Wednesday, June 19, 2013

5 Tips Mata Sehat Meski Pakai Kontak Lensa

Kehadiran lensa kontak yang berwarna-warni membuat banyak wanita tertarik untuk menggunakannya agar penampilan mata terlihat lebih menarik. Namun sebenarnya tidak semua orang boleh memakai kontak lensa, pasalnya bahan medis yang langsung dipasangkan pada kornea mata ini tak luput dari efek samping. Dijelaskan oleh dr. Tri Rahayu, SpM, FIACLE, dokter spesialis mata dan Fellow of International Association Contact Lens Educate, efek samping dari penggunaan lensa kontak adalah kekurangan oksigen karena lensa kontak menghalangi masuknya oksigen ke kornea mata.


Kekurangan oksigen pada mata yang terjadi terus menerus akan menyebabkan perubahan bentuk, fungsi dan daya tahan kornea mata sehingga akan menimbulkan infeksi. Infeksi pada kornea mata bisa meninggalkan jaringan parut yang permanen sehingga mengakibatkan kebutaan. Bahkan infeksinya bisa berlanjut ke dalam bola mata sehingga bola mata harus diangkat untuk membuang kuman infeksinya.

Sesuai Aturan. Berikut tips agar mata tetap sehat meski memakai lensa kontak:
  1. Memeriksakan mata ke dokter spesialis mata untuk menilai apakah matanya cocok memakai lensa kontak atau tidak. Dari pemeriksaan, akan diketahui keadaan mata, keadaan air mata dan keadaan penglihatan,
  2. Rutin melakukan pemeriksaan ulang setiap enam bulan sekali ke dokter mata. Jika sebelum enam bulan seseorang yang menggunakan lensa kontak menemui keluhan dengan lensa kontak, seperti mata gatal, merah atau bengkak maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter agar segera ditangani.
  3. Memakai lensa kontak sesuai dengan saran dari dokter, paling tidak sesuai petunjuk pemakaian lensa kontak.
  4. Tidak menggunakan lensa kontak lebih dari 12 jam. Berapa jam pemakaian lensa kontak sebenarnya tergantung dari keadaan mata dan kemudian dari bahan lensa kontak.
  5. Selalu jaga kebersihan dari lensa kontak. Sebaiknya tidak memakai lensa dan memasang lepaskan dalam keadaan tangan yang kotor. Prinsipnya adalah setiap membuka lensa kontak harus segera dicuci, dibersihkan, dibilas, baru disimpan. Jika esok paginya mau dipakai, maka sebaiknya dibilas kembali, lalu baru dipakai. Penyimpanannya harus dalam cairan yang sesuai dan khusus. Tentu saja tempat lensa kontak harus dijaga bersih, tempat cairan juga harus dijaga bersih agar terhindar dari kontaminasi oleh kuman. Eka Herlina


Sumber : Info Kecantikan

1 komentar:

  1. Pokermulia.NET |
    KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda dan mendapatkan jackpotnya ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 6 Permainan.
    • Ceme
    • Ceme Keliling
    • Capsa
    • Domino
    • Poker
    • Superten
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +85593842699
    • BB : D3F98F26
    • line : POKERMULIA
    Come & Join Us

    ReplyDelete