Saturday, November 1, 2014

Perawatan Kulit Sawo Matang

Perawatan Kulit Sawo Matang
Perlu diketahui bahwa warna kulit apapun sama saja asalkan kulit tersebut sehat. Kriteria kulit sehat itu adalah kulit tampak bersih dengan warna merata, memiliki tekstur yang baik, memiliki kelembaban yang cukup, dan memiliki kelenturan sesuai dengan usia. Tidak ada keharusan kulit berwarna putih di dalam kriteria kulit sehat. Kulit sawo matang atau kulit hitam sekalipun tidak apa-apa tidak masalah asal sehat dan dirawat dengan baik.

Warna kulit ditentukan oleh beberapa hal, di antaranya jumlah melanosit serta butiran pigmen yang mempunyai fungsi proteksi terhadap sinar ultraviolet. Namun yang pasti warna kulit juga ditentukan oleh tebal tipisnya kulit seseorang. Antara satu orang dengan orang lainnya memiliki perbedaan mengenal ketebalan kulitnya. Selain itu juga reduksi hemoglobin juga menentukan warna kulit seseorang.

Sebenarnya juga tidak ada perbedaan perawatan khusus antara orang yang memiliki kulit berwarna putih, sawo matang ataupun kulit hitam. Yang terpenting adalah kulit tetap bersih, sehat, dan lembab. Untuk mendapat kulit seperti itu tentu harus dilakukan perawatan sejak dini. Perlu juga diingat bahwa polusi sangat berpengaruh terhadap kulit, oleh karena itu sangat dianjurkan penggunaan body lotion setelah mandi. Untuk kulit normal, penggunaan body lotion bisa digunakan dua kali sehari sehabis mandi. Namun untuk kulit yang cenderung kering bisa gunakan dua hingga tiga kali sehari. Untuk kulit kering bisa ditambah dengan menggunakan sabun yang mengandung pelembab.


Sunblock juga baiknya dilakukan saat ingin keluar rumah. Sunblock dapat digunakan setelah penggunaan pelembab. Ketika ingin menggunakan make up dianjurkan digunakan setelah sunblock kering atau meresap ke dalam kulit. Kandungan SPF (sun protection factor) di dalam sunblock pun perlu diperhatikan. Untuk yang sehari-hari bekerja dalam lingkungan yang berada di dalam ruangan sebaiknya gunakan sunblock yang SPF-nya 15 hingga 25. Namun untuk yang bekerja di luar ruangan dapat menggunakan yang SPF-nya 30 atau bahkan lebih. Niken Wulandari (Info Kecantikan)  

1 komentar: