Sunday, June 30, 2013

7 Cara Membuat Perut Ramping

Perut buncit biasanya dialami oleh mereka yang mengalami masalah kelebihan berat badan. Tetapi tak menutup kemungkinan mereka yang tubuhnya ramping tetapi memiliki perut yang buncit. Cara-cara modern seperti exilis, accent ultra, suntik langsing, cavitasi dan lain-lain bisa membuat perut ramping. Namun, semua itu tetap harus diimbangi dengan menjaga makan yang seimbang dan berolahraga agar hasilnya maksimal. Mengapa demikian?

Perut buncit membuat penampilan seseorang kurang menarik. Memakai busana apapun terlihat perut yang menyembul. Alhasil Anda pun tidak bisa tampil mengenakan busana yang pas di tubuh. Lantas bagaimana mengatasi masalah perut buncit? Belakangan banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan perut. Tak hanya dengan operasi seperti tummy tuck ataupun liposuction, tetapi treatment-treatment lain yang bukan cara operasi juga banyak ditawarkan dengan klaim dapat mengecilkan perut. Berikut beberapa treatment yang tergolong ampuh mengecilkan perut, antara lain:

1. Perut Ramping Berkat Exilis
Mengalami masalah perut buncit? Anda pun tidak percaya diri mengenakan busana yang pas di badan? Tak perlu khawatir karena kini hadir treatment terbaru untuk pembentukan tubuh yang dianggap tidak proporsional menjadi lebih terlihat ramping, tak terkecuali bagian perut. Untuk pembentukan tubuh tersebut digunakan treatment terbaru yaitu dengan exilis, Dijelaskan oleh dr. Anggia Primasari, SpKK, dermatologist dari Aimeira Clinic, exilis menggunakan teknologi radio frekuensi monopolar (RF) yang dikombinasikan dengan ultra-sound, hanya dengan satu alat didapatkan hasil lebih maksimal.

Efek dari ultrasound adalah memecah sel lemak, membuat panas dari alat radio frekuensi lebih efisien untuk menuju jaringan adipose (jaringan yang ada di dalam tubuh, di bawah kulit). Kemudian sel lemak dikomposisikan menjadi tiga bagian yaitu air, gliserol dan asam lemak. Air dan gliserol akan diserap oleh sistem limfatik dan dibuang melalui urin. Asam lemak diproses oleh lever dan diubah menjadi energi untuk meningkatkan metabolisme dengan pengerjaan menggunakan panas RE Meningkatnya panas dari RF kemudian akan membuat pemecahan lemak menjadi sempurna. Energi ultrasound akan meningkatkan penyerapan dinding sel lemak yang kemudian dialirkan menuju pembuangan limpatik.

Sistem EFC (energy flow control) dari exilis dapat memengaruhi kekuatan dari panas dan keamanan. Dengan sistem ini maka panas yang digunakan untuk setiap orang berbeda-beda, tergantung kondisi kulit. Teknologi advanced thermoelectric cooling akan memfokuskan energi hingga lapisan dalam. Energi yang terfokus disertai panas akan mengurai serat kolagen melalui efek panas antara 40 - 42,5°C. Kolagen baru akan terbentuk sehingga efek yang diinginkan selain penghancuran lemak juga terjadi efek pengencangan kulit.

Cara kerja treatment exilis hampir sama dengan treatment radio frekuensi dan ultrasound lainnya. Tahap awal, bagian tubuh yang ingin dikecilkan yaitu perut dioleskan mineral oil, lalu aplikator exilis digosokkan dengan gerakan memutar. Selama sesi treatment, pasien akan merasakan sensasi hangat. Pasien tidak perlu khawatir akan sensasi hangat karena aplikator telah dilengkapi dengan pendingin sehingga pasien akan merasa nyaman. Prosedur exilis memerlukan waktu 30-60 menit tergantung area yang dikerjakan. Setelah 1 atau 2 kali treatment hasilnya akan mulai terlihat dan hasil yang optimal diperoleh setelah 4-6 kali treatment. Jarak antara satu treatment dengan treatment berikutnya dianjurkan satu sampai dua minggu.

