Monday, October 27, 2014

Buah Naga Bisa Cegah Penuaan

Buah Naga Bisa Cegah Penuaan
Tidak sekadar dinikmati atau disantap sebagai menu pencuci mulut, buah naga yang kaya akan kandungan vitamin dan zat gizi lain memiliki manfaat luar biasa bagi kecantikan. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi udara. Seperti apa selengkapnya?

Buah naga atau juga disebut dragon fruit merupakan buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Seiatan dan Amerika Tengah serta sudah banyak dibudidayakan di negara Asia seperti Filipina, Malaysia, Vietnam dan indonesia. Bentuk yang biasanya ditemui pada buah naga adalah oval dengan warna kulit buah merah dan dikelilingi sejenis sisik menyerupai naga dan berwarna hijau.

Kandungan gizi yang terdapat dalam buah ini pun sangat tinggi di antaranya vitamin dan mineral. Dari berbagai sumber, disebutkan dalam 100 gram buah naga mengandung air 83 g, vitamin C 9 mg, zat besi 0,65 mg, fosfor 36,1 mg, kalsium 8,8 g, lemak 0,61 g, karoten 0,012 g, niacin 0,43 mg, protein 0,229 g, riboflavin 0,045 mg, serat 0,9 g dan energi 60 kalori.

Diuraikan Mochamad Rachmat, S.K.M., M.Kes, Lektor Kepala (Ilmu Gizi) Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta ll, berdasarkan kandungan gizi yang terdapat dalam buah naga, maka buah naga memiliki beberapa manfaat di antaranya membantu menyembuhkan penyakit kanker karena mengandung antioksidan. Buah ini disarankan untuk dikonsumsi penyandang diabetes karena rendah energi, mempercantik penampilan karena mengandung vitamin C.

Selain itu, buah naga merah dapat membantu menjaga kesehatan kulit bahkan buah serta kulitnya dapat digunakan sebagai bahan lulur, membantu mencegah penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang karena buah naga merah mengandung banyak kalsium organik, membantu menurunkan kadar kolesterol darah karena mengandung vitamin B3.

Untuk Kecantikan. Selain melalui proses metabolisme kandungan zat gizi yang terdapat dalam buah naga yang terkait dengan proses regenerasi sel-sel kulit. Untuk perawatan kulit, tubuh memerlukan vitamin C yang cukup, antioksidan dan karoten. Karena semuanya akan mendukung kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan demikian, buah naga dapat digunakan sebagai lotion untuk wajah dan tubuh.

Berikut manfaat buah naga bagi penampilan dan kecantikan kulit:

1. Meningkatkan Kecantikan Kulit Wajah. Untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit wajah, buah naga selain dikonsumsi dapat dibuat scrub buah naga sedernana. Cara membuatnya, ambil beberapa potong daging buah naga kemudian diblender dan dicampur dengan kuning telur sebagai perekat untuk mengencangkan kulit wajah. Pergunakan pada wajah secara merata dan bilas setelah 20 menit dengan air hangat.

2. Anti Penuaan. Vitamin A (dalam bentuk karoten), vitamin B (niasin dan riboflavin) dan vitamin C yang banyak ditemukan dalam buah naga merupakan antioksidan dan pendetoksifikasi yang baik. Manfaat ini akan menjaga kulit tetap segar dan cerah serta bebas dari tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus. Likopen juga memiliki fungsi melindungi sei yang sehat dari racun sisa metabolisme dan pencemaran yang menumpuk dalam tubuh.

3. Perlindungan Kulit dari Ultraviqlet (UV). Buah naga mengandung Vitamin C dan likopen yang berwama merah. Likopen adalah antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi lingkungan. Satu buah naga menyediakan kurang lebih 3,2 gram likopen.

4. Sebagai Toner Kulit Alami. Konsentrasi zat gizi seperti vitamin dan mineral yang tinggi dalam buah naga efektif untuk meningkatkan tekstur kulit, mengencangkan kulit kendur dan menghidupkan kembali elastisitas kulit yang hilang. Dengan demikian dapat membantu menjaga kulit agar tetap kencang, segar dan bebas kerut. Kualitas astringent buah naga akan menjaga kulit terbebas dari vlek, jerawat dan keriput.

5. Pengobatan Masalah Kulit. Vitamin C yang terdapat dalam buah naga juga berkontribusi untuk meregenerasi kolagen (substansi yang memberikan ketegasan pada kulit). Sehingga sangat baik untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit. Selain itu, dapat membantu menghilangkan lingkar hitam di mata, iritasi jerawat dan bintik hitam.

Langsung Dikonsumsi. Bagi Anda yang makin penasaran untuk tampil cantik dengan buah naga, ada baiknya buah naga langsung dikonsumsi dalam bentuk buah segar. Alasannya, karena kandungan gizi yang terdapat di dalamnya tidak berkurang akibat proses pengolahan. Bagi yang tidak terlalu senang mengonsumsi buah secara langsung, dapat diolah menjadi jus atau olahan lainnya yang penting jangan terlalu banyak menggunakan gula pasir. Penggunaan gula gula pasir. Penggunaan gula pasir akan meningkatkan energi dan memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga dapat menyebabkan naik atau turunnya kadar gula darah secara cepat.

Untuk mencapai hasil maksimal, dalam mengonsumsi makanan khususnya buah naga termasuk buah atau bahan makanan lainnya tidak dianjurkan dikonsumsi secara terus menerus. Tujuannya agar makanan yang dikonsumsi menjadi beragam. Frekuensi yang dianjurkan cukup 2-3 kali per minggu agar dapat bergantian atau dikombinasikan dengan jenis buah yang lain. Pada dasarnya buah naga dapat dikombinasi dengan buah apa saja karena secara kandungan zat gizi buah mengandung vitamin dan mineral yang tidak saling kontraindikasi jika dikonsumsi secara bersama-sama.


Jika ingin meningkatkan asupan vitamin C yang baik bagi kulit, maka konsumsi buah naga dapat dikombinasikan dengan jambu biji. Sedangkan jika ingin meningkatkan asupan vitamin A, maka dapat dikombinasikan dengan buah yang berwarna kuning kemerahan. Pada umumnya, tidak ada efek samping untuk mengonsumsi buah naga. Kecuali bagi Anda yang mengalami alergi terhadap buah tersebut. Namun, jika buah naga diolah menjadi segelas jus, maka kurang baik dikonsumsi oleh penyandang gagal ginjal yang harus membatasi asupan kalium dan cairan. Widi (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment