Tuesday, September 9, 2014

Liposuction Hilangkan Lemak di Bawah Dagu

Liposuction Hilangkan Lemak di Bawah Dagu
Banyak orang ingin memiliki wajah cantik dengan rahang yang terlihat indah. Namun, dagu yang berlipat sering kali menjengkelkan untuk sebagian orang. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan lemak di sekitar dagu. Sedot lemak atau liposuction adalah salah satu cara yang dapat dicoba untuk menghilangkan lemak dalam waktu singkat, termasuk lemak di daerah dagu. Benarkah?

Adanya tumpukan lemak pada bawah dagu untuk sebagian wanita merupakan hal yang menjengkelkan, karena dagu terlihat berlipat-lipat dan tidak sedap dipandang mata. Beberapa faktor bisa menjadi penyebab penumpukan lemak bawah dagu. Pertama adanya kelebihan air. Untuk sebagian wanita, lemak pada bawah dagu muncul selama masa kehamilan karena adanya kelebihan air dalam tubuh. Sama seperti bagian tubuh lain, dagu pun akhirnya bisa mengalami pembengkakan. Kedua, obesitas, karena ketika seseorang mengalami obesitas, maka lemak juga akan menumpuk di bawah dagu.

Dr. Elida Sari, SpBP, dokter spesialis bedah plastik menambahkan anatomi tubuh orang tentu berbeda-beda. Ada orang-orang yang memiliki leher besar sehingga membuat lemak pada leher terlihat menggantung. Lemak yang menggantung ini juga ada hubungannya dengan pola makan. Orang bertubuh gemuk memiliki kemungkinan lebih besar untuk terlihat seperti itu. Ada pula beberapa kasus yang terjadi turun-temurun dalam sebuah keluarga yang memiliki lemak di bawah dagu.

Penuaan pun dikatakan menjadi faktor adanya penumpukan lemak di bawah dagu. Terutama jika semasa muda sudah memiliki lemak di bawah dagu, maka keadaan akan semakin memburuk ketika tua nanti.
Biasanya orang yang memiliki banyak lemak adalah orang yang sudah memasuki usia 30 hingga 35 tahun, sehingga wanita harus mulai benar-benar peduli untuk melakukan perawatan kalau ingin tetap terlihat cantik.

Membuang Lemak. Menurut dr. Abdul Gayum, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, ada beberapa cara untuk membuang lemak di bawah dagu ini, dari wanita ingin hasil yang maksimal dalam waktu singkat. Kalau sudah begitu, liposuction adalah pilihan yang tepat karena treatment ini tidak membutuhkan waktu pengerjaan yang lama.

Liposuction atau biasa disebut sedot lemak adalah tindakan pembedahan yang dilakukan dengan cara menyedot lemak pada bagian tubuh tertentu untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diidamkan. Tujuan sedot lemak sendiri bukanlah untuk menurunkan berat badan melainkan hanya digunakan untuk mendapatkan lekuk tubuh yang lebih indah. Bagian tubuh seperti bawah dagu, leher, lengan, perut, dada, punggung, pinggang dan paha adalah area tubuh yang biasanya mengalami proses penyedotan lemak atau liposuction.

Cara kerja liposuction, pertama dengan menandai bagian yang ingin dilakukan proses penyedotan lemak. Proses penandaan tersebut dilanjutkan dengan membuat sayatan kecil pada bagian yang sudah ditandai. Sayatan yang terjadi sekitar 1/2 cm dekat dengan telinga lalu diteruskan ke bagian bawah dagu. Kemudian dilakukan suntikkan cairan untuk memudahkan proses penyedotan dan meminimalkan proses pendarahan saat terjadi penyedotan lemak. Setelah itu baru proses liposuction ini bisa dilakukan.

Setelah melalui proses penyedotan lemak, bagian bawah dagu akan dibungkus dengan menggunakan korset khusus (compress garment). Saat melakukan proses sedot lemak akan membuat rongga karena adanya pengambilan lemak. Korset ini digunakan untuk menekan agar daging bisa kembali menempel dengan kulit. Tidak hanya itu, pemakaian korset bermanfaat mengurangi pembengkakan dan nyeri pada saat pasien bergerak. Korset sebaiknya jangan dilepas hingga waktu sebulan lebih. Saat mandi disarankan untuk menggunakan korset.

Proses Pengerjaan. Menurut dr. Elida, proses pengerjaan liposuction tidak membutuhkan waktu lama. Proses persiapan hingga selesai hanya membutuhkan waktu 1-2 jam. Pengerjaan penyedotan lemak ini adalah sesuatu yang aman untuk dilakukan Walaupun di bagian bawah dagu, namun tidak berhubungan dengan saluran makan. Bagi Anda yang ingin melakukan liposuction sebaiknya datang ke tenaga ahli di bidangnya yaitu dokter spesialis bedah plastik, yang benar-benar mengerti cara pengerjaan liposuction. Diperlukan kehati-hatian yang ekstra untuk mengerjakan liposuction karena banyak terdapat syaraf-syaraf di bawah dagu.


Tidak ada larangan yang harus dilakukan setelah melakukan proses liposuction. Olahraga dapat tetap dilakukan asalkan tidak mengganggu bagian yang baru saja dioperasi. Namun, disarankan untuk tidak memakan makanan yang keras sehabis proses pengerjaan karena akan menimbulkan ketidaknyamanan. Setelah melakukan liposuction tetap harus menjaga pola makan Sebaiknya kurangi untuk asupan karbohidrat karena itulah yang nantinya akan berubah menjadi lemak. Selain itu, perawatan seperti massage, facial, dan pemakaian krim juga bisa dilakukan untuk membantu elastisitas dan kelenturan kulit. Niken Wulandari. (Info Kecantikan)  

0 komentar:

Post a Comment