Saturday, June 22, 2013

Vitiligo (Bercak Putih) Tidak Bisa Dihilangkan Total

Bercak putih yang awalnya hanya sedikit, lama-kelamaan meluas disebut vitiligo. Meski tidak bisa disembuhkan, tetapi beberapa treatment mulai dari penggunaan krim, cover up hingga laser UV A dan UV B bisa membantu. Seperti apa? 


Vitiligo, yaitu kelainan kulit yang disebabkan kulit kehilangan melanin, pigmen yang menentukan warna kulit, rambut dan mata. Dijelaskan oleh dr. Agung Pranoto, M.Sc, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, gejala awal vitiligo tidak dapat langsung menjadi putih mendadak atau putih tersamar. Tetapi berkurangnya warna kulit semakin lama semakin jelas dan warna kulit aslinya hilang sama sekali menjadi hipopigmentasi, yang akhirnya menjadi depigmentasi sehingga tidak mempunyai pigmen sama sekali.

Untuk faktor internal penyebab vitiligo masih belum jelas penyebabnya seperti imunitas tubuh melawan pabrik pigmen atau melanosit yang dihancurkan karena imunitas tubuh tidak dapat dikenali oleh tubuh. Selain itu, saraf-saraf pada kulit mengeluarkan protein yang merupakan racun bagi melanosit sehingga timbul vitiligo.
Sementara faktor eksternal terjadi karena tingkat stres yang terlalu tinggi sehingga timbul kelainan vitiligo. Jika pasien vitiligo diperiksa, maka terlihat terjadi penurunan kadar vitamin B12 di dalam darahnya.

Mengatasi Vitiligo.
Vitiligo sebaiknya segera diatasi karena dapat menyebabkan kanker kulit, apalagi jika vitiligonya sudah mulai meluas. Jika penderita vitiligo keluar ruangan, lalu terpapar sinar matahari atau terkena air hangat, maka akan terasa panas dan memerah.

Treatment paling sederhana untuk mengatasi vitiligo adalah steroid topical berbentuk krim dengan imunosupreson seperti picrolimus dan tacrolimus yang dioleskan ke bagian yang mengalami vitiligo. Pengobatan lainnya adalah dengan treatment penyinaran laser UV A dan UV B, yang tergantung pada luas area vitiligo. Vitiligo yang masih kecil bisa menggunakan alat laser yang portable, tetapi jika sudah melebar bisa menggunakan alat chamber ruangan.

Bisa juga dilakukan operasi, yaitu kulit yang terkena vitiligo ditempelkan dengan kulit lain yang berada di tubuh. Namun, cara ini bisa merusak kulit yang ditempelkan pada area vitiligo dan rusaknya seluas vitiligo tersebut. Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah menggunakan donor melanosit, yang disebut dengan tindakan suction blister grafting. Dalam treatment ini, lapisan kulit yang paling atas diambil, lalu ditempelkan pada kulit yang terkena vitiligo sehingga tidak terlalu merusak kulit.

Ditambahkan oleh Reza Yahya, ahli kecantikan sekaligus pemilik klinik papan atas langganan para artis, untuk mengatasi masalah vitiligo tetapi tidak ingin operasi adalah dengan menjalani cover up. Fungsi dari cover up adalah menutupi vitiligo dari sinar matahari, sehingga vitiligo terlihat seperti kulit normal. Untuk menghindari risiko terkena kanker, sebaiknya menggunakan krim microskin yang mengandung SPF 30 yang dapat menghalangi sinar matahari langsung terkena kulit, namun tidak menyumbat pori-pori.

Sebelum menjalani treatment kulit di-scan sehingga keluar rumus untuk warna kulit yang sesuai, yang dicampurkan dengan beberapa cairan. Setelah tiga jam, dicocokkan dengan warna kulit dan setahun kemudian disarankan agar kulit di-scan kembali untuk melihat apakah ada perbedaan pada kulit akibat sinar matahari, debu dan lain-lain.

Microskin berbentuk cairan, yang dapat digunakan dengan alat seperti spons jika vitiligonya kecil, dan kemudian dengan airbrush jika vitiligonya besar. Airbrush yang digunakan juga dibedakan menjadi dua macam, yaitu airbrush yang kecil untuk bagian wajah dan airbrush yang besar untuk bagian tangan dan kaki. Produk cover up dan airbrush ini bisa diaplikasikan sendiri di rumah.

Produk lainnya untuk menutupi vitiligo adalah micro sealing powder bedak yang digunakan setelah menyemprotkan microskin cair. Bedak ini berfungsi agar kulit tidak lengket dan 10 menit kemudian baru dicuci. Bedak microsealing mengandung silikon sehingga microskin yang digunakan awet digunakan pada kulit selama berhari-hari. Produk lainnya adalah removing serum yang berguna untuk menghapus microskin pada kulit. Selanjutnya, equiptment cleanser untuk membersihkan air brush.

Tidak Instan. Untuk mengatasi vitiligo dan mengembalikan warna kulit menjadi rata, menurut dr. Agung tidak bisa instan, tetapi dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Jika vitiligo terlalu luas, maka sebaiknya menghilangkan pigmen menjadi putih karena akan sangat lama disembuhkan. Yang dapat dihilangkan adalah vitiligo yang berada di wajah karena di wajah terdapat pabrik melanosit akar rambut sehingga pengobatannya lebih mudah. Namun, hal itu kembali lagi pada luas vitiligo. Dan pengobatan vitiligo yang paling sulit adalah pengobatan di tempat-tempat tersembunyi dan diujung bagian tubuh seperti jari-jari tangan, jari-jari kaki dan telinga. Suciati


Sumber: Info Kecantikan

3 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. As a new participant in your blog, I just want to say that all the information you have given here is awesome. Thank you Hand makeup

    ReplyDelete
  3. Wowww! Thanks a lot baby! I always required writing in my site something very special like your blog has. You have really helped me a lot. Tattoo cover nyc

    ReplyDelete