Treatment mengecilkan perut dengan alat exilis tergolong aman. Meski menggunakan energi panas, namun saat pengerjaan cukup aman. Pasalnya, energi panas yang digunakan terkontrol sehingga tidak menimbulkan sakit atau rasa tidak nyaman. Treatmentnya pun mudah, cepat dan efisien. Meski exilis cukup aman dilakukan dan hasilnya memuaskan, namun seleksi pasien sangat penting sebelum melakukan treatment ini. Radio frekuensi tidak boleh dilakukan pada pasien yang memiliki benda metal di dalam tubuh, misalnya implant yang terbuat . dari bahan metal. Mereka yang menggunakan alat pacu jantung, kondisi hamil dan menyusui, serta yang memiliki penyakit kanker juga tidak dianjurkan menjalani treatment ini.

Exilis sangat ideal untuk mengatasi area tubuh yang ”bermasalah”, terutama area yang tidak respons terhadap diet dan olahraga. Area treatment yang paling populer adalah perut, pinggul dan paha. Selain dapat mengecilkan perut dan merampingkan tubuh, exilis juga memiliki aplikator untuk mengurangi keriput karena
dapat merangsang kolagen dan memberikan efek pengencangan sehingga wajah terlihat awet muda.

2. Treatment Accent Ultra
Treatment accent ultra juga merupakan cara yang terbilang anyar untuk mengatasi perut buncit. Proses Kerja accent ultra menggunakan energi panas dengan teknologi ultrasound dan radio frekuensi ini, adalah Cara nyaman untuk mengencangkan kulit, membentuk tubuh dan menghancurkan sel-sel lemak dengan menggunakan panas yang terkontrol. Menurut Herlin Hutajulu, S.Gz, nutritionist, accent ultra dapat membuat perut menjadi rata, serta pinggul, paha dan lengan yang lebih kecil, di samping juga dapat mengurangi kerutan sekaligus mengencangkan kulit yang kendur, menghaluskan kulit, dan memperbaiki kondisi kulit yang tipis.

Proses pengerjaan accent ultra tergolong nyaman, cepat, dan tak menimbulkan rasa sakit. Karena ini bukan operasi, tak ada sayatan, jahitan, bahkan anestesi karena itu tak butuh waktu pemulihan. Lama pengerjaan accent ultra adalah 30 menit-1 jam.

3. Suntik Leptin
Treatment accent ultra bisa diimbangi dengan treatment suntik leptin untuk membantu stimulasi metabolisme lemak, terutama untuk mereka yang sulit mengecilkan tubuh. Leptin adalah Salah satu bahan aktif yang digunakan, yang merupakan protein yang mengandung 167 asam amino. Fungsi dari leptin adalah menghantarkan isyarat ke otak bahwa badan sudah memiliki simpanan lemak yang cukup sehingga hypothalamus sebagai ”pusat kontrol” akan memberi tahu tubuh untuk berhenti makan. Leptin juga berfungsi untuk mengurangi cadangan lemak jaringan serta membantu untuk membakar lemak.

Leptin dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara suntik mesoterapi, yang merupakan salah satu cara untuk menghilangkan lemak setempat. Karena yang akan dikurangi adalah lemak yang berlebihan maka leptin ini disuntikkan ke dalam kulit di bagian tubuh yang lemaknya berlebihan seperti di perut. Selain itu untuk pembentukan tubuh bagian tertentu agar lebih kencang, Suntik leptin dikombinasikan dengan treatment yang menggunakan alat ultrasound dan radio frekuensi seperti accent ultra atau exilis.

Treatment ini dilakukan 1-2 minggu hingga mencapai berat badan yang diinginkan. Meski Suntik leptin dan accent ultra bisa dilakukan di hari yang sama, tetapi dianjurkan dilakukan di hari yang berbeda karena jika berbarengan bisa menyebabkan memar. Biasanya dalam lima kali suntik leptin, lingkaran tubuh yang besar akan berkurang 7-10 cm. Biasanya Setelah 4-6 kali treatment atau dalam waktu tiga bulan, hasilnya sudah terlihat.

Treatment ini tergolong aman, meski demikian pada beberapa orang bisa timbul efek samping. Pada beberapa orang di saat awal treatment bisa menyebabkan mual dan sakit kepala. Hal tersebut terjadi karena pada saat awal treatment tubuh mulai mengurangi makan dan otak butuh gula, dan tubuh sendiri belum terbiasa. Namun biasanya setelah satu hingga dua kali treatment efek mual dan sakit kepala sudah tidak dialami lagi.

4. Mesoterapi
Meski bukan tergolong treatment yang terbaru, namun mesoterapi dianggap treatment yang cukup ampuh dan banyak dipilih orang ketika akan mengecilkan bagian tubuh. Menurut dr. Emilia Slamat, CIB, M.Gizi, dokter ahli gizi, mesoterapi adalah teknik penyuntikan fat burner ke area yang diinginkan untuk dikecilkan seperti perut, lengan ataupun paha. Mesoterapi termasuk treatment yang banyak diminati karena bisa disuntikkan di area yang banyak lemaknya seperti perut, lengan, paha, belakang bra (bra buldge), bagian pagar pinggang (love handle), panggul (saddle bag), serta pipi yang tirus.

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, mesoterapi dilakukan seminggu sekali. Namun hasil yang didapat untuk setiap orang bervariasi. Sekali treatment perut bisa mengecil 3-5 cm. Meski treatment ini tergolong aman, tetapi pada beberapa orang seperti wanita hamil, wanita menyusul, penderita Sakit jantung, ginjal dan gangguan hati tidak dianjurkan untuk melakukan hal ini.

5. Cavitasi
Cavitasi merupakan metode penghancuran lemak dari dalam tubuh, seperti daerah perut, paha, betis, lengan, punggung dan pinggul, tanpa operasi, tanpa anestesi dan tanpa sakit. Menurut dr. Emilia, alat yang digunakan dalam treatment cavitasi adalah ultra cavitation generator. Prinsip kerja treatment ini, alat cavitasi ini bekerja dengan mengeluarkan tekanan dan gelombang tertentu sehingga tercipta getaran dan bunyi.

Akibat rangsangan terus menerus dengan tekanan dan gelombang tertentu dari alat cavitasi ini maka akan terjadi perubahan jaringan lemak yang tadinya solid atau padat, berubah jadi likuid atau cair dan akhirnya berubah jadi gas. Akibatnya membran sel jaringan adiposa atau jaringan lemak menjadi hancur. Dalam satu kali treatment akan memakan waktu 30 menit, cavitasi boleh dikerjakan satu minggu sekali.

 Tidak ada batasan usia untuk pemakaian cavitasi, tetapi yang harus diperhatikan bila ada penderita sakit jantung dan gagal ginjal, menggunakan alat pacu jantung atau material logam (kawat gigi), wanita hamil, dan wanita yang mengalami perdarahan atau luka setelah operasi.

6. Infeksi Slimming dengan Bahan Alami
Dijelaskan oleh dr. Andi Nurul Astuti, dokter kecantikan, manfaat dari injeksi Slimming adalah menguatkan dan mengencangkan otot, menghilangkan selulit, memperbaiki metabolisme sel, hidrasi, mengurangi deposit lemak di daerah tertentu, memperbaiki elastisitas serta menurunkan berat badan secara signifikan.

Bahan-bahan yang disuntikkan di dalam treatment injeksi slimming adalah Laminaria digitata (alga cokelat), gliserin, Garcinia cambogia (buah mirip labu kecil), Ruscus aculeatus, Trigonella foenum, (biji klabet) dan ivy extract. Laminaria digitata dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat menurunkan deposit lemak tubuh, menghilangkan deposit selulit serta akselerasi lipolisis (proses pembakaran lemak).

Sementara Garcinia cambogia mengandung hydroxucitric acid (HCA) yang dapat menekan selera makan, menurunkan frekuensi perubahan karbohidrat, lemak dan kolesterol, meningkatkan metabolisme yang membantu proses pembakaran lemak), serta meningkatkan produksi panas tubuh untuk pembakaran lemak.
Bahan-bahan yang disuntikkan terbuat dari bahan-bahan alami yang ditunjukkan ke lapisan bawah kulit pada area tersebut, sehingga dapat menghancurkan lemak. Kemudian lemak yang sudah hancur akan terserap dengan sendirinya oleh tubuh dan dikeluarkan melalui urin.

Treatment diawali dengan mengukur bagian tubuh yang akan dikecilkan seperti lingkar perut, lalu membersihkan kulit di daerah yang akan dikecilkan tersebut. Lalu dilakukan kontur injeksi untuk merangsang agar pori-pori terbuka dan membuka saluran limtatik dengan alat body system plus. Berikutnya dimasukkan obat dengan Cara diinjeksi dan selanjutnya digunakan alat vibrator untuk menghancurkan lemak dan dilakukan tahapan electroporation. Satu jam kemudian tubuh lalu diukur kembali. Biasanya saat itu lingkar perut akan mengecil 5-10 cm. Selanjutnya dilakukan wrapping dan setelah satu jam wrapping bisa dibuka di rumah.

Setelah treatment Anda jangan kaget bila di bagian yang disuntikkan seperti perut akan terasa gatal dan sedikit panas. Tetapi setelah rasa tersebut hilang, biasanya sudah terlihat perbedaan lingkar perut lebih mengecil. Setelah empat kali treatment yang dilakukan secara rutin 1-2 minggu sekali hasilnya sudah terlihat. Selain melakukan injeksi slimming, untuk di rumah sebaiknya Anda tetap menjaga pola makan dan berolahraga. Selain untuk mengatasi masalah perut buncit, treatment injeksi slimming ini dapat digunakan untuk mengecilkan lengan, payudara, bokong, paha, betis, kantung mata, pelupuk mata, dagu dan pipi chubby

7. Treatment Akupuntur Perut Kombinasi injeksi
Treatment akupunktur perut sudah sejak dulu dikenal dapat mengecilkan perut. Akupunktur ini bermanfaat untuk mengembalikan metabolisme tubuh, memperbaiki hormon, memperlancar aliran darah, serta ginjal agar berfungsi dengan baik. Akupunktur ini bisa dikombinasikan dengan injeksi bahan-bahan alami di bagian perut yang berfungsi untuk menghancurkan lemak lebih cepat.

Sesudah diakupunktur dan diinjeksi selama kurang lebih setengah jam, lalu bagian perut di-massage dan dibaluti dengan selimut yang dialiri dengan listrik sehingga tubuh seperti di-steam, yang fungsinya adalah sebagai detoksifikasi selama kurang lebih dua jam. Menurut Dewi Ratna, ahli kecantikan pelangsingan, untuk akupunktur di bagian perut ditusukkan jarum pada lima titik di perut, sementara untuk injeksinya diberikan delapan kali suntikan setiap kali treatment. Selain itu, untuk mengecilkan perut biasanya juga diberi obat fiber yang terdiri dari bahan-bahan alami, yang mampu membantu melancarkan pencernaan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya treatment akupunktur ini dilakukan seminggu 1-2 kali. Dengan rutin menjalani kombinasi treatment ini maka dalam waktu sebulan biasanya berat badan turun hingga 3 kg, dan dalam jangka waktu tiga bulan berat badan turun 5-8 kg.

Perut ramping bisa Anda didapatkan, selain dengan treatment akupunktur, juga harus tetap mengubah gaya hidup yang sehat dan menjalani program diet. Selama menjalani treatment, dianjurkan Anda untuk mengurangi porsi makan dan terukur sehingga perut akan mengecil. Pola makan yang dianjurkan adalah empat sehat lima sempurna, dengan jam makan teratur yaitu pagi, siang dan tidak makan setelah jam lima sore. Biasanya kalau masih lapar, konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, serta air putih. Bisa juga makan bihun, tetapi tidak dianjurkan makan mie. Dengan pola hidup yang baik dan diimbangi dengan treatment maka secara perlahan perut akan kembali normal. Setelah mendapatkan hasil yaitu perut yang rata maka sebaiknya tetap menjalani maintenance 1-3 bulan sekali.

Pengaturan Pola Makan. Dijelaskan oleh dr. Nany Leksokumoro, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinik, dalam pembentukan tubuh bisanya dilakukan empat cara. Pertama, memberikan terapi dan obat yang berupa makanan yang harus disesuaikan dengan aktivitasnya. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari yaitu makanan yang berlemak. Jika ingin kenyang, dianjurkan untuk makan makanan berserat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, tetapi jumlahnya diperhatikan karena di dalam buah pun tetap ada gula dan bisa memberikan kalori. Meski kalori bisa diturunkan, tetapi nutrisinya harus tetap dijaga.

Kedua, melakukan olahraga. Karena perut buncit membuat Seseorang terlihat lebih tua, maka jika hanya menjaga makanan tetapi tidak dibarengi dengan aktivitas fisik seperti olahraga maka hasilnya tidak maksimal. Ketiga, diberikan obat yang diracik agar dapat menahan nafsu makan yang berlebihan dan tidak mengonsumsi lemak yang terlalu banyak. Keempat, memberikan terapi estetik secara instan untuk membentuk tubuh, baik secara operasi ataupun tidak seperti akupunktur.

Meski sudah menjalani terapi estetik atau treatment-treatment pembentukan tubuh seperti perut yang sudah dijelaskan sebelumnya, namun tidak menjaga pola makan dan tidak berolahraga untuk pembakaran lemak maka hasilnya tidak akan optimal dan lemak tetap tertimbun di dalam perut. Jadi, meski sudah menjalani berbagai treatment pengecilan perut, bukan berarti Anda bebas makan apa saja dan malas berolahraga.

Ditambahkan oleh Herlin, dalam merampingkan perut dan menurunkan berat badan, prinsipnya adalah energi yang keluar lebih banyak daripada energi yang masuk sehingga terjadi penurunan energi dan lemaknya dibakar. Maka dari itu, pola makan yang baik yang sebaiknya dilakukan adalah makan dengan porsi kecil tetapi sering, yaitu makan lima kali sehari dengan perincian tiga kali makan besar dan dua kali makan selingan (snack) pada jam 10 pagi dan jam 3-4 sore. Untuk menu makannya adalah pola makan dengan gizi seimbang, sehingga asupan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral seimbang. Untuk porsi makannya berbeda-beda untuk makan pagi, makan siang dan makan malam. Porsi makan ditentukan dari kondisi tubuh dan komposisi tubuh.

Untuk makan pagi yang dianjurkan adalah nasi 3-4 sdm, lauk-pauk 1 potong, ditambah sayur-sayuran satu porsi dan minumnya teh tawar hangat. Menu lainnya adalah roti gandum satu tangkap, ditambah sdm selai dan minumnya segelas susu skim. Untuk makan selingannya dianjurkan makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang tinggi serat. Sebaiknya buah potong atau buah segar seperti apel, kiwi, bengkuang, mangga, pisang, pir dan jambu biji merah. Selain itu buah-buahan potong bisa diganti dengan yoghurt lowfat atau yoghurt dengan topping buah atau salad sayur dengan mayonaise 1 sdm. Buah-buahan boleh dijus, tetapi tidak dicampur dengan madu atau gula.

Menu makan siang dianjurkan 5-6 sdm nasi, lalu satu potong lauk hewani seperti ikan, telur atau daging, satu potong lauk nabati seperti tempe atau tahu, Serta satu porsi sayur-sayuran. Untuk makan selingan sore, juga sama dengan selingan pagi yaitu dengan makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Sementara Untuk makan malam, sebaiknya tidak lebih dari jam tujuh malam, dengan menu makan yang hampir sama dengan menu sarapan.

Yang harus diperhatikan dalam pola makan seimbang dan makan sering tetapi sedikit ini adalah pemilihan makanannya. Dianjurkan untuk tidak menyantap makanan yang tinggi lemak, karena itu ketika makan daging sebaiknya pilih daging bagian dalam yaitu bagian tenderloin atau ayam tanpa kulit. Sebaiknya juga tidak banyak menyantap makanan yang digoreng, dan sebaiknya pengolahan makanannya dengan dikukus atau ditumis dengan minyak sedikit.

Selain itu, dianjurkan banyak minum air putih karena air putih dapat melancarkan metabolisme tubuh. Jika metabolismenya lancar, maka pembakaran energinya juga lebih cepat dan terjadi penurunan berat badan, termasuk mengecilkan perut. Menurut dr. Emilia, penelitian terbaru menunjukkan bahwa minum air putih dua gelas sebelum makan adalah cara terbaik untuk mengekang nafsu makan dan membantu menurunkan berat badan.

Selama penelitian 12 minggu, mereka yang berdiet dan minum air putih sebelum makan, tiga kali sehari, maka bisa menurunkan berat badan 2,5 kg lebih banyak dibandingkan pelaku diet yang tidak minum dulu. Minum air putih sebelum makan akan membuat perut Anda terisi dengan zat yang memiliki nol kalori. Hasilnya, orang akan merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit kalori yang terkandung dalam makanan.

Mengenai suplemen yang berserat yang selama ini banyak dikonsumsi orang yang ingin menurunkan berat badan. Serat mempunyai fungsi untuk mengikat asam lemak sehingga jika asam lemaknya tidak terserap dapat langsung dibuang melalui usus. Karena itu dianjurkan makan sayur tinggi serat. Selain itu serat mampu mencegah penimbunan lemak, bila Kita memperlambat pelepasan karbohidrat maka tubuh akan lebih efisien dalam mengolah energi. Dengan demikian, energi akan lebih mudah untuk dipakai daripada disimpan dan tidak membuat gemuk. Sebaiknya konsumsi serat 20-30 gr per hari untuk orang dewasa dan 15 gr per hari untuk anak-anak, dan jika asupan serat sudah cukup maka tidak perlu lagi minum suplemen serat.

Olahraga. Selain pengaturan pola makan, jika ingin perutnya rata sebaiknya juga melakukan olahraga. Dijelaskan olen dr. Arie Sutopo, SpKO, dokter spesialis kedokteran olahraga, jika ingin kurus maka harus memperhatikan antara keluar masuknya kalori dalam tubuh, dengan cara mengeluarkan banyak kalori dan sedikit mengonsumsi kalori yang masuk ke dalam tubuh, serta dengan cara olahraga.

Tujuan dari olahraga adalah untuk memperbesar lemak atau kalori yang keluar, Serta olahraga khusus untuk menguatkan, otot-ototnya. Mengenai frekuensi olahraga disesuaikan dengan kemampuan, usia, jenis kelamin, kekuatan fisik dan bertahap menjadi lebih baik frekuensinya setiap minggu. Olahraga bisa kapan saja dilakukan, tetapi tidak dianjurkan dilakukan di atas jam 23.00 karena sudah masuk waktu istirahat atau tidur.

Mengenai jenis olahraga, menurut Herlin sebaiknya olahraga yang dikombinasi antara cardio training dan weight training. Olahraga yang termasuk cardio training adalah treadmill, jogging, aerobik dan bersepeda, yang fungsinya untuk membakar kalori dan lemak. Begitu pula olahraga seperti hulla hop, lompat tali dan senam. Sementara olahraga weight training terdiri dari olahraga pembentukan otot perut seperti sit up dan crunch up abdominal.

Cara melakukan crunch adalah berbaring pada punggung, tekuk lutut dan tempatkan tangan bebas di belakang kepala, rapatkan jari pada kedua tangan bersama-sama seperti ketika ingin menarik kepala, posisikan tangan seperti ini selama latihan lalu angkat kepala dan bahu dari lantai hanya beberapa inci, lalu kembali rebahkan tubuh dengan bahu tetap lurus secara perlahan-lahan.

Kedua jenis olahraga ini sebaiknya dilakukan rutin 3-5 kali seminggu. Setiap kali melakukan olahraga cardio training dan weight training melakukan olahraga cardio training dan weight training menghabiskan waktu sekitar 30-45 menit, untuk mereka yang baru memulai olahraga tetapi jika sudah sering melakukannya maka waktunya bisa ditambah intensitas olahraganya.

Dengan pola makan seimbang dan olahraga, menurut Herlin maka dalam seminggu berat badan bisa turun 0,5-1 kg. Namun penurunan berat badannya berbeda-beda untuk setiap orang, karena ada orang-orang yang lebih dulu mengecil bagian perut dan ada orang-orang yang lebih dulu badan mengecil pada bagian paha dan lain-lain. Kartika, Anita, Amrikh, Nailul Iffah, Suciati 


Sumber: Info Kecantikan

6 komentar: