Saturday, November 22, 2014

Awet Muda Dengan Masker Kol dan Tepung Beras

Awet Muda Dengan Masker Kol dan Tepung Beras
Awet muda tentu didamba setiap wanita, yang ditandai dengan kulit kencang. Namun, faktor lingkungan seperti polusi udara, stres terhadap pekerjaan, serta tidak rajin membersihkan wajah bisa menimbulkan masalah kulit seperti penuaan dini. Jika abai dirawat maka kulit akan kusam dan cepat mengendur. Mencegah masalah penuaan dini dan mencerahkan kulit bisa dilakukan menggunakan bahan alami seperti kol atau kubis dan tepung beras yang dijadikan masker. Ampuhkah hasilnya?

Kulit dan semua jaringan di dalam tubuh akan mengalami regenerasi sel baru sepanjang hidup. Namun faktor usia menyebabkan kemampuan kulit untuk beregenerasi menjadi menurun. Alhasil timbul penuaan seperti kulit menjadi kendur, muncul garis-garis halus, timbulnya kantung di bawah mata dan hilangnya kekencangan kulit. Hal ini disebabkan karena kolagen yang merupakan protein produksinya semakin menurun atau semakin sedikit.

Oleh sebab itu perawatan wajah rutin sangat diperlukan, seperti berbagai perawatan dan produk antiaging yang ditawarkan di klinik-klinik kecantikan. Namun, treatment tersebut biayanya tidak murah. Jika budget terbatas, Anda masih bisa kok untuk melakukan perawatan kecantikan. Bahan alami seperti kol atau kubis dan tepung beras bisa dijadikan masker untuk mencegah penuaan.

Kandungan. Kol atau kubis merupakan sayuran yang tidak asing, kerap dijadikan berbagai menu masakan. Kubis mengandung vitamin penting seperti B1, B6, A, B, C, K, dan atioksidan yang disebut indole-3-Karbonil berfungsi mencegah penuaan dini. Kubis juga mengandung mineral yang bermanfaat untuk kecantikan antara lain kalsium, iodium, sulfur, magnesium dan zat besi.

Menurut herbalis Dian Gianti Noor, kol atau kubis sangat baik digunakan untuk bahan kecantikan. Selain mengandung banyak vitamin, kubis juga mempunyai antioksidan yang baik yang dapat mencegah penuaan dini. Kubis telah dikenal dapat melembabkan wajah, terutama bagi yang mempunyai kulit wajah kering. Kubis juga dapat melembabkan kulit, sehingga wajah awet muda tanpa keriput dan kulit kendur. Kubis yang dicampur dengan tepung beras juga memiliki manfaat yang baik untuk memutihkan dan mencerahkan wajah secara alami.

Masker Kol. Membuat masker kol sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Ada dua cara membuat masker kol untuk mencegah penuaan dan mengencangkan kulit, yaitu:
  • Ambil kol atau kubis segar lalu dihaluskan dengan cara diblender ataupun ditumbuk. Setelah halus, ambil 4 sdm kol dan campurkan 2 sdm tepung beras dan 1 butir putih telur. Bahan-bahan tersebut diaduk hingga rata dan dijadikan pasta. Masker kol lalu dioleskan secara merata pada wajah yang telah dibersihkan. Masker kemudian didiamkan selama 15-20 menit agar kandungan masker lebih meresap ke dalam kulit. Setelah itu masker dibersihkan dengan air dingin.
  • Beberapa helai dari daun kol segar dihaluskan seperti jus, kemudian ditambahkan 3 genggam tepung beras yang sudah jadi. Bisa juga digunakan tepung beras yang dibuat sendiri, yaitu dengan merendam beras selama semalaman, lalu dihaluskan dan dicampurkan dengan kol yang sudah dihaluskan. Kemudian tambahkan 1 sdt ragi atau pilihan lain seperti madu, yoghurt, perasan kentang dan jeruk nipis. Lalu diaduk sampai rata seperti pasta, baru kemudian dioleskan pada wajah dan leher, lalu didiamkan selama 15 menit. Selanjutnya wajah dicuci bersih.

Setelah menggunakan masker, sebaiknya memakai pelembab jika diperlukan. Masker kol dan tepung beras sebaiknya rutin dilakukan seminggu sekali. Setelah 1-3 bulan, hasilnya akan terlihat maksimal yaitu kulit kencang dan awet muda. Tidak ada efek samping selama pemakaian tidak berlebihan dan benar. Karena itu, sebelum digunakan cobalah sedikit masker kol untuk mencegah timbulnya gejala alergi dengan bahan masker tersebut.

Manfaat Lain. Masker kol juga bisa digunakan untuk mencerahkan wajah. Kol dikombinasikan dengan bengkuang, air perasan kentang, madu, dan air teh yang telah didiamkan semalaman. Gunakan masker ini seminggu sekali. Alhasil, kulit wajah kencang dan cerah. Masker kol juga sangat baik untuk melembabkan dan mencegah kulit dari kekeringan. Di samping itu, masker kol juga bisa mengatasi masalah kulit berminyak. Yaitu dengan tambahkan air perasan jeruk nipis atau yoghurt untuk mengurangi sebum atau minyak pada wajah.

Kol juga dapat digunakan sebagai masker untuk merangsang pertumbuhan rambut karena mengandung vitamin A. Kol dibersihkan, lalu dihaluskan dengan mencampurkan air perasan jeruk lemon. Lalu gunakan sebagai masker, sembari rambut dan kulit kepala dipijat perlahan-lahan agar kandungan masker meresap ke dalam kulit kepala dengan sempurna. Selanjutnya bilas dengan air bersih.

Untuk mencegah rambut rontok, kombinasikan kol dengan mentimun yang kaya kandungan silikon dan sulfur sehingga bisa menguatkan rambut. Cara membuatnya, 30 ml jus mentimun dicampurkan 30 ml jus kol. Setelah bercampur, gunakan sebagai masker rambut. Kemudian pijat secara perlahan-lahan kulit kepala dengan lembut agar nutrisi dari kol dan mentimun terserap. Lalu bilas dengan air bersih.


Selain untuk kecantikan, kol atau kubis juga bermanfaat untuk kesehatan seperti melancarkan peredaran darah, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menjaga kesehatan mata dan menurunkan berat badan. Kol yang rendah kalori dan tinggi serat ini dapat mengurangi kelebihan lemak di dalam tubuh. Itulah yang dibutuhkan untuk kesehatan serta berperan penting untuk menunjang kecantikan. Koes Anindya (Info Kecantikan)

1 komentar:

  1. salah satu sayuran favorite ku bisa dibikin masker juga ya??boleh dicoba nih

    ReplyDelete