Thursday, November 20, 2014

Berbagai Jenis Bedak Tabur Sesuai Dengan Fungsinya

Hampir seluruh wanita menggunakan bedak, baik itu bedak tabur ataupun bedak padat sebagai make up wajib harian. Dan memang bedak dapat berfungsi untuk memberikan hasil akhir kulit yang lembut, halus, tidak kasar, serta menutupi kekurangan pada kulit. Meski terkesan simpel, penggunaan bedak pun harus tepat dan disesuaikan dengan jenis kulit. Seperti apa?

Penggunaan make up yang cantik dengan bedak merata membuat kulit wajah Anda terlihat halus dan lebih cerah. Meski bedak merupakan make up rutin digunakan setiap hari, tetapi ternyata banyak wanita yang tidak bisa membedakan antara bedak padat dengan bedak tabur. Terkadang pemakaian bedak yang tidak sesuai dengan jenis kulit justru membuat tampilan wajah menjadi tidak sempurna, bahkan bisa menimbulkan efek samping seperti komedo dan jerawat.

Jenis Bedak. Di pasaran memang terdapat dua jenis bedak yaitu bedak tabur dan bedak padat. Kedua bedak ini memiliki tekstur yang sangat berbeda.
  • Bedak Padat atau Compact Powder. Bedak padat merupakan jenis bedak yang bervvujud padat karena proses pemadatan dengan tekanan dan memiliki tekstur yang agak berat. Bedak padat ini dapat digunakan dengan cara mengusapkan spons atau kuas pada bedak. Biasanya bedak padat ini sudah ditambahkan foundation seningga lebih mudah menempel pada kulit dan sifatnya lebih kuat.
  • Bedak Tabur atau Loose Powder Bedak tabur merupakan bedak yang dibuat dengan komposisi yang sama dengan bedak padat namun tidak dipadatkan. Bedak tabur umumnya memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan dengan bedak padat. Bedak tabur ini digunakan dengan menaburkan bedak di atas spons ataupun menyapukan ujung kuas ke permukaan bedak agar tidak menimbulkan debu.

Sesuai Jenis Kulit.
Penggunaan bedak tabur ataupun bedak padat harus disesuaikan dengan jenis kulit. Dijelaskan oleh dr. Erliswita Reza, dokter kecantikan, saat ini telah dibuat beberapa tipe bedak untuk masing-masing jenis kulit yang berbeda, yaitu jenis kulit kering, berminyak, kombinasi dan sensitif. Berikut penjelasannya:
  1. Kulit Kering. Untuk kulit wajah yang cenderung kering sebaiknya menggunakan bedak padat. Pasalnya, bedak padat memiliki formula untuk menjaga kelembaban kulit, yang disebut moisturizer atau pelembab. Teksturnya yang mudah menempel sangat cocok digunakan dalam jangka waktu lama dan hasilnya lebih merata pada kulit wajah.
  2. Kulit Berminyak. Untuk kulit wajah yang cenderung berminyak sebaiknya menggunakan bedak tabur, karena tekstur dari bedak tabur yang sangat ringan sehingga dapat melekat sempurna pada kulit wajah, serta mengurangi produksi minyak pada wajah sehingga terlihat mengkilap. Bedak tabur juga cocok digunakan oleh mereka yang berusia di atas 40 tahun karena bedak tabur ini dapat melekat sempurna pada kulit wajah yang telah berkerut atau keriput.
  3. Kulit Berjerawat. Untuk kulit wajah yang berjerawat sebaiknya menggunakan bedak tabur karena tekstur dari bedak tabur yang lebih ringan, tidak lengket dan tidak tebal sehingga mudah dihapus kembali. Selain itu, untuk kulit wajah yang berjerawat sebaiknya memiliki bedak yang tidak mengandung zat comedogenic Seperti lanolin dan pewangi. Sebaliknya pilih bedak yang tercantum non- comedogenic.
  4. Kulit Normal. Untuk ienis kulit wajah yang normal bisa menggunakan kedua jenis bedak, bedak tabur maupun bedak padat. Tetapi, mereka akan lebih bagus jika menggunakan bedak padat karena ketahanan bedaknya lebih lama dlbandingkan dengan bedak tabur. Hal yang Diperhatikan. Selain memilih bedak sesuai dengan jenis kulit, sebelum membeli produk kosmetik terutama bedak ada hal-hal lain yang harus diperhatikan. Apa saja? Berikut penjelasannya: Memperhatikan komposisi yang terkandung dl dalam bedak, misalnya apakah bedak yang mengandung zat comedogenic ataupun non-comedogenic. Kandungan utama bedak wajah adalah talc, kanji, karbonat anorganik, zinc stearat, kaolin, serta untuk kulit yang berjerawat mengandung asam salisilat. Perhatikan tanggal kadaluwarsa dari bedak. Masa kadaluvvarsa bedak adalah 1-2 tahun, sehingga jika tidak tertera masa kadaluwarsanya berarti kualitas bedaknya kurang baik. Palupi (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment