Tuesday, November 25, 2014

Memilih Sampo Sesuai Karakter Rambut

Memilih Sampo Sesuai Karakter Rambut
Sampo biasa digunakan untuk membersihkan rambut ketika keramas. Manfaatnya tidak hanya untuk membersihkan kotoran yang melekat pada rambut seperti sebum, keringat dan debu, tetapi juga dapat membuat rambut lebih bersih, indah dan mudah ditata. Namun, hal itu didapat jika memilih sampo yang tepat dan sesuai karakter rambut. Sebaliknya jika salah memilih sampo, ,rambut bisa menjadi rusak. Bagaimana cara memilih sampo yang sesuai jenis rambut?

Sampo adalah suatu zat yang terdiri atas surfaktan, pelembut, pembentuk busa, pengental yang berguna untuk membersihkan kotoran pada rambut dan kulit kepala. Dengan sampo, maka saat ini cara menjaga kebersihan rambut memang terbilang cukup mudah. Pemakaian sampo yang tepat saat melakukan keramas dapat membuat rambut langsung bersih dari sebum, keringat dan kotoran lain seperti debu yang sering kali membuat rambut mengeluarkan bau tak sedap bahkan terasa gatal jika sudah terlalu lama tidak keramas.

Karena itu sangat perlu menggunakan sampo ketika keramas. Banyaknya produk sampo yang beredar di pasaran kerap membuat bingung untuk memilih sampo mana yang cocok untuk rambut. Terlebih produk-produk sampo yang ada menawarkan keunggulan masing-masing dengan menjanjikan hasil yang bagus dan luar biasa. Tak jarang sebagian orang memilih untuk sekadar mencoba-coba produk sampo karena rasa penasaran dari hasil sampo 4 tersebut. Namun sayangnya karena adanya rasa penasaran maka seseorang kerap berganti-ganti sampo. Hal tersebut bukannya membuat rambut indah dan sehat, justru sebaliknya rambut yang tadinya normal menjadi rusak, rontok bahkan patah atau pun bercabang.

Sesuai Karakter. Memilih sampo harus tepat. Menurut Andiyanto, hairstylist, hal utama yang harus dilakukan dalam memilih sampo adalah mengenali terlebih dulu karakter rambut yang dimiliki. Misalnya, jenis rambut normal, kering, berminyak, berketombe, rambut yang diwarnai dan rambut yang di-smoothing.

Dengan karakter-karakter rambut yang berbeda tersebut, maka berbeda pula sampo yang harus digunakan. Selain karakter, hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih sampo adalah jenis kulit kepala yang dimiliki, misalnya kulit yang normal atau sensitif. Sesudah itu, baru menggunakan sampo yang sesuai kandungannya dengan karakter rambut.

Selain itu, perhatikan juga apakah rambut bermasalah atau tidak. Biasanya wanita lebih sering mengalami masalah rambut seperti ketombe, kering, Kusam, berminyak, lepek dan rontok. Berikut beberapa cara memilih sampo sesuai karakter rambut:

1. Rambut Kering. Jika memiliki karakter rambut kering maka pilin sampo yang mengandung lebih banyak pelembab dan nutrisi. Lebih bagus memilih sampo yang terdapat kandungan seperti almond atau minyak zaitun agar lebih lembut. Selain itu, pilih formula dari sampo harus lembut.

2. Rambut Berminyak dan Lepek. Jika rambut berminyak dan lepek, sebaiknya pilih sampo khusus yang dapat membersihkan minyak dan lemak pada kulit kepala untuk masalah rambut berminyak. Pilihlah jenis clarifying shampoo untuk tipe rambut berminyak karena dapat mengurangi kandungan minyak yang berlebih pada kulit kepala sehingga rambut tidak berkesan lepek atau basah.

3.Rambut Berketombe. Jika memiliki masalah rambut ketombe, sebaiknya Anda menggunakan sampo khusus untuk rambut berketombe. Sebaiknya pilih kandungan dari sampo terdapat tiga zat, seperti salicylic acid, selenium sulfide, dan pyrithione zinc. Ketiga zat tersebut berguna mengangkat sel-sel kulit mati, menghaluskan rambut dan sebagai antiinflamasi sehingga rambut kembali normal dan ketombe yang kerap timbul bisa hilang.


4.Rambut Coloring atau Diwarnai. Rambut yang sering melakukan coloring tentu tidak boleh sembarangan menggunakan sampo, karena tipikal rambut yang coloring atau diwarnai biasanya lebih kering dibandingkan dengan rambut yang tidak diwarnai. Untuk itu, sebaiknya Anda selalu menggunakan sampo khusus rambut diwarnai sesuai dengan produk yang digunakan untuk mewarnai rambut. Sebaiknya Anda menggunakan kondisioner untuk melembabkan, melindungi dan mempertahankan warna rambut serta memberikan kelembutan dan kilau rambut yang sempurna. Palupi (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment