasa dijadikan sebagai sayur sebagai menu pelengkap makanan. Terong hijau tumbuh hingga tinggi 150 cm dan memiliki daun yang besar serta lobus yang kasar. Ukuran buahnya berbeda-beda. Batangnya kadang ada yang berduri, rasanya sedikit pahit karena ada kandungan alkaloid nikotin. Terong sangat berkhasiat bagi kesehatan karena banyak mengandung vitamin C, K, B6, tiamin, niasin, magnesium, fosfor, tembaga, serat, asam folat, kalium, dan mangan. Selain itu, terong hanya sedikit sekali mengandung kolesterol atau lemak jenuh.

Menurut dr. Lady Dhita Alfara, M.Gizi, SpGK, dokter spesialis gizi klinik, terong hijau memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain itu, juga mengandung mineral makro yaitu kalium, sodium, magnesium, coppen. Kandungan vitamin B3, vitamin K dan vitamin C sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Ditambahkan Anne Kania Dewi, herbalis, untuk mengatasi jerawat tidak hanya dengan terong saja, tetapi yang utama adalah dengan menghindari dan mengobati penyebab dari jerawat itu sendiri.

Cara mengonsumsi terong bisa dengan kombinasi sayuran sehat lainnya yang juga sama-sama menghasilkan antioksidan, menangkal racun. Mengonsumsi terong dengan porsi yang tepat dan kombinasi sayur lain yang banyak mengandung vitamin C, vitamin A seperti tomat, wortel, mentimun dapat mengatasi atau mencegah jerawat. Tapi perlu diingat, pengolahan makanan berpengaruh terhadap timbulnya jerawat, karena itu terong atau sayuran yang diolah sebaiknya tidak dimasak dengan cara digoreng atau diberikan tambahan lemak yang banyak.

Pengolahan dengan cara direbus, dipanggang atau dijadikan sayur adalah cara memasak terbaik jika ingin menjadikan makanan tersebut sehat. Jika mengolah terong dengan cara pengolahan yang salah, maka khasiat dari kandungan yang seharusnya dapat diserap oleh tubuh dengan baik akan tidak berguna dan sia-sia. Sebaiknya terong dikonsumsi rutin 3-4 kali seminggu bersama sayur-sayuran lain. Selain sayur-sayuran yang dapat mencegah radikal bebas, untuk mendukung pencegahan jerawat, sebaiknya tetap mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas sehari.

Membersihkan Wajah. Selain mengonsumsi terong, kebiasaan rajin membersihkan wajah dengan teratur harus tetap dilakukan agar tidak timbul jerawat. Caranya dengan scrub atau sabun pembersih wajah dari dokter atau secara herbal dengan sabun herbal atau masker. Kemudian disarankan untuk mengurangi makanan yang berlemak, jangan mengonsumsi vitamin E secara berlebih, mengurangi rokok dan menghindari asap rokok bagi perokok pasif.

Selain itu, sebaiknya tidak pernah menyentuh jerawat dengan tangan kotor, sebab akan meningkatkan produksi sebum dan memecahkan selaput bagian bawah kulit yang dapat menyebabkan infeksi dan dapat menimbulkan jerawat yang berlebih. Selain itu juga yang terpenting adalah menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga cukup agar tubuh tetap merasa relaks dan bugar sehingga jauh dari stres yang merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat.


Selain bermanfaat bagi kecantikan kulit, kandungan kalium, air, dan serat yang tinggi dalam terong hijau dapat memenuhi kebutuhan serat dan memperbaiki pencernaan. Selain itu terong dikatakan dapat meredakan stres, mendukung fungsi organ jantung, otak, sistem keseimbangan cairan, dan elektrolit bagi seluruh organ tubuh lainnya. Koes Anindya (Info Kecantikan)  

0 komentar:

Post a Comment