Monday, September 29, 2014

Segudang Khasiat Daun Sirih

Segudang Khasiat Daun Sirih
- Atasi Jerawat, Bau Badan,  Bau Tak Sedap Miss V, Serta Haluskan dan Cerahkan Kulit
Memiliki kulit wajah halus, putih, bersih dan cerah menjadi dambaan setiap wanita. Timbulnya vlek hitam atau bekas jerawat terkadang mengganggu kepercayaan diri saat berhadapan dengan kawan atau lawan jenis. Tapi sekarang tidak perlu khawatir, daun sirih, tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan mampu menghaluskan kulit. Kandungan flavonoid dan antioksidannya mampu membuat kulit lebih bersih, putih dan cerah. Seperti apa?

Bagi wanita kecantikan wajah sangatlah penting untuk dijaga. Timbulnya jerawat terkadang menyisakan bekas seperti noda hitam yang sulit dihilangkan. Tidak hanya itu, bagi wanita dewasa vlek hitam menjadi masalah utama wajah yang sangat mengkhawatirkan. Karena sebagian besar wanita mengidamkan wajah halus, bersih, putih dan cerah. Tak heran, banyak wanita yang melakukan berbagai perawatan kecantikan dengan biaya yang tidak sedikit. Cara tradisionai pun dilakukan khusus untuk menghaluskan kulit. Seperti menggunakan masker alami dari buah-buahan semisal bengkuang, timun, dan tomat untuk membantu menghaluskan kulit. Namun, belum banyak yang mengetahui daun sirih yang terkenal berkhasiat untuk kesehatan, memiiiki kandungan flovanoid atau antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut dapat berfungsi membantu menghaluskan kulit wajah.

Daun Sirih. Daun sirih yang sudah terkenal khasiatnya sebagai obat alternatif untuk menghilangkan gatal-gatal ini ternyata juga mampu menghaluskan kulit wajah. Sirih dengan nama Latin Piper betle L ini biasanya tumbuh merambat pada pepohonan lain dengan tinggi hingga 15 meter.

Di Indonesia, dua jenis sirih yakni sirih hijau dengan ciri memiiiki bentuk seperti bulan dan berwarna hijau, dengan ruas-ruas di bagian batangnya seperti layaknya pohon bambu, yang menjadi akar dari tanaman sirih. Tanaman sirih memiliki daun yang berbentuk seperti jantung, dengan bentuk berselang-seling dan runcing di bagian ujungnya. Saat daun sirih diremas, biasanya akan mengeluarkan aroma daun yang khas dan segar.

Ada juga sirih merah dengan warna daun merah kehijauan. Sirih merah yang memiliki nama latin Crocatum piper ini juga sangat terkenal khasiatnya di kalangan tanaman obat herbal. Sirih merah masuk ke dalam jenis tanaman anggur dan termasuk jenis tanaman yang mudah dibudidayakan di daerah dataran tinggi, yaitu dengan memotong bagian batang sirih merah dan dimasukkan ke kolibet lalu diletakkan di area lembab serta tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Jika ditanam dengan pancaran langsung sinar matahari, sirih merah tidak dapat tumbuh sempurna, karena biasanya batang sirih merah akan mengaiami kekeringan sehingga kandungan yang terdapat pada sirih merah akan menghilang.

Menurut dr. Huda Haidar Jawas, herbalis kecantikan, kedua jenis daun sirih tersebut sama-sama memiliki kandungan flavonoid dan antioksidan. Keduanya merupakan salah satu kandungan utama dalam membantu proses menghaluskan kulit. Kulit yang mengalami regenerasi akan mengangkat sel-sel mati dan beregenerasi sehingga menjadi sel kulit yang baru.

Daun sirih yang sejak jaman dahulu sering dikunyah dan mampu menguatkan gigi ini, menurut dr. Huda Haidar Jawas mampu menghaluskan kulit. Caranya cukup mudah dengan menyediakan tiga hingga lima lembar daun sirih hijau atau merah lalu ditumbuk dengan campuran air panas. Setelah hangat kuku, oleskan air daun sirih ke seluruh wajah. Lakukan perawatan ini, minimal seminggu sekali sebelum tidur, setelah pemakaian rutin selama satu bulan, wajah akan nampak lebih halus dan bersih bebas bekas jerawat.

Ditambahkan oleh dr. Remendra Setipu, MSi, pakar kecantikan herbal, kandungan daun sirih mengandung kavikol yang sangat tinggi dan berfungsi sebagai bakterisida atau obat kumur dan sariawan. Selain itu, daun sirih mengandung fiavonoid, polifenol, alkoloid, tanin, minyak atsiri, sapononim, allylprokatekol, karvokol, eugenol, p-cymene, cineole, coryofelen, kadimen, ekstragol, terpenana dan propoda. Senyawa flavonoid dan polifenol pada daun sirih berguna sebagai antioksidan, antiinflamasi dan antidiabetic. Adanya kandungan bakterisida dan antiseptic dalam daun sirih yang mampu menghilangkan jerawat dan bekas jerawat inilah yang akan membuat kulit wajah lebih halus, mulus dan bersih.

Manfaat. Selain, menguatkan gigi, rebusan daun sirih juga bisa bermanfaat untuk mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang. Caranya dengan meremas-remas dua lembar daun sirih merah atau hijau. Lalu campurkan dengan air hangat sekitar 200 cc. Tambahkan garam dapur ke dalam gelas berisi campuran daun sirih. Lalu tutup rapat gelas hingga air dingin, lalu kumur-kumurlah dengan air ramuan tersebut hingga beberapa kali.

Daun sirih merah juga dapat menghilangkan jerawat, caranya cukup dengan meremas-remas atau menumbuk tiga lembar daun sirih hingga mengeluarkan air lalu tempelkan air tersebut di area wajah yang berjerawat. Lakukan setiap hari di malam hari sebelum tidur hingga jerawat mengecil. Cara kedua dapat merebus 10 lembar daun sirih dengan 250 ml air, tunggu hingga warna air kecokelatan. Sebaiknya jangan sampai air menjadi dingin, karena air hangat daun sirih tersebut berfungsi untuk membuka pori-pori wajah. Kompres air rebusan tadi pada wajah setiap hari dan lihat hasil dalam satu bulan, wajah menjadi halus dan bersih bebas jerawat.

Tidak hanya itu, daun sirih juga mampu menghilangkan bau badan tidak sedap. Caranya cukup dengan merebus 10 hingga 15 lembar daun sirih dengan 500 ml air. Lalu, basuhkan ke seluruh tubuh. Atau gunakan air rebusan daun sirih untuk mandi dengan menambahkan jumlah air dan daun sirih agar wangi khasnya tidak hilang. Lakukan perawatan ini secara berkala setiap dua kali sehari hingga bau badan berkurang dan hilang.

Daun sirih hijau juga mampu menyembuhkan batuk yang berkepanjangan. Caranya dengan merebus 5 lembar daun sirih dengan dua gelas air putih hingga kecokelatan dan air berkurang hingga satu gelas. Minum air rebusan daun sirih tersebut dengan mencampurkan satu sendok madu. Selain meredakan batuk, air rebusan daun sirih juga bermanfaat mengatasi haid yang tidak lancar, mengobati sakit asma, dan mengobati radang tenggorokan.

Kulit Halus. Menurut dr. Eddy Karta, SpKK, dokter
spesialis kulit dan kelamin, penyebab kulit menjadi kasar, kusam, timbul jerawat dan vlek hitam karena kulit kering. Kondisi tersebut menyebabkan lapisan stratum korneum yaitu lapisan teratas dari epidermis kulit tidak dapat terlepas dan mengganti lapisan baru dengan efektif, Sehingga secara kasat mata terlihat kering dan kusam. Faktor usia menjadi salah satu faktor utama kulit kasar dan kusam. Karena pada usia 30 tahun ke atas regenerasi sel kulit menjadi lambat sehingga kulit mudah kusam, kasar, dan timbul vlek hitam pada wajah. 

Meski belum semua kandungan daun sirih sudah diketahui, namun menurut dr. Eddy, kandungan polyphenol yang menjadi golongan antioksidan ini sama seperti dalam Kandungan antioksidan pada teh hijau yang mampu menenangkan kulit sehingga proses regenerasi berjalan lebih balk. Sementara itu kandungan alkaloid yang tergolong sebagai antiseptik ini berfungsi untuk mengurangi kolonisasi kuman di wajah serta mencegah timbulnya jerawat.

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah sensitif sebaiknya berhati-hati, terutama saat menggunakan daun sirih segar. Getah dan sifat astrigen dari daun sirih yang dapat mengeringkan wajah, membuat kulit menjadi lebih sensitif dan menimbulkan reaksi alergi atau iritasi (dermatitis kontak).


Untuk memiliki kuliit halus, mulus dan bersih sebaiknya rutin membersihkan wajah minimal dua kali sehari pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur. Jangan lupa untuk mengoleskan sunblock dengan SPF 15-30 untuk memberikan perlindungan dari efek jahat sinar matahari. Pancaran sinar UV yang masuk ke dalam kulit bersifat kumulatif, yang lama kelamaan membuat kulit menjadi rusak. Perlindungan yang baik akan membuat kulit menjadi lebih terjaga kesehatannya. Indri, Palupi (Info Kecantikan)

1 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
    Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    • Bandar66 (NEW)
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!?

    ReplyDelete