Sunday, October 13, 2013

Atasi Jerawat Dengan Bersihkan Wajah Menyeluruh

Wanita tidak akan lepas dari yang namanya make up, sekalipun wajahnya bermasalah make up harus tetap menempel di wajah. Selain menambah kepercayaan diri, make up juga dapat menutupi  kekurangan dan membuat penampilan lebih baik. Tetapi apakah masalah kulit pada wajah hanya cukup ditutupi make up saja, tentu saja tidak, semua wanita pasti tahu fakta tersebut. Make up hanya menutupi bukan mengatasi, alangkah baiknya jika kita merawat kulit wajah kita, maka tampilan akan menjadi sempurna.

Ada anggapan bahwa make up dapat memperburuk masalah pada kulit, terutama masalah jerawat. Jerawat akan menjadi parah jika ber-make up. Biasanya masalah kulit yang timbul karena pemakaian make up bukan disebabkan oleh produk make up sendiri, melainkan akibat pembersihan yang tidak sempurna serta perawatan wajah yang salah. Sebenarnya tidak masalah menggunakan make up, hanya saja perlu diperhatikan adalah pembersihan dan perawatan wajah.

Untuk kasus jerawat tertentu yang parah, dokter biasanya menyarankan untuk tidak menggunakan make up terlebih dahulu, agar pengobatannya optimal. Tidak jarang banyak klien yang mengeluhkan hal ini, karena mereka merasa tidak percaya diri dengan tampilan wajah yang cenderung berminyak dan mengkilap apabila sedang dalam masa pengobatan, karena efek dari penggunaan krim tertentu. Sebenarnya jika ditelaah lebih jauh lagi, dokter juga menciptakan bedak khusus atau minimal foundation khusus yang direkomendasikan untuk masalah wajah berjerawat. Bukan sekadar iklan atau bisnis semata, tetapi bedak dan foundation yang dibuat ada kandungan tertentu yang dapat membantu mengurangi problem jerawat.

Ada dua keuntungan yang didapat dari sini, Anda tetap dapat berpenampilan lebih baik, di sisi lain juga sekaligus mengurangi masalah jerawat karena efek pengobatan dari produk tersebut. Maka alangkah baiknya jika wajah Anda bermasalah dengan jerawat, konsultasikan dengan dokter ahli yang tepat.

Dalam hal membersihkan wajah, perlu diingat bahwa karena Anda memakai make up, ada dua langkah membersihkan muka yang harus dilakukan :

Pertama, membersihkan make up secara menyeluruh menggunakan susu pembersih atau cleansing milk, cleansing balm, atau cleansing oil, sesuai dengan jenis kulit. Pastikan tidak ada make up yang tersisa di wajah.

Kedua, Setelah make up dibersihkan dengan cleansing milk, lanjutkan dengan membersihkan muka dengan sabun muka sehingga pori-pori bersih sempurna. Proses ini disebut double cleansing. Setelah wajah dibersihkan keringkan dengan handuk lembut. Lalu semprotkan toner untuk mengembalikan pH alami pada kulit.

Jangan sampai Anda malas membersihkan wajah, apalagi jika make up masih menempel pada kulit, pori-pori akan tersumbat oleh sisa make up tersebut, dan dapat memperparah jerawat. Pembersihan yang tidak sempurna saja bisa menimbulkan masalah pada kulit, apalagi kalau wajah tidak dibersihkan sama sekali, bisa dibayangkan, bukan? Perawatan mingguan, lakukan scrub seminggu dua kali, jangan sembarangan menggunakan scrub, apalagi untuk kondisi wajah berjerawat. Ada scrub khusus yang cocok untuk kondisi ini, gunakan scrub halus (without granule), Anda dapat menanyakan pada dokter ahli mengenai scrub yang cocok untuk kulit berjerawat. Anda juga dapat menggunakan masker seminggu sekali. Ada berbagai macam bentuk masker gunakan pula masker yang cocok untuk kondisi kulit berjerawat.

Perawatan bulanan, lakukan perawatan facial secara rutin sebulan sekali, untuk pembersihan lebih dalam dan pengangkatan komedo, agar wajah bersih maksimal, sekaligus mencegah timbulnya jerawat.


Jika Anda merawat kulit dengan tepat, maka problem jerawat sebenarnya dapat dihindari, sekalipun Anda menggunakan make up, hal ini tidak akan mengganggu sama sekali, kecuali dari produk make up-nya sendiri yang menyebabkan ketidakcocokan pada kulit. Tanyakan pada dokter ahli mengenai make up yang cocok untuk kondisi wajah Anda. (Femme)

0 komentar:

Post a Comment