Sunday, November 16, 2014

Radang Tenggorokan Sembuh Dengan 4 Bahan Alami

Radang Tenggorokan Sembuh Dengan 4 Bahan Alami
Radang tenggorokan bisa menyerang siapa saja terutama mereka yang memiliki imunitas tubuh rendah. Rasa sakit pada tenggorokan bagi sebagian orang tentu akan sangat menyiksa. Selera makan bisa hilang dan aktivitas terganggu jika tidak segera diobati. Mengatasinya tak harus selalu dengan obat kimia. Ternyata banyak tanaman yang dipercaya mampu menyembuhkan radang tenggorokan seperti mahkota dewa, adas, kencur dan jeruk nipis. Nah seperti apa?

Musim pancaroba dapat menyebabkan sistem imun melemah hingga tubuh rentan terserang penyakit. Radang tenggorokan adalah salah satu penyakit yang dapat dengan mudah menyerang siapa pun, pria ataupun wanita. Penyakit ini juga tidak mengenal usia, karena bisa menyerang dari usia balita hingga usia lanjut. Banyak orang beranggapan radang tenggorokan termasuk penyakit ringan. Namun ternyata penyakit ini mampu memengaruhi organ di sekitarnya.

Radang tenggorokan sering disebut sebagai faringtis. Penyakit radang tenggorokan disertai rasa kering pada area tenggorokan, bengkak dan sakit. Gejala lain yang ditimbulkan adalah rasa nyeri, gatal di tenggorokan, hingga menimbulkan rasa sulit atau nyeri ketika menelan. Radang tenggorokan memang dapat mengganggu aktivitas seseorang. Penyakit ini bisa membuat selera makan menjadi hilang. Tidak hanya itu, kadang berbicara pun menjadi sulit karena suara serak atau hilang.

Penyebab radang tenggorokan bisa berbagai macam, mulai dari virus, bakteri, alergi, infeksi, hingga karena sistem imunitas yang menurun. Virus yang masuk ke dalam tubuh akan memengaruhi imunitas dalam tubuh. Walaupun dipengaruhi daya tahan tubuh, pada umumnya virus akan mengalami masa inkubasi selama 5 hingga 7 hari. Sebaliknya jika sistem imun memburuk tubuh akan merasakan gejala-gejala hanya dalam waktu 1 hingga 5 hari.

Gangguan radang tenggorokan lebih sering disebabkan oleh virus dibandingkan bakteri. Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri akan menimbulkan rasa nyeri di bagian tenggorokan. Bakteri yang sering mengancam radang tenggorokan adalah streptococcus. Alergi juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Zat yang dapat menyebabkan alergi disebut alergen, seperti musim hujan, ruangan ber-AC, debu, makanan, dan minuman.

Bahan Alami. Biasanya orang yang menderita radang tenggorokan langsung berinisiatif untuk memeriksakan diri berobat ke dokter. Pada banyak kasus, sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus dapat hilang dengan sendirinya. Menurut dr. Fira Amaris, M.Si, herbalis, pengobatan sakit tenggorokan dapat dilakukan dengan meminum obat tradisional yang mudah diperoleh di sekitar tempat tinggal. Beberapa bahan tersebut, adalah: 

1. Mahkota Dewa
Tanaman yang memiliki nama latin Phaleria Macrocarpa ini dikatakan sebagai salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Buah mahkota dewa mengandung beberapa zat adiktif, yaitu alkaloid, saponin, flavanoid, dan polifenol. Alkaloid bersifat sebagai detoksifikasi yang dapat menetralisir racun dalam tubuh. Saponin bermanfaat untuk sumber anti bakteri dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Flavanoid berfungsi sebagai antioksidan dan melancarkan peredaran darah. Sedangkan polifenol berfungsi sebagai antialergi. Tidak hanya itu mahkota dewa berfungsi sebagai antiinflamasi atau antiradang.

Cara mengolah mahkota dewa Cukup mudah. Siapkan 4 batang kayu manis, 8 cangkang mahkota dewa, jeruk nipis, jahe, serta 400 cc air. Setelah itu rebus & bahan-bahan tersebut hingga mendidih Setelah hangat, tambahkan perasan 1/2 hingga 1 jeruk nipis ke dalam gelas lalu minum. Ramuan ini bisa diminum 3 kali sehari. Untuk mendapatkan hasil maksimal bisa meminum ramuan mahkota dewa sebanyak 2 hingga 3 Kali sehari. Ramuan ini dapat diminum sebelum atau sesudah makan. Sebaiknya untuk anak-anak dan ibu hamil tidak minum ramuan mahkota dewa ini. Kalaupun ingin minum ramuan ini harus berada di bawah pengawasan dokter. Apabila radang tenggorokan sudah mulai membaik, ramuan ini boleh tetap diminum satu kali sehari sebagai pencegahan.

2. Adas
Tanaman adas dipercaya sebagai salah satu tanaman yang dapat menyembuhkan radang tenggorokan. Tanaman yang memiliki nama latin Foeniculum vulgare Mill dapat bermanfaat untuk beberapa penyakit. Daun yang berbau aromatik dapat berkhasiat untuk peluruh kencing atau diuretik dan membantu menyehatkan mata. Herba berkhasiat sebagai anti muntah atau antiemetik. Akar daun adas dapat digunakan juga sebagai pencahar dan diuretik. Sedangkan minyak dari buah adas berkhasiat sebagai stimulan, antibakteri, dan obat cacing atau antelmintik.

Cara pengolahan adas cukup mudah. Ambil buah adas sebanyak 3 hingga 9 gr lalu rebus hingga mendidih. Setelah itu minum airnya. Cara lain yang dapat dilakukan giling buah adas hingga halus lalu seduh dengan air sampai mendidih lalu minum. Ramuan ini dapat diminum sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore hari sebelum makan. Untuk ibu hamil dan anak-anak tidak sebaiknya tidak minum ramuan ini. Apabila radang tenggorokan sudah sembuh boleh tetap melanjutkan meminum ramuan adas ini.

3. Kencur
Masyarakat Indonesia tentu tidak asing lagi dengan salah satu tanaman yang berasal dari wilayah Asia Tenggara ini. Selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur, kencur pun dapat digunakan untuk menjaga stamina. Sejak dulu, kencur sangat sering digunakan sebagai obat tenggorokan. Tidak hanya itu, kencur juga bisa digunakan sebagai obat kembung. Kencur mengandung pati, mineral minyak atsiri, sineol, pincence, camphene, carvone, asam anisic, ethyl, dan lain-lain. Kandungan inilah yang membuat kencur dapat digunakan untuk menjaga kesehatan.

Cara penggunaan kencur untuk radang tenggorokan cukup mudah.Ambil 2 rimpang kencur lalu tambahkan 1 cangkir air hangat. Setelah itu peras dan saring kemudian minum. Apabila tidak senang dengan rasa kencur bisa ditambahkan dengan madu. Kencur ini pun dapat dikunyah langsung. Caranya adalah dengan mengupas kencur lalu kunyah. Air Kencur dapat ditelan dan ampasnya dapat dibuang. Lakukan ini setiap pagi secara rutin. Kencur aman untuk anak kecil hingga orang yang berusia lanjur. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan konsumsi kencur terlalu banyak karena dapat menimbulkan sifat halusinogenik.

4. Jeruk Nipis
Tidak hanya kencur, masyarakat indonesia pun sepertinya sudah tidak asing lagi dengan jeruk nipis. Tanaman yang berasal dari kepulauan Hindia Timur ini biasa digunakan sebagai penyedap makanan. tidak hanya itu, ternyata jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai obat tradisional ataupun campuran bahan jamu. Jeruk nipis memiliki rasa pahit, asam, dan sedikit dingin. Selain berfungsi untuk obat radang tenggorokan, jeruk nipis dapat juga berfungsi sebagai obat batuk, peluruh dahak, peluruh keringat, dan membantu proses pencernaan.


Untuk mengobati radang tenggorokan bisa dengan memeras 1 hingga 2 buah jeruk nipis lalu langsung diminum. Jeruk nipis ini aman diminum oleh anak-anak hingga orang berusia lanjut. Namun yang perlu diperhatikan adalah orang yang memiliki penyakit maag. Untuk orang yang memiliki penyakit maag, sebaiknya sebelum meminum jeruk nipis dapat makan terlebih dahulu untuk menghindari rasa nyeri. Niken Wulandari (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment