Monday, November 17, 2014

Kulit Halus Tubuh Langsing Dengan Infused Water

Kulit Halus Tubuh Langsing Dengan Infused Water
Belakangan infused water atau air yang dicampurkan dengan potongan buah-buahan sedang ramai dibicarakan. Para seleb ternama pun rutin minum infused water yang katanya bagus untuk kulit dan tubuh, yaitu kulit menjadi halus dan cerah serta tubuh langsing. lnfused water juga dikatakan memiliki manfaat detoksifikasi untuk membuang racun-racun di dalam tubuh. Benarkah?

Infused water memang sedang disukai para artis. Salah satu artis papan atas yang rutin minum infused water adalah “pesinetron cantik Citra Kirana. Pemeran Humana dalam sinetron stripping Tukang Bubur Naik Haji the series ini beberapa bulan terakhir mencoba minuman infused water yang ia sebut minuman detoks. Buah-buahan seperti potongan lemon dicampur strawberry dimasukkan ke dalam air putih di dalam botol.

Selain dicampurkan strawberry, Ciki juga sering mencampurkan potongan lemon dengan potongan mentimun, blueberry delima dan lain-lain. ”Enak, rasanya asam-asam manis,” ucap Ciki, begitu ia akrab disapa ketika ditemui Info Kecantikan di rumahnya beberapa waktu lalu. Minuman infused water tersebut selalu dibawa Ciki ke lokasi syuting. Biasanya ia menyediakan tempat minum besar, lalu setelah habis airnya diganti dengan buah-buahan lain. Manfaat yang dirasakan Ciki adalah tubuhnya segar serta berat badan terjaga. Saat ini berat badannya 58 kg dengan tinggi badan 172 cm.
Selain Ciki, artis-artis lain seperti Susan Bachtiar, Merriam Bellina, Anneke Jodi, Jasmine Wildblood dan lain-lain juga sedang menggandrungi minuman yang sedang hits ini. Lantas apa sebenarnya infused water?

Dijelaskan oleh dr. Florentina M. Rahardja, SpGK, dokter spesialis gizi klinik RS Royal Taruma, infused water adalah air mineral yang ditaruh di dalam botol atau toples, lalu ditambahkan buah-buahan yang dipotong ke dalamnya, lalu didinginkan selama beberapa saat agar segar dan terasa aroma buah-buahannya.

Dari sisi medis, infused water hanya air putih yang diberi buah-buahan sehingga ada aroma dan rasa buah-buahan karena buah lama dimasukkan ke dalam air. Seperti halnya menanak nasi, kemudian ditambahkan daun pandan sehingga akan ada wangi pandannya. Sebenarnya infused water hanya menambah rasa pada air dan menghindari kebosanan akan air putih yang tanpa warna dan tanpa rasa. Sementara pada infused water ada sedikit aroma dan rasa, meski tidak terlalu manis.

Kulit Bagus. Banyak artis yang mengaku kulit mereka lebih bagus setelah rutin minum infused water. Hal tersebut bisa terjadi karena mungkin jika sebelumnya jarang minum air, dengan minum infused water membuat mereka jadi lebih sering minum. Seperti diketahui dengan banyak minum maka terjadi hidrasi yang juga memengaruhi kondisi kulit. Sebaliknya jika seseorang kekurangan cairan, maka kondisi kulitnya tidak akan sesegar orang yang cairannya cukup.

Ditambahkan oleh dr. Intan Indria, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, infused water memang memberikan manfaat untuk kulit. Buah yang digunakan seperti strawberry dan blueberry dan lain-lain, umumnya banyak mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Buah-buahan tersebut juga bersifat antiaging sehingga seseorang tidak cepat tua dan tidak cepat timbul kerutan. Buah-buahan yang digunakan juga berfungsi untuk meningkatkan kadar kolagen sehingga kulit menjadi lebih kencang. Infused water juga dapat menghilangkan dehidrasi, sehingga dengan banyak minum maka kelembaban kulit akan bagus dan membuat kekenyalan kulit terjaga.

Tetapi untuk memiliki kulit yang bagus dan awet muda, tidak cukup dengan minum infused water saja. Memang infused water juga memberikan efek untuk organ-organ tubuh lainnya, selain kulit. Tetapi untuk efek kulit yang bagus sebaiknya diimbangi dengan perawatan dari luar tubuh dengan perawatan kulit menggunakan krim-krim topikal atau dioleskan. Oleh karena itu dianjurkan menggunakan krim atau sabun yang mengandung alpha hydroxy acid (AHA). Fungsinya adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit lebih bersih dan bersinar.

Selain menggunakan krim, lakukan juga perawatan kulit dengan memilih sabun yang baik. Sabun yang mengandung AHA lebih bagus digunakan Ke seluruh tubuh ketika mandi. Saat pertama kali penggunaan sabun, hasilnya memang belum terlihat karena sel-sel kulit mati masih menumpuk. Tetapi setelah digunakan beberapa kali dengan pemakaian dua kali sehari, hasilnya sudah terlihat. 

Sementara krim malam yang mengandung AHA sangat efektif untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari, asap rokok dan polusi udara. Melangsingkan. lnfused water juga dianggap dapat membantu melangsingkan tubuh. Mengenai pelangsingan, menurut dr. Florentina, tidak cukup dilihat dengan minum infused water saja, tetapi juga harus dilihat bagaimana asupan makanan sehari-hari. Misalnya apakan asupan makan menjadi berkurang karena seseorang banyak minum air‘atau infused water. Jika kondisinya demikian maka tentu saja berat badan berkurang..

Jadi, minum infused water sebenarnya boleh-boleh saja, namun sebaiknya tetap menjaga pola makan seimbang agar tetap sehat. Jika hanya minum infused water dan kemudian berat badan turun, maka menjadi tidak seimbang dan tidak sehat. Pola makan sehari-hari, termasuk ketika sedang berdiet, harus diperhatikan. Pola makan yang baik adalah ada asupan komponen zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Pilih makanan yang kalorinya rendah dan disesuaikan dengan aktivitas fisik agar penurunan berat badan terjadi.

Karbohidrat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Karbohidrat didapatkan dari nasi atau pasta. Pilih nasi yang berserat tinggi yaitu beras merah atau havermouth. Begitu juga dengan lemak dibutuhkan sebagai energi. Lemak ini memiliki komponen esensial yang diperoleh dari makanan. Protein juga dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang cukup untuk pembentukan hormon-hormon dan imunitas. Protein dapat diperoleh dari makanan hewani atau nabati, dengan cara memasak dipepes dan dikukus. Sementara vitamin dan mineral diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan. Sementara lemak didapatkan dari tumisan dan protein hewani seperti ikan. Untuk asupan cairannya minimal dua liter per hari.

Jika seseorang hanya minum infused water, tetapi asupan protein dan lemaknya kurang maka akibatnya ketika tubuh melakukan “pembongkaran” dan melakukan perbaikan sel-sel, maka yang dibongkar adalah lemak dan protein. Dalam jangka panjang jika asupan protein kurang, maka ketika terjadi “pembongkaran” tidak berefek baik bagi tubuh. Jika “pembongkarannya” terlalu berat maka bisa memengaruhi otot hati dan ginjal. Otot pernapasan dan otot jantung juga bisa terkena dampaknya.

Selain asupan gizi tercukupi, sebaiknya juga makanan yang dikonsumsi bervariasi. Pasalnya, tidak ada satu pun jenis makanan yang paling bagus. Semakin bervariasi dan semakin berwarna-warni makanan yang dikonsumsi maka akan semakin bagus. Sementara infused water diminum seperti minum air putih biasa, tetapi ada rasa buahnya sehingga lebih segar.

Jika ingin menurunkan berat badan, maka sebaiknya batasi karbohidrat sederhana seperti gula dan batasi asupan lemak. Kebutuhan menu setiap orang berbeda-beda, dihitung berdasarkan usia, aktivitas, berat badan, dan tinggi badan. Dianjurkan diimbangi dengan olahraga yang membakar lemak, yaitu olahraga yang intensitas sedang dan tidak unaerobik atau olahraga yang membuat ngos-ngosan atau kekurangan oksigen. Contoh olahraga yang dianjurkan adalah aerobik, seperti jalan, sepeda, berenang dan lain-lain. Berat badan yang dianjurkan turun 3-4 kg sebulan atau 1 kg per minggu.

Detoksifikasi. Di samping melangsingkan, infused water dikatakan para artis berfungsi sebagai detoksifikasi atau membuang racun di dalam tubuh. Misalnya infused water lemon yang dikatakan dapat menghilangkan racun-racun di dalam tubuh jika diminum secara teratur. Menanggapi hal itu, dr. Florentina mengatakan sebenarnya di dalam medis tidak ada istilah detoksifikasi. Tetapi prosesnya adalah, racun-racun di dalam tubuh biasanya dibuang melalui air seni. Jika seseorang banyak minum, maka pembuangan air seni akan lancar. Jadi, metabolisme-metabolisme yang tidak kita perlukan bisa terbuang melalui urin. Begitu pula komponen makanan yang tidak diperlukan tubuh juga akan dibuang menjadi kotoran melalui saluran cerna.

Sebaliknya jika pembuangan tidak lancar maka terjadi konstipasi atau tidak bisa buang air besar. Akibatnya zat yang beracun tertinggal di usus besar dan terserap sehingga mengganggu aktivitas karena perutnya began. Umumnya konstipasi terjadi karena asupan cairan kurang. Meski sudah banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran, tetapi jika kurang asupan cairan maka bisa terjadi konstipasi. Jadi, jika seseorang minum infused water maka dia meningkatkan konsumsi cairan. Inilah yang kemudian akan membantu proses pembuangan air besar dan air seni secara lancar. Proses inilah yang disebut banyak orang sebagai proses detoksifikasi.

Dimakan Langsung. Dr. Fiorentina mengatakan, nilai nutrisi infused water tidak sebagus ketika makan buah-buahan secara langsung. Buah-buahan akan lebih bagus nutrisinya jika dipotong-potong, lalu langsung dimakan. Dengan demikian buah tidak teroksidasi dan tidak ada nutrisi yang rusak. Sementara jika buah-buahan dibuat infused water kemudian dimasukkan ke dalam air selama beberapa jam dan dibiarkan terbuka pasti akan ada perubahan dalam nilai gizinya.

Ketika minum infused water, mungkin ada sedikit vitamin yang larut dalam air yang bisa diperoleh. Namun, komponen zat gizi lainnya harus tetap diperhatikan. Memang jika dilihat buahnya masih terlihat segar meski sudah dimasukkan ke dalam air selama beberapa jam. Namun jika dilihat dari sisi molekul air sudah terjadi oksidasi dari komponen yang ada di dalam buah-buahan. Ibarat buah yang sudah terlalu matang atau bonyok. Bonyok terjadi karena ada enzim yang pecah sehingga ketika mengonsumsi infused water enzim-enzim tersebut semakin berkurang.

Selain dimakan langsung, buah-buahan seperti kiwi, nanas, strawberry dan lain-lain bisa diblender tanpa gula. Meski diblender, campuran buah-buahan tersebut bukan dijus, tetapi buah dimakan bersama seratnya. Jika air dan seratnya dikonsumsi maka bias melancarkan buang air besar dan penyerapan makanan yang masuk lebih baik, serta gula darah akan naik perlahan-lahan.

Buah-buahan sebaiknya setiap hari dimakan lima porsi. Begitu pula dengan sayur-sayuran. Satu porsi buah-buahan adalah satu potong buah atau jika pepaya, semangka, pir dan lain-lain, ukuran satu porsi adalah satu slice. Sementara satu porsi sayur-sayuran adalah sayurannya saja 1/2 sampai 3/4 gelas aqua dan airnya bisa lebih banyak, tergantung selera. Atau satu piring gado-gado, karedok atau rujak pengantin yang banyak sayur-sayurannya, tetapi bumbu kacangnya dikurangi karena bumbu kacang adalah lemak.

Buah-buahan dan sayur-sayuran dimakan pada pagi hari, sebagai selingan, saat makan siang, sebagai selingan, dan makan malam. Buah-buahan yang dimakan langsung dan dikunyah akan membuat lebih kenyang. Tetapi jika ingin diblender sebaiknya dicampurkan beberapa macam buah-buahan seperti apel, pir, kiwi dan lain-lain. Buah-buahan ini sebaiknya dimakan sebelum makan, karena enzim-enzim yang ada di dalam buah-buahan membantu pencernaan. Setelah makan buah-buahan baru makan sayur-sayuran, kemudian nasi dan lauk pauknya.

Konsumsi. Infused water bisa dikonsumsi setiap hari, namun jangan berlebihan saat mengonsumsinya. Tetapi menurut dr. Intan tetap ada kadar tertentu yang boleh dikonsumsi, tergantung kekuatan seseorang. Pasalnya, ada yang terkena diare setelah minum infused water karena terlalu banyak buah-buahan yang dijadikan infused water.

Takaran misalnya 100 gr atau 2 cangkir kecil buah yang dicampurkan dengan 1 liter air. Atau 5-10 potong buah per 100 ml air. Semuanya dimasukkan ke dalam wadah seperti botol atau topies, lalu setelah itu ditutup dan disimpan di lemari es. Sebelum digunakan sebagai infused water, buah-buahan sebaiknya dicuci bersih. Begitu pula dengan wadah botol atau toplesnya harus dalam keadaan bersih. Lalu gunakan air matang.

Tidak ada masalah jika infused water diminum dalam jangka panjang. Tetapi sebaiknya buah-buahannya diselang-seling setiap 2-3 hari agar efeknya lebih bagus. Perhatikan juga buah-buahan yang digunakan dalam membuat infused water. Jika seseorang memiliki sakit maag kronis, maka sebaiknya tidak mencampurkan jeruk nipis dengan lemon karena dikhawatirkan kondisi perut tidak terlalu kuat.

Ketika membuat infused water sebaiknya tidak menggunakan gula. Infused water lebih segar diminum dalam keadaan dingin karena sensasinya lebih sejuk. Tetapi harus dilihat juga tidak semua buah-buahan baik digunakan untuk infused water karena tidak semua bisa bertahan lama. Buah-buahan yang dipilih harus aman dikonsumsi dalam waktu tiga hari. Infused water dapat bertahan selama maksimal tiga hari di kulkas. Biasanya setelah dua jam dimasukkan ke dalam kulkas, infused water siap diminum.

Buah-buahan yang dapat digunakan untuk infused water adalah buah-buahan yang bertekstur. keras seperti strawberry blueberry lemon, jeruk nipis, mentimun, anggur, dan lain-lain. Tetapi nanas dan nangka tidak cocok dimasukkan ke dalam infused water karena kandungan alkoholnya cukup tinggi pada nangka dan pada nanas tingkat keasamannya cukup tinggi, sehingga dikhawatirkan bisa merusak lambung. Selain itu, nanas juga buahnya lembek dan mudah teroksidasi. Tidak juga dianjurkan buah yang lembek dan rasanya terlalu manis seperti buah pisang. Semangka juga tidak dianjurkan karena buahnya lembek dan sudah mengandung banyak air. Begitu pula dengan apel, meski teksturnya keras tetapi apel mudah teroksidasi dan berubah warna. Buah lain yang tidak dianjurkan adalah jambu klutuk dan durian.

Berikut kombinasi buah-buahan untuk infused water yang bisa cligunakan:
1. Mentimun, jeruk nipis dan lemon.
2. Strawberry dan kiwi.
3. Lemon clan jeruk nipis
4. Teh hijau, daun mint dan jeruk nipis.
5. Strawberry, lemon dan basil
6. Jeruk dan blueberry
7. Sitrus dan mentimun
8. Strawberry, jeruk lime dan mentimun
9. Sitrus dan daun ketumbar
10. Rosemary dan anggur
11.Raspberry rose petal dan vanilla
12. Blueberry dan lavender
13. Kiwi dan mentimun
14. Melon dan raspberry
15. Blueberry, delima dan lime
16. Kiwi dan air kelapa
17. Jeruk, anggur, lemon dan mentimun
18. Raspberry clan strawberry

19. Blueberry, lemon dan rosemary 

Meski banyak manfaat yang dikatakan didapat dari infused water, namun menurut dr. Intan, selama ini belum ada penelitiannya. Misalnya mengenai berapa lama harus dikonsumsi sehingga terlihat hasilnya. Namun memang yang dipercaya dari infused water adalah regularitas atau konsumsi yang teratur. Kartika, Palupi (Info Kecantikan)

1 komentar: