Tuesday, September 2, 2014

Adakah Dampak Dari Ear Candle?

Adakah Dampak Dari Ear Candle?
Telinga merupakan salah satu alat  indera dari panca indera yang penting bagi kehidupan manusia. Pasalnya telinga merupakan indera pendengaran yang sangat berpengaruh ketika seseorang berkomunikasi dengan orang lain. Jika seseorang mengalami masalah kurang pendengaran maka akan membuatnya menjadi kurang percaya diri. Oleh sebab itu, menjaga kebersihan telinga merupakan hal yang wajib dilakukan.

Belakangan muncul treatment ear candle yang dianggag ampuh untuk membersihkan kotoran telinga. Bagi usia lanjut, treatment ear candle juga dianggap dapat membantu memperbaiki fungsi pendengaran, melegakan sinus dan tenggorokan, serta mengatasi peradangan di daerah tersebut. Selain itu, ear candle juga dianggap mampu mengatasi gangguan telinga yang berdengung hingga sakit kepala vertigo.

Meski demikian, belum ada penelitian mengenai ear candle, baik secara ilmiah dan penelitian laboratorium. Justru dampak dari ear candle adalah dapat mencederai organ dalam telinga seperti gendang telinga. Asap dari lilin aromaterapi yang dimasukkan ke dalam lubang telinga menghasilkan panas. Rasa panas yang ditimbulkan mampu membuat luka pada selaput gendang telinga.

Jika selaput gendang telinga sudah rusak, maka bisa mencederai gendang telinga yang berperan penting dalam proses pendengaran. Jadi, alangkah baiknya jika mempercayakan kesehatan telinga pada dokter spesialis THT Selain itu, sebaiknya juga masyarakat menghilangkan kebiasaan membersihkan lubang telinga menggunakan cotton bud, jepit rambut atau benda asing lainnya untuk menghindari luka pada gendang telinga. Terutama jika terlalu dalam ketika membersihkan telinga menggunakan benda-benda tersebut.


Sebenarnya untuk melakukan perawatan telinga tidak terlalu susah. Untuk membersihkan telinga cukup menggunakan kapas dan baby oil. Biasanya kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya saat mandi pagi hari atau malam hari. Jika memiliki jenis kotoran telinga yang keras, sebaiknya dibersihkan di dokter spesialis THT dan dokter akan melakukan penyedotan dengan alat khusus. Indri (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment