Monday, October 6, 2014

16 Tips Agar Payudara Indah dan Sehat

    16 Tips Agar Payudara Indah dan Sehat
  1. Menggunakan bra yang tepat sejak usia dini. Bra berfungsi sebagai alat penutup dan mempertahankan bentuk payudara. Kesalahan memilih bra akan menarik payudara atau jaringan ikat sehingga semakin kendur. Karena itu pilih bra yang ukurannya pas dan memiliki penyangga, serta menutupi seluruh payudara.
  2. Ketika berolahraga, gunakan bra khusus olahraga sehingga dapat menahan guncangan ke atas dan ke bawah ketika berolahraga.
  3. Sebelum tidur lepaskan bra agar payudara dapat bergerak bebas ketika kita tidur.
  4. Melakukan olahraga khusus dada untuk menguatkan otot-otot dada, sekaligus menegakkan punggung atau bahu serta memperoleh hasil sempurna tulang belakang lurus, secara rutin. Olahraga yang dapat dilakukan adalah senam-senam rutin atau terapi dansa yang memungkinkan tangan banyak bergerak, seperti tango, waltz dan lain-lain.
  5. Menjaga kesehatan kulit payudara, misalnya tidak menggunakan bra yang menyebabkan rasa gatal hingga infeksi dan berubah warna menjadi kemerah-merahan.
  6. Mengoleskan krim khusus payudara atau minyak zaitun pada payudara untuk menjaga kelembaban kulit di daerah payudara sembari mengoleskan lakukan pemijatan ringan dan lembut pada payudara. Pilih krim payudara yang cara kerjanya tidak sampai ke pembuluh darah seperti hidrokinon karena dapat merusak ginjal.
  7. Rutin melakukan pembersihan puting payudara secara rutin menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan air hangat terlebih dulu. Membersihkan payudara harus dilakukan dengan hati-hati dan penuh kelembutan karena kulit di sekitar puting sangat peka dan lembut. Sebaiknya tidak menggunakan sabun yang berlebihan di sekitar puting. Beberapa jenis sabun menyebabkan kulit payudara menjadi Kering.
  8. Jika kulit di sekitar payudara kering, maka gunakan pelembab ringan dan oleskan di seputar kulit yang kering.
  9. Rutin melakukan massage payudara dan masker payudara, yang bisa dilakukan di rumah ataupun di klinik kecantlkan.
  10. Menjalani pola hidup sehat dengan banyak makan sayur-sayuran, buah-buahan, serta air mineral minimal dua liter per hari. Kurangi penggunaan bumbu penyedap, perasa, pewarna dan pengawet.
  11. Konsumsi vitamin, suplemen, dan herbal. Vitamin yang dianjurkan seperti squalin atau minyak hati ikan hiu yang bagus untuk peredaran darah. Bisa juga mengonsumsi kapsul kebalet, kapsul jintan hitam, minyak primerose, minyak zaitun, VCO dan bipollen.
  12. Agar payudara tidak turun, pilih makanan yang sehat, fresh dan dimasak tidak terlalu matang agar elastisitas kulit terjaga. Makanan junkfood dapat membuat kulit tidak sehat, cepat tua dan keriput.
  13. Pada wanita hormon estrogen dan hormon progesteron harus dijaga keseimbangannya dengan cara minum susu kedelai, jus wortel, apel dan tomat, serta madu, royal jelly, jahe merah, adas manis, umbi teki, kunyit, asam, temulawak dan kencur.
  14. Makan wild yam (ubi kayu atau singkong) yang direbus atau dikukus, ubi jalan gembili, tahu, tempe dan kemangi. Bahan-bahan tersebut sebaiknya di konsumsi setiap hari karena dapat merangsang hormon estrogen sehingga kekencangan payudara terjaga.
  15. Berpikiran positif terhadap diri sendiri. Mereka yang pendendam dan mudah sedih mudah berisiko terkena kanker payudara.
  16. Melakukan pemeriksaan payudara secara teratur minimal dua tahun sekali dengan USG atau mammograh. Terutama bagi mereka yang usianya di atas 30 tahun, serta memiliki latar belakang keluarga yang menderita kanker payudara. Pemeriksaan payudara juga bisa dilakukan di rumah sendiri (pemeriksaan “Sadari”) dengan cara berbaring dan raba dengan gerakan memutar, rasakan apakah ada benjolan-benjolan yang tidak wajar Sebaiknya hal ini tidak dilakukan pada saat menstruasi (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment