Tuesday, July 9, 2013

11 Cara Rambut Kering Mudah Diatur

Rambut yang sangat kering, selain terlihat tidak bagus karena pecah-pecah, bercabang, kusam dan kusut, juga tidak rapi dan sulit ditata. Terkadang rambut terlihat begitu mengembang, namun sulit diatur. Lalu bagaimana membuat rambut kering menjadi terlihat rapi dan mudah diatur?

Rambut yang kering identik dengan kusam, bercabang, pecah-pecah, Kusut, terlalu mengembang dan sulit diatur. Rambut kering berkaitan dengan kelembaban alami rambut yang telah hilang. Menurut dr. I Ketit Sukarata, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, rambut kering disebabkan oleh faktor internal dan eksternal.

Faktor internal antara lain keturunan atau genetik dan stres. Stres memengaruhi hormon yang ada di dalam tubuh, yang membuat tubuh tidak sehat sehingga kinerja tubuh tidak seimbang, termasuk bagian rambut. Selain itu, mereka yang kekurangan gizi seperti vitamin A, C dan E, mineral seperti zinc, selenium, dan lipolytic acid, serta antioksidan yang banyak terdapat dalam sayur-sayuran dan buah-buahan, juga akan mengalami rambut kering. Vitamin, mineral, dan antioksidan membantu sirkulasi darah dalam kulit dan bagian tubuh lain, sehingga jika kekurangan nutrisi maka tidak akan sampai ke rambut sehingga rambut menjadi kering.

Sementara faktor eksternal penyebab rambut kering adalah karena proses styling rambut kering adalah karena proses styling rambut yang berlebihan, seperti penggunaan catok dan hairdryer. Pemakaian alat catok yang terlalu sering dengan suhu panas dapat merusak kutikula dan lapisan seratin yang terdapat pada kulit sehingga lemak menjadi hilang, akibatnya kulit kepala dan rambut menjadi semakin kering.

Begitu juga perawatan rambut yang tidak sesuai seperti salah menggunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut bisa membuat rambut kering. Sering melakukan blow rambut yang menggunakan bahan-bahan kimia yang mengandung alkohol juga menyebabkan rambut kering, karena alkohol bersifat melarutkan lemak atau minyak sehingga rambut menjadi kering.

Penggunaan obat-obatan seperti perwarnaan rambut, pengeritingan rambut dan pelurusan, rambut dapat membuat rambut menjadi kering karena kutikula rambut akan mengalami perubahan dan fungsi kutikula menjadi tidak maksimal untuk melindungi rambut. Karena itulah rambut menjadi kering. Begitu pula orang yang sering berada di bawah sinar matahari seperti di pantai yang panas, udara ekstrem dan udara kering. Aktivitas berenang di kolam renang juga mengandung klorin sehingga mengakibatkan rambut menjadi semakin kering.

Mengatasi Rambut Kering. Cara mengatasi rambut kering agar kembali normal menurut Alfons, hairstylist ternama Indonesia adalah:
  1. Pilihlah sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut. Setelah keramas sebaiknya menggunakan kondisioner pada bagian ujung rambut agar rambut tidak kering dan pecah-pecah. Untuk memaksimalkan perawatan rambut agar tidak kering, sebaiknya menggunakan kondisioner tanpa bilas (leave in conditioner) atau serum setiap hari.
  2. Melakukan creambath dan hairspa untuk melindungi rambut dari kerusakan rambut seperti rambut kering. Creambath berfungsi untuk membantu mengatasi rambut yang kering karena fungsinya untuk melembabkan rambut karena dapat mengaktifkan kelenjar minyak. Sementara hair spa berfungsi untuk memberikan asupan nutrisi khusus sehingga rambut menjadi lembab sehingga baik digunakan untuk perawatan rambut kering.
  3. Menggunakan masker rambut yang sesuai dengan jenis rambut minimal seminggu sekali.
  4. Jika melakukan pewarnaan rambut, pelurusan dan pengeritingan maka gunakan vitamin khusus untuk melindungi rambut agar tidak kering akibat pemakaian bahan-bahan kimia dan gunakan bahan yang tidak mengandung alkohol.
  5. Ketika menggunakan alat styling rambut seperti mencatok ataupun mem-blow rambut dan mengeringkan rambut dengan hairdryer sebaiknya menggunakan suhu yang tidak terlalu panas. Dan sebelum menggunakan alat-alat tersebut sebaiknya gunakan vitamin khusus rambut seperti kondisioner dan vitamin lainnya.
  6. Minyak marocco dan argan yang terdapat dalam kandungan bahan alami seperti ekstrak bunga mawar dikenal sangat bagus untuk kesehatan rambut karena mengandung vitamin E. Untuk mengatasi rambut kering sebaiknya minyak ini digunakan sesudah keramas, yang dioleskan pada rambut pada keadaan rambut setengah kering. Oleskan bagian akar dan ujung rambut secara merata, lalu diamkan selama beberapa menit dan kemudian rambut disisir.
  7. Minyak zaitun juga mengandung vitamin E dan antioksidan sehingga dapat membantu melembabkan rambut yang kering dan rusak. Untuk mengatasi rambut kering, pijatkan daerah kepala dengan minyak zaitun selama 30 menit, sesudah itu rambut dibilas menggunakan air hingga bersih, kemudian dikeramas.
  8. Minyak Santan kelapa juga dapat mengatasi rambut kering karena mengandung kalsium, lemak Omega 3, serat, dan protein. Fungsinya adalah melembabkan kulit kepala dan meningkatkan kesehatan rambut sehingga dapat mengatasi rambut kering. Caranya, oleskan minyak Santan kelapa ke rambut dan kulit kepala, lalu sambil dipijat agar lebih meresap. Sesudah itu diamkan selama 15 menit, lalu dibilas menggunakan air bersih. 
  9. Untuk menata rambut kering agar terlihat lebih rapi, sehabis keramas rambut dalam keadaan setengah kering. Sebaiknya rambut digulung terlebih dahulu, kemudian dikeringkan dengan handuk dan biarkan kering dengan sendirinya. Setelah kering barulah rambut di-blow dengan tiga lapis dan dua tingkatan agar terlihat mengembang dan lembut secara alami. Dianjurkan sebelum menggunakan alat blow oleskan vitamin morocco ataupun argan sebagai pelindungnya.
  10. Treatment dengan keratin yang dilakukan oleh tenaga profesional. Keratin adalah protein berserat yang berada di dalam sel-sel epidermis dan zat penyusun rambut. Keratin ini dibuat oleh keratonosit (sel-sel yang membentuk jaringan epidermis, kulit di bagian luar). Treatment diawali dengan mencuci rambut agar kotoran pada rambut hilang, kemudian dicampurkan dengan krim khusus agar keratin meresap. Sesudah itu, keratin dioleskan secara merata pada rambut dan didiamkan beberapa saat agar keratin meresap. Sesudah itu, rambut dikeringkan dengan hairdryer suhu sedang. Dan agar rambut tidak kering sebelum menggunakan hairdryer, rambut diberi vitamin seperti minyak marocco dan argan.
  11. Treatment ole-relax yang menggunakan teknologi antifrizz, nutria-huile yang dapat menutrisi rambut, melembutkan rambut dan melenturkan setiap helai rambut yang kasar dan kering, kaku dan sukar diatur sehingga lebih mudah ditata ekstra lembut dan berkilau. Rangkaian treatment ole-relax terdiri dari sampo, masker dan serum. Untuk mendapatkan hasil yang baik, sebaiknya treatment ini dilakukan rutin minimal seminggu sekali dan sebaiknya dilakukan oleh tenaga profesional di salon. Amrikh Endah Palupi .

Sumber: Info Kecantikan

0 komentar:

Post a Comment