Sunday, November 9, 2014

Mengenal dan Merawat Struktur Kulit Bayi

Mengenal dan Merawat Struktur Kulit Bayi
Konsultan: Dr. dr. Rini Sekartini, SpA (K), dokter spesialis anak (konsultan) dari Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Kulit bayi memang memiliki struktur yang berbeda dengan kulit orang dewasa. Selain lebih lembut, kulit bayi juga akan lebih sensitif dibandingkan dengan anak dewasa. Hal yang pertama dapat Anda lakukan agar cara perawatan tidak saling Anda terlebih dahulu harus mengenal bagaimana struktur kulit bayi itu seperti apa barulah melakukan perawatan yang tepat untuk bayi anda. Struktur kulit bayi yang baru lahir memiliki kulit yang sangat sensitif. Sesuatu yang sebenarnya tidak mempunyai efek yang berarti pada kulit sensitif orang dewasa, sementara pada kulit bayi bisa mempunyai efek yang besar. Lingkungan tempat bayi berada merupakan salah satu faktor penting dalam perawatan kulit bayi. Handuk, selimut, seprai, pakaian, merupakan bahan-bahan yang selalu bersentuhan dengan kulit bayi. Pastikan selalu mencuci semua bahan dan alat tersebut dengan sabun bayi.

Sedangkan untuk perawatan kulit bayi, pertama yang dapat dilakukan dengan memulai dari kegiatan sehari-hari. Kedua, mandikan bayi secara teratur dua kali sehari sekaligus dengan membersihkan rambut. Ketiga, mengganti popok atau baju pada saat yang tepat. Jika terlalu lama mengenakan popok atau baju terlebih dalam keadaan basah karena air kencing atau keringat, dikhawatirkan kulit bayi akan iritasi yang nantinya menimbulkan bintik kemerahan. Perhatikan juga penggunaan popok. Penggunaan popok baik popok sekali pakai atau popok tradisional harus lebih cermat Untuk pemakaian popok sebaiknya popok yang memiliki daya serap baik sehingga tidak menimbulkan iritasi dan tidak menghambat gerakan dan perkembangan bayi.


Keempat, pada saat mandi Anda harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut seperti suhu air disesuaikan dengan umur anak, gunakan sabun bayi yang lunak, gunakan sampo bayi dan keringkan badan secara perlahan sampai benar-benar bersih. Yakinlah bagi Anda yang baru pertama kali memiliki bayi dengan cara mengenal karakter bayi dan cara perawatan Anda tak perlu khawatir atau takut memegang atau salah merawat bayi Anda. Palupi (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment