Friday, April 11, 2014

Membuat Mata Indah Dengan Teknik Riasan Make Up dan Blepharoplast

Bentuk mata indah tentu menjadi dambaan semua kaum hawa. Namun tidak semua wanita dilahirkan dengan bentuk mata yang indah. Ada yang memiliki bentuk mata sipit, mata besar, mata turun ataupun mata panda. Nah, membentuk mata menjadi lebih sempurna bisa dilakukan  dengan dua cara. Yaitu, dengan teknik riasan make up ataupun operasi bedah plastik. Seperti apa selengkapnya?

Mata memang menjadi salah satu organ penting di tubuh manusia. Selain berfungsi untuk panca indera penglihatan, mata kerap dijadikan penunjang utama yang membuat tampilan wajah menjadi sempurna. Tak jarang mata menjadi pusat utama dari wajah yang dapat menggambarkan suasana hati dan kondisi fisik seseorang. Rasanya kurang sempurna jika bentuk mata tidak terlihat indah.

Pada saat melakukan teknik riasan make up dalam membentuk mata, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar mata lebih terlihat indah. Mulai dari pemilihan pensil alis, eyeliner eye shadow sampai penggunaan bulu mata palsu untuk mempercantik tampilan mata.

Menurut Asep Supriyanto, make up artist, dalam hal merias atau membingkai mata agar dapat terlihat sempurna dan indah ada beberapa hal yang harus dilakukan. Yakni perhatikan terlebih dahulu bentuk mata, dan koreksi bentuk mata hingga mendekati proporsional. Kekuatan riasan terletak dalam pembuatan alis dan eyeliner serta penggunaan bulu mata. Selain itu dalam pemilihan warna eyeliner dan eye shadow harus disesuaikan dengan bentuk mata dan tergantung dengan acara atau tempat yang akan dikunjungi. Misalnya saja di siang hari, sebaiknya cukup menggunakan eye shadow eyeliner dan mascara. Sedangkan untuk malam hari boleh menambahkan bulu mata palsu agar riasan mata lebih dramatis. Bulu mata harus disesuaikan dengan bentuk mata serta kelebatan dan kerapatan bulu mata.

Teknik Riasan. Riasan make up pada mata dapat digunakan sebagai cara untuk membentuk mata lebih indah. Bagi mereka yang memiliki bentuk mata yang kurang sempurna, dapat dilakukan dengan riasan make up. Berbeda ketika mereka yang sudah memiliki bentuk mata mendekati sempurna, lebih mudah untuk membentuk mata. Cukup dengan pulasan riasan mata selembut dan senatural mungkin dengan warna eyeliner dan eye shadow seseuai kebutuhan. Namun, bagi Anda yang memiliki bentuk mata yang tidak sempurna, akan terlihat semakin cantik dengan riasan mata indah. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membentuk mata menggunakan teknik riasan make up:

1. Untuk mata besar tidak disarankan menggunakan eyeliner yang berlebihan atau tebal. Serta hindari penggunaan eye shadow terang, karena dapat membuat mata lebih keluar dan menonjol.
2. Mata sipit harus menggunakan teknik jahit mata agar mata terlihat lebih besar dan dramatis dengan menggunakan lem bulu mata.
3. Jika mata turun jangan menggunakan eyeliner bawah mata, tetapi menggunakan sediklt lebih ke atas pada bagian atas mata.
4. Mata panda karena kurang tidur dan turun sering kali menghitam, gunakanlah concelar pada bawah mata agar terllhat lebih cerah dan segar. Warna concelar pada umumnya harus lebih terang dua tingkatan dari warna foundation dan warna bedak harus disesuaikan.

Selain teknik riasan mata melalui make up, untuk mempercantik mata bisa menggunakan bedah plastik. Melalui bedah plastik tentu akan mendapatkan hasil yang permanent, bentuk mata yang diinginkan. Menurut dr. Budiman, SpBP-RE, MARS dokter spesialis bedah plastik, bentuk mata yang indah secara umum adalah mata yang terllhat berbinar, muda, tidak terdapat kantung mata, memiliki bulu mata yang lentik dan memiliki satu lipatan kelopak mata berbentuk garis yang terbuka di sisi samping atau lateral bukan lipatan yang berbentuk bulan sabit. Biasanya pada ujung sisi lateral mata yang indah sedikit lebih tinggi dari sisi tengahnya (sisi medial) berbeda dengan mata yang tampak lelah atau menua di mana sisi lateralnya malah lebih rendah dari sisi tengahnya.

Ditambahkan dr. Budiman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan operasi bentuk mata. Karena operasi mata membentuk kelopak mata atau blepharoplasty bertujuan untuk membentuk kelopak mata agar lebih indah sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan persepsi pasien mengenai bentuk mata yang indah. Ada beberapa langkah saat melakukan blepharoplasty mulai dari membuang kelebihan kulit, membuang kelebihan otot, membuang kelebihan lemak, membentuk lipatan kelopak mata, melentikkan posisi bulu mata dan membuka sudut mata khusus untuk mata sipit, Umumnya mata sipit dan belo dilakukan teknik operasi membentuk mata agar lebih indah. 

Teknik Blepharoplast. Operasi kelopak mata atau blepharoplast bertujuan untuk membentuk kelopak mata agar lebih indah sesuai dengan kebutuhan.

1. Mata Sipit. Mata sipit memiliki anatomi tersendiri di mana tidak terdapat lipatan kelopak mata karena tidak ada serat fibrosepta yang melengketkan kulit kelopak dengan lempeng tarsus di bawahnya. Kelopak mata tampak lebih menggelembung oleh karena timbunan lemak cenderung lebih banyak di dalam septum orbita yang juga menggelembung. Kadang sudut mata bagian tengah (epicanthus) tertutup oleh lipatan kulit. Sehingga menimbulkan kesan bahwa jarak antara kedua mata lebih lebar (tele canthus). Untuk mengatasinya dengan melakukan operasi kelopak mata. Langkahnya dengan membuang kelebihan lemak dan membuat lipatan serta melentikkan bulu mata. Tindakan untuk membuka sudut mata yang tertutup kadang diinginkan ataupun tidak tergantung permintaan pasien sendiri.

2. Mata Belo. Mata belo karakteristiknya secara anatomis memiliki lipatan kelopak mata karena terdapat serat fibrosepta yang melengketkan kulit kelopak mata dengan struktur di bawahnya yaitu dengan lempeng tarsus. Kelopak mata tidak terlalu menggelembung karena jumlah lemak tidak terlalu banyak dan tersembunyi jauh dalam septum orbita serta sudut mata (epichantus) terbuka karena tidak ada kulit yang menutupinya. Pada usia yang lebih tua kulit mengendur, timbunan lemak bertambah, membuat lipatan jadi berlebihan di sisi lateral dan lipatan yang ada bentuknya berubah seperti bulan sabit. Terbentuklah kantung mata yang menimbulkan kesan seperti lelah, layu dan kurang bersemangat. Hal yang harus dilakukan adalah operasi kelopak mata yang sudah memiliki lipatan tergantung pada permasalahan anatomis apa yang dimiliki oleh pasien tersebut. Biasanya merupakan kombinasi dari beberapa tindakan standar yaitu membuang kelebihan kulit, membuang kelebihan otot, membuang kelebihan lemak, melentikkan posisi bulu mata dan membentuk lipatan yang indah (tidak seperti bulan sabit) sehingga kesan mata tua menjadi kembali segar, berbinar, dan tidak tampak lelah.

Walaupun operasi kelopak mata sipit dan mata belo dapat dilakukan pembiusan umum, di mana pasien dibuat tidur sehingga tidak merasakan sakit. Namun operasi dengan pembiusan lokal lebih direkomendasikan karena pasien tetap sadar dan kooperatif untuk bisa membuka dan menutup kelopak matanya serta kelentikan bulu mata dilakukan. Lama operasi baik untuk mata sipit maupun mata belo rata-rata berkisar antara 30 sampai dengan 45 menit untuk setiap mata. Tidak ada efek samping yang berbahaya pasca-operasi jika dilakukan oleh dokter yang memang ahli. Namun setelah pertama kali operasi pembentukan mata, efek samping adalah pendarahan dan memar yang biasanya akan pulih dalam beberapa hari dari proses pembentukan mata.


Tidak ada perawatan khusus, yang penting lakukan kompres dingin dengan kasa lembab yang dibasahi cairan NaCl dingin, selama beberapa jam pasca-operasi, dan pada hari kedua harus rajin membersihkan luka jahitan operasi dengan salep mata. Setelah itu mata akan terbentuk sempurna setelah lima hari pasca-operasi. Palupi (Info Kecantikan)

1 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
    Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    • Bandar66 (NEW)
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!?

    ReplyDelete