Saturday, September 6, 2014

Bekas Jerawat Hilang Dengan Masker Jagung Muda

Bekas Jerawat Hilang Dengan Masker Jagung Muda
Belum banyak yang mengerahui jagung tidak hanya mengandung karbohidrat yang baik untuk kesehatan, melainkan juga mampu menghilangkan bekas jerawat. Betakaroten, vitamin E, B kompleks dan C yang terdapat di dalam jagung akan bekerja optimal menyehatkan dan mempercantik kulit. Kulit cantik dan bebas dari noda jerawat bisa didapatkan dari konsumsi jagung dan menggunakannya sebagai masker. Bagaimana caranya?

Siapa pun tentu tidak ingin bermasalah dengan noda bekas jerawat, gatal ataupun bekas cacar. Kulit wajah yang berjerawat atau pernah menderita cacar biasanya akan menimbulkan bekas noda hitam pada permukaan wajah; Hal ini tentu saja akan membuat kulit wajah tidak menarik. Untuk mengatasi hal tersebut banyak yang menggunakan kosmetik yang berbahan kimia sebagai obat untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut.

Namun jika tidak suka kosmetik yang berbahan kimia dapat menggunakan bahan alami yang tidak memiliki efek samping dan mudah ditemukan. Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah jagung muda. Tidak banyak yang mengetahui manfaat yang dapat diperoleh dari jagung muda. Jagung muda dapat menghilangkan bekas jerawat.

Kandungan Jagung. Jagung merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Jagung adalah salah satu sumber karbohidrat yang dapat diolah dengan berbagai macam cara. Zat-zat yang terkandung dalam jagung muda dapat dijadikan masker seperti, karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, C dan E. vitamin A yang terkandung dalam jagung merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh kulit dalam menjaga kelembaban elastisitas kulit dan mencegah terjadinya penuaan dini. Sementara Vitamin C yang terkandung dalam jagung juga membantu membangun jaringan ikat dan mencegah terjadinya jaringan parut pada kulit atau yang biasa disebut keriput.

Jagung yang biasa dikonsumsi dalam berbagai bentuk makanan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit, seperti menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Popularitas jagung yang bermanfaat untuk kecantikan dibuktikan dengan berbagai produk kecantikan yang menggunakan minyak jagung. Kandungan prokarotein yang terdapat dalam jagung muda ternyata dapat membantu dalam proses perbaikan struktur kulit dan regenerasi kulit. Tidak hanya itu kandungan zat alami dalam jagung muda mampu mengatasi munculnya jerawat baru dan tidak membuat kulit menjadi kering dan berminyak.

Penggunaan masker juga membuat tampilan wajah menjadi lebih cerah, segar dan sehat, Dan terbukti bahwa jagung dapat membantu mengangkat kotoran yang mengendap di permukaan kulit. Selain itu, jagung juga dapat menghilangkan bekas cacar air. Untuk jagung yang sudah tua berkhasiat untuk menyegarkan kulit wajah. Selain itu jagung juga berkhasiat untuk menyehatkan dan menjaga kecantikan kulit, menyehatkan mata, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, melawan kanker dan menjaga kesehatan syaraf. Dengan manfaat yang begitu banyak, maka jagung dapat dijadlkan alternatlf sebagai bahan untuk merawat kulit.

Masker Jagung. Dikatakan Suroto, herballs, jagung memang dapat digunakan sebagai bahan untuk masker yang berfungsi untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Namun perlu diketahui, sebaiknya penggunaan masker tersebut dilakukan pada bekas jerawat yang masih baru. Untuk dljadikan masker, sebaiknya gunakan jagung yang masih muda. Pasalnya, selain vitamin yang terkandung masih banyak, jagung yang masih muda juga mempunyai kandungan air yang tinggi.

Masker jagung dapat digunakan terhadap semua jenis kulit. Meskipun dapat digunakan sebagai masker tanpa campuran bahan lain, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya dicampur dengan bahan-bahan lain sebagai pemberi nutrisi tambahan. Penggunaan bahan masker jagung untuk jenis kulit berminyak, kering dan normal berbeda.

Untuk yang memiliki jenis kulit kering sebaiknya jagung muda yang telah dihaluskan dan dicampur dengan perasan jeruk nipis untuk memberikan nutrisi pada kulit yang kering. Jika suka bisa ditambahkan dengan putih telur, lalu oleskan pada wajah, diamkan selama kurang lebih 15-20 menit dan bilas. Untuk kulit berminyak, jagung muda yang telah diparut halus dicampurkan dengan buah stroberi yang telah dihancurkan terlebih dahulu dan tambahkan 2 sdm madu murni. Selanjutnya oleskan pada wajah, diamkan selama 15-20 menit dan bilas menggunakan air hangat.

Pemakaian masker jagung untuk kulit normal hampir sama dengan masker untuk kulit kering dan berminyak, masker untuk kulit normal, jagung muda yang telah diparut halus campurkan dengan potongan lidah buaya yang telah dihaluskan terlebih dahulu, campur dan ratakan, oleskan pada wajah dan diamkan 15-20 menit setelah itu bilas menggunakan air hangat.

Sebelum menggunakan masker sebaiknya wajah terlebih dahulu di-massage atau ditotok, yang berfungsi melenturkan wajah dan memperlancar peredaran darah. Dengan demikian masker yang digunakan juga akan bekerja secara maksimal dan menyerap pada kulit wajah. Penggunaan masker jagung untuk wajah dapat digunakan setiap hari pada pagi dan sore hari sebelum mandi Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya digunakan rutin selama satu bulan. Penggunaan jagung sebagai masker tidak menimbulkan efek samping, kecuall bagi yang alergi terhadap jagung.

Bekas Jerawat. Menurut dr.Citra Cahyarini, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, mengenai masker jagung untuk menghilangkan bekas luka, mungkin saja bisa. Namun masker bekerja hanya dl luar kulit dan tidak sampai ke dalam. Tetapi jika dengan menggunakan masker tersebut noda bekas jerawat dapat hilang maka dapat digunakan sebagai alternatif.

Selama ini, untuk menghilangkan bekas tersebut pertama peradangannya atau jerawatnya harus sudah tidak ada atau sembuh. Setelah itu baru bisa dilakukan tindakan seperti memberikan obat atau krim yang mengandung hidroquinon, namun dengan dosis yang diberikan oleh dokter untuk menghilangkan pigmentasi atau untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun pemakaian krim tersebut tidak ada jangka waktunya, Namun bisanya digunakan dalam waktu enam bulan. Pemakaian krim atau obat jerawat yang teratur dapat menghilangkan bekas jerawat. Namun selain pemakaian krim paling mudah adalah dengan treatment menggunakan laser.


Mengenai bekas jerawat, disebabkan karena adanya peradangan. Jika peradangan yang terjadi pada wajah sampai dalam atau sampai pada lapisan membran ambasalis pada epidermis yang akan merangsang melanosit atau sel penghasil pigmen pada kulit. Jika dia sampai dalam peradangannya maka penyembuhannya akan mengeluarkan pigmentasi, itu yang menyebabkan bekas jerawat menjadi hitam. Koes Anindya (Info Kecantikan)

2 komentar:

  1. nice info.. lumayan tuh jagung muda bisa buat masker tanpa modal yang banyak dan tanpa efek samping

    ReplyDelete
  2. ternyata selain enak dimakan dan digunakan untuk lauk ternyata jagung mempunyai manfat lain yang tak kalah hebatnya dengan herbal yang lain,...sippp

    ReplyDelete