Monday, September 29, 2014

Masker Lidah Buaya Dapat Lembabkan Kulit

Masker Lidah Buaya Dapat Lembabkan Kulit
Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kecantlkan dan kesehatan Mulai dari menghilangkan ketombe membersihkan kulit kepala menebalkan rambut dan menghilangkan bekas luka pada kulit Tndak hanya itu lidah buaya juga dapat mencerahkan wajah, menghilangkan komedo dan mencegah timbulnya keriput. Karena daging lidah buaya mengandung antibakteri, vitamin serta moisturizer tinggi yang dapat melembabkan juga menutrisi kulit, sekaligus membuat kulit halus. Apa lagi manfaat lainnya?

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Mulai dari merawat, menebalkan hingga melembutkan rambut, mempercepat penyembuhan luka, jus pengganti diet, mengurangi iritasi seperti ruam-ruam merah, kulit terbakar karena sinar matahari dan menghilangkan bekas luka. Lidah buaya juga berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel baru. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes melitus, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker dan penderita HIV/AIDS.

Selain untuk kesehatan, lidah buaya juga berkhasiat untuk kecantikan wajah. Seperti melembabkan, mencerahkan, mencegah keriput, menghaluskan, menutrisi, membuat kulit lebih kenyal, menghilangkan jerawat, menghilangkan komedo dan mencerahkan. Lidah buaya juga dipakai sebagai bahan dasar produk pembersih wajah, krim untuk mencukur rambut, krim untuk meredakan bengkak, sabun pencuci muka, krim pelembab kulit kaki, detoksifikasi kulit dan scrub untuk mengelupaskan kulit kasar.

Menurut herbalis dr. Agus Rahmadi, M.Si, lidah buaya mengandung banyak air, serat, gel, higroskopis, enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida, dan saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba. Dengan demikian kulit kering bisa kembali lembab serta ternutrisi dengan baik. Sementara kandungan lainnya, berfungsi mencerahkan, menjaga kelenturan, menghaluskan dan mencegah iritasi dan merangsang reepitelisasi kulit.

Cara membuat masker lidah buaya sangat mudah. Ambil dua buah lidah buaya ukuran sedang yang sudah dicuci bersih, belah menjadi dua bagian. Kemudian blend bersama sedikit air sampai halus. Setelah itu, oleskan pada wajah serta leher. Atau bisa juga dengan membelah lidah buaya jadi dua bagian lalu dioleskan secara langsung ke seluruh wajah. Kemudian diamkan selama 15 menit. Untuk perawatan, pakailah masker lidah buaya sehari 2 kali atau sesuai iklim, apabila cuaca sedang kemarau sebaiknya 3 kali dalam sehari.

Bagi pemilik kulit sangat kering, pakailah masker lidah buaya 2 sampai 4 kali sehari jika terpapar sinar matahari secara langsung. Selain itu imbangi dengan minum air putih 2 liter per hari. Tidak ada efek samping dalam pemakaian masker lidah buaya karena terbuat dari bahan alami. Namun apabila mempunyai kulit yang hipersensitif sebaiknya lakukan uji coba dengan mengoleskan sedikit masker lidah buaya ke bagian kulit tangan, dan tunggu selama 8 jam, jika tidak terjadi iritasi berarti masker Iidah buaya aman untuk dipakai.

Kulit Kering. Dr. Hardy Suwita, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin mengatakan, masker Iidah buaya memang bisa melembabkan kulit karena mengandung mineral, vitamin E dan gel yang membantu meregenerasi sel kulit baru, hanya saja harus diimbangi dengan pemakaian moisturizer atau sunblock sebelum beraktivitas. Untuk Anda yang tidak menggunakan make up, pemakaian moisturizer atau sunblock sebaiknya diulang per dua jam sekali, dengan terlebih dahulu mencuci wajah dengan air bersih. Sedangkan Anda yang ber-make up bisa mengaplikasikannya tiap empat jam sekali, dengan terlebih dulu membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah. Sebab, kandungan moisturizer akan terkikis jika terkena paparan sinar matahari terlalu lama.

Kulit kering bisa disebabkan karena jenis kulit yang dimiliki seseorang, paparan matahari secara langsung, polusi, pola hidup tidak sehat, faktor hormonal, merokok, pemakaian kosmetik dan facial wash yang tidak cocok, makanan yang tidak sehat, mengonsumsi alkohol, stress, kurangnya asupan gizi, kurang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan antioksidan, tidak melindungi kulit dengan memakai moisturizer atau sunblock, kurang minum air putih dan tidak telaten dalam melakukan perawatan kulit sehari-hari.


Pencegahan agar kulit tidak kering bisa dilakukan dengan cara memakai sunblock, pelembab, make up, pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit, memakai payung atau topi saat matahari terik, minum air putih dua liter per hari, konsumsi sayuran dan buah serta menghindari asap rokok, minuman beralkohol, begadang dan stress. Mencukupi asupan gizi, tidak terlalu sering mencuci wajah dengan sabun karena bisa menyebabkan kulit semakin kering dan tidak berada di luar ruangan terlalu lama juga bisa membantu mengatasi kulit kering. Nailul Iffah (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment