Tuesday, November 4, 2014

Tai Chi Membuat Sehat, Cantik dan Langsing

Tai Chi Membuat Sehat, Cantik dan Langsing
Diet yang sehat tidak akan berhasil dengan baik tanpa didukung dengan olahraga kulit tubuh terlihat lebih kendur dan berat badan bisa kembali melonjak. Salah satu olahraga yang belakangan sedang disukai banyak orang adalah tai chi atau taiji. Olahraga yang dilakukan dengan gerakan lembut, perlahan dan lambat ini ternyata memang memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Olahraga tai chi sebenarnya sudah banyak dilakukan dan populer sejak tahun 1980-an. Dijelaskan oleh Suhu Handaka Tania, master tai chi dari Perguruan Alam Semesta, tai chi termasuk olahraga bela diri atau self defence, yang merupakan bagian dari olahraga wushu dan merupakan olahraga seni beladiri China kuno.

Banyak manfaat yang diperoleh dengan melakukan olahraga tai chi. Berdasarkan teori jing qi shen dalam tai chL dengan tai chi berarti kita memurnikan energi. Sesudah nu dimurnikan lagi menjadi shen atau mind atau disebut juga pusat kesadaran pikiran atau spiritual energy. Jika shen kuat maka seseorang dapat mengatasi atau menyeleksi apa yang namanya enam indra dan tujuh macam energi, yang bila dijumlahkan menjadi 13 elemen.

Jika ke-13 elemen ini menguasai pikiran seseorang, maka membuatnya merusak atau mematikan. Selain itu, jika seseorang tidak bisa mengontrol indera keenam, yaitu bentuk pikiran dan perasaan,   maka seseorang tidak bias mengontrol pikirannya. Misalnya seseorang mudah menangis dan sedih. Dengan latihan tai chi maka hal-hal tersebut dimurnikan dengan lebih baik. Seorang yang melakukan tai chi pun bisa lebih relaks, ceria dan pikirannya lebih tenang, serta awet muda.

Olahraga tai chi membuat seseorang menjadi sehat dan lebih relaks. Jika seseorang sehat dan lebih relaks maka kecantikan dari dalam tubuhnya akan terpancar. Alhasil, terlihat lebih cantik dan menarik, serta hati lebih senang dan ceria. Setelah berlatih tai chi juga akan timbul perasaan tenang, segar dan berenergi.

Dengan tai chi memang tidak ada keringat dan kelelahan, tetapi sebaliknya Anda akan terlihat bersemangat dan sehat. Dengan tai chi maka dapat meningkatkan sirkulasi energi kehidupan atau chi di dalam tubuh. Tai chi adalah seni dari kekuatan atau tenaga dalam Tenaga dalam adalah kekuatan yang ada di dalam diri yang dapat dilatih untuk keperluan kesehatan dan pertahanan diri atau self defence. Selain untuk kesehatan, tai chi juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan keseimbangan atau fleksibilitas, mengurangi kecemasan dan depresi, serta meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi sakit kronis.

Gerakan Tai Chi. Dasar gerakan tai chi adalah relaksasi. Gerakan-gerakan yang dilakukan dari ujung kepala ningga ujung kaki merupakan pengenduran. Tai chi bukan merupakan latihan berat yang memeras tenaga, tidak ada melompat atau berlari, yang ada hanya mengendurkan tubuh. Tai chi digambarkan sebagai meditasi dengan gerakan lambat, yang dapat menghubungkan antara pikiran dan tubuh. Dengan meningkatkan ketenteraman dan ketenangan maka akan membawa perubahan besar.

Tai chi juga dapat membantu mengurangi stres akibat kesibukan dan meningkatkan kesehatan secara umum. Dengan melakukan tai chi maka akan membawa kedamaian dalam diri dan kesadaran, sebagai aspek dari meditasi. Tai chi yang dapat meningkatkan kedamaian dalam diri dan kesadaran dapat terlihat dari fokusnya dalam gerakan lambat dan pernapasan perut (abdominal). Kombinasi tersebut menciptakan relaksasi dan ketenangan. Selain itu, stres, ketegangan dan kecemasan juga hilang sebagai fokus keberhasilan Gerakan tai chi yang lemah gemulai dan lambat dapat merasakannya lebih dalam. Keuntungannya adalah membawa kesadaran diri.

Di samping itu, tai chi dipercaya dapat meningkatkan kekuatan ketika kita mengendurkan tubuh. Hal ini bertentangan dengan pendapat konvensional yang menekankan besarnya penggunaan otot untuk meningkatkan kekuatan. Mengendurkan tubuh bukan berarti kita menyerah atau kalah, tetapi berkaitan mengenai pikiran yang lebih bersih dan perasaan menjadi kuat. Jika tubuh relaks, maka kita dapat menyerap kekuatan lawan, kemudian menggunakannya untuk membuat orang tersebut kalah.

Olahraga tai chi memiliki ratusan gerakan dan posisi, dengan ciri-ciri tradisional seperti Chen, yang, Wu/hao, Wu dan sun. Ada banyak gaya di dalam tai chi tetapi sebenarnya semuanya memiliki prinsip yang sama, termasuk dasar cara berdiri atau sikap mental dan filosofi. Meski gaya tai chi bervariasi namun semua gaya memberikan manfaat terutama membantu kesehatan secara umum. Tai chi aman untuk semua usia karena gerakannya low-impact yang bisa mengurangi stres otot dan lipatan.

Di dalam tai chi, kaki selalu berporos di bumi, seperti tubuh dan tangan yang lemah gemulai, sadar dan rangkaian gerakan yang mengambil bentuk fisik. Setiap postur gerakan mengalir ke gerakan selanjutnya tanpa sela dan keterikatan dengan pikiran menjadi penting. Dengan relaks, maka gerakan yang dilakukan menggunakan pikiran, bukan otot. Gerakan tai chi juga banyak berputar di poros atau pinggang.

Manfaat berputar di poros atau pinggang adalah energi yang membuat relaks dan kuat. Relaks dalam arti bukan pasrah dan menyerah, tetapi relaks mengikuti hukum alam sehingga dengan relaks seseorang menjadi kuat dan sulit dijatuhkan. Selain itu, seseorang juga lebih bisa mengendalikan emosi dan sabar sehingga lebih sehat dan organ-organ tubuh bekeria dengan lebih baik. Seseorang yang tidak bisa mengendalikan emosi maka bisa memancing penyakit. Dengan tai chi seseorang juga bisa lebih bertoleransi dan memiliki sikap-sikap yang baik dalam kehidupan.

Dengan gerakan lambat di dalam tai chi maka seseorang dapat lebih menghayati gerakan dan sensasi-sensasi yang ada di dalam tubuh. Dengan gerakan yang lembut dan pelan di dalam tai chi, membuat seseorang lebih relaks. Jika seseorang relaks maka tubuh akan bekerja lebih harmonis dan seseorang sehat. Misalnya, keseimbangan bisa lebih dilatih dan tenaga juga menjadi lebih mantap. Meski gerakan tai chi lambat bukan berarti tai chi enteng dilakukan. Pasalnya, dengan gerakan lambat kita bisa lebih menghayati gerakan dan sensasi-sensasi yang ada di dalam tubuh. Misalnya, keseimbangan bisa lebih dilatih dan tenaga juga lebih mantap.

Lantas apakah tai chi bisa membuat tubuh menjadi langsing? Sebenarnya tidak langsung melangsingkan, tetapi biasanya seseorang akan lebih sehat dengan berlatih tai chi. Jika ingin langsing, maka sebaiknya tidak hanya melakukan tai chi tetapi juga harus melakukan diet atau mengatur pola makan. Namun dengan tai chi seseorang bisa lebih mengontrol nafsu makannya karena seperti penjelasan sebelumnya tai chi bekerja di enam indera termasuk indera pengecapan.


Gerakan yang bisa digunakan untuk melangsingkan misalnya jongkok ke bawah dan berlatih napas alami sehingga perut bisa lebih kecil. Kemudian di dalam warming up-nya dilakukan latihan memutarkan pinggang, dengan gerakan kaki dan tangan harus relaks. Untuk mendapatkan manfaat dari tai chi, sebaiknya dilakukan setiap hari selama 1/2-1 jam. Kartika (Info kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment