Thursday, December 19, 2013

Pusing, Gejala Dehidrasi?

Gejala dehidrasi memang dapat ditandai dengan suka merasa pusing atau migrain dan cepat haus. Selain itu, dehidrasi dapat ditandai dengan gejala seperti cepat lelah, depresi, cepat marah, agak sensitif, merasakan sakit di dalam tubuh tetapi tidak bisa dikeluarkan dan sebagainya. Namun, jika dehidrasi sudah sangat berlebihan dapat menyebabkan kulit wajah yang tidak cerah, berkeriput dan kusam. Dan yang lebih parah lagi jika sudah berhari-hari mengalami dehidrasi lebih dari tiga hari dapat menyebabkan kematian.

Pada dasarnya air berfungsi. untuk membantu antioksidan dalam tubuh dan otak. Otak pun jika kekurangan air akan merasakan pusing, migrain dan menjadi berkurang kinerjanya. Jika tubuh dan otak kekurangan air sebesar 20 persen dari total air yang dibutuhkan tubuh dapat menyebabkan kematian. Bahaya lainnya dari mengabaikan dehidrasi dapat menyebabkan maag, asam lambung meningkat, perut kembung, meningkatkan kolesterol dalam tubuh dan susah buang air besar.


Dehidrasi harus segera diatasi dengan mengonsumsi air mineral yang banyak mengandung sodium, potasium, kalsium dan magnesium untuk memenuhi mineral di dalam tubuh. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih minimal 1,5 liter atau setara dengan delapan gelas dalam sehari. Disarankan juga untuk mengonsumsi satu gelas air putih sebanyak 200 ml dalam tiap satu jam sekali. Jika kebutuhan mineral dalam tubuh terpenuhi dapat membuat tidur menjadi nyenyak, menghilangkan stres dan meregangkan otot-otot tubuh. Anita Permatasari (Info Kecantikan) 

0 komentar:

Post a Comment