Sunday, September 14, 2014

Mengatasi Lengan Menggelambir

Wanita umumnya sangat peduli dengan penampilan diri mulai dari tubuh, kulit wajah hingga busana yang dikenakan. Wanita yang memiliki lengan besar dan menggelambir tentunya akan merasa tidak percaya diri ketika mengenakan busana tanpa lengan. Pasalnya, tubuh akan terlihat gemuk dan kurang menarik. Lalu bagaimana cara mengencangkan kulit lengan yang menggelambir?

Wanita yang memiliki lemak cukup tinggi pada tubuh umumnya akan berdampak ke seluruh tubuh. Tidak hanya perut, tetapi termasuk lengan dan tangan. Lengan merupakan bagian tubuh yang menimbun lemak sehingga terlihat menggelambir. Lengan yang menggelambir tentunya menjadi perhatian wanita dalam penampilan. Pasalnya, ketika berbusana tanpa lengan mereka akan terlihat lebih gemuk dan kurang menarik.

Oleh karena itu, tak jarang wanita mengeluh dan melakukan suatu tindakan untuk mengurangi penampilan lengan yang menggelambir. Namun, meskipun sudah mencoba olahraga untuk menurunkan berat badan, terkadang lemak di lengan tidak berkurang. Untuk menghilangkan lemak di lengan hal yang perlu dilakukan adalah mengembangkan otot. Sehingga tubuh akan membakar kalori lebih banyak.

Penyebab. Beberapa masalah lengan menggelambir dapat dilihat dari faktor seperti genetik, jarang melatih otot trisep atau lengan bawah dan biseps atau lengan bagian atas. Maka bukan hanya otot yang kendur, tetapi juga tumpukan lemak pada jaringan di sekitar otot tersebut. Bila berat badan turun tentunya lemak di seluruh bagian tubuh juga menipis termasuk lengan.

Lemak yang berkurang dapat menyebabkan kulit tampak kendur dan menggelambir Kekenduran kulit akan bertambah parah, trisep sering diabaikan padahal tetap merupakan otot yang penting untuk menguatkan lengan. Trisep yang kuat tidak hanya akan menghindari dari lengan yang menggelambir, tetapi menyeimbangkan bisep sehingga tubuh tampak proporsional secara keseluruhan.

Menurut dr. Ade Ayu Pusparini, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, kulit lengan atas memiliki otot dan lengan menggelambir merupakan faktor masalah otot. Seperti otot bisep dan otot trisep yang memiliki lemak dan jaringan kolagen. Selain itu, masalah usia dan berat badan juga memengaruhi kekencangan otot. Faktor tersebut harus tetap seimbang. Ditambahkan oleh dr. Olivia Ong, dipl. AAAM, dokter kecantikan, jika memasuki usia 35 tahun ke atas tentunya lengan akan menggelambir. Pada Wanita yang sudah berusia lanjut tentunya kulit akan semakin menipis karena proses metabolisme yang menurun dan mengakibatkan kulit tubuh menggelambir termasuk lengan.

Mengencangkan Lengan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat lengan terlihat lebih proporsional. Perawatan atau treatment yang dapat dilakukan antara lain:

-Serum Vitamin C
Perawatan kulit yang dapat diberikan adalah perawatan dengan serum vitamin C. Selain untuk mencerahkan, dapat membantu melembabkan kulit sehingga kulit terlihat lebih kencang. Selama struktur otot tidak bermasalah tentunya akan menggelambir karena beberapa faktor seperti usia. Jika Anda memiliki berat badan berlebih dan tidak memiliki otot tentunya akan menggelambir. Pada wanita yang masih muda ototnya pun akan terlihat lebih kencang, begitu juga jika sudah berumur, misalnya usia di atas 40 tahun, otot akan menurun, mengecil dan lembek.

-Suntik Kolagen dan Suntik Nano
Agar tetap terlihat cantik dan awet muda tentunya banyak cara yang dilakukan seperti treatment suntik yang dapat melangsingkan tubuh termasuk mengurangi lemak di lengan. Jika terjadi akibat lemak, Anda dapat memilih suntik kolagen yang langsung masuk ke jaringan penyanggah, kolagen sehingga otot akan terlihat lebih kencang.

Jika lengan sudah mengecil, tetapi masih menggelambir Anda dapat melakukan suntik kolagen kembali. Suntik kolagen dapat dilakukan seminggu sekali dan dikombinasi dengan suntik nano. Setelah itu, dapat diberikan pelembab vitamin C untuk kulit lebih lembut dan terlihat lebih kencang. Sementara suntik nano dapat dilakukan seminggu dua kali selama kurang lebih minimal sepuluh kali. Kemudian Anda dianjurkan untuk beristirahat yang cukup satu sampai dua minggu untuk melihat apakah lengan sudah mulai mengecil.

Ditambahkan oleh dr. Olivia, treatment suntik atau injeksi bermanfaat menghancurkan lemak. Setelah lemak hilang, dapat dilanjutkan dengan suntik pengencangan. Irjeksi yang digunakan bermanfaat untuk menghilangkan lemak dan selulit. Cairan yang mengandung kafein dan cokelat ampuh untuk pembakaran lemak. Sedangkan untuk pengencangan dapat menggunakan bahan-bahan yang salah satu bahan utamanya mengandung hyaluronic acid. Treatment injeksi dapat dilakukan seminggu sekali.

-Treatment Laser
Cara terakhir, Anda dapat melakukan treatmnt laser. Laser dapat dilakukan berulang-ulang dan hasilnya cepat dan aman, tetapi biaya yang cukup tinggi. Melakukan treatment laser tergantung kondisi pasien apakah lengannya sangat memgelambir atau tidak. Laser dapat dilakukan rutin di atas 4-5 kali dan bahkan sampai 8-12 kali dengan jangka waktu satu minggu hingga satu bulan sekali. Biasanya laser dapat dikombinasi sampai terkena deep muscle untuk kedalaman lemak yang sangat banyak dan dapat diulang satu bulan sekali. Jika untuk mengencangkan kulit bsa diulang seminggu sekali.

Olahraga. Efek samping pada setiap obat atau treatment pasti ada. Untuk itu pasien diharuskan melakukan beberapa pemeriksaan seperti ginjal, hati, pengaruh usia, riwayat obat-obatan dan riwayat penyakit. Jika semuanya sudah terpenuhi tentunya pasien dapat secara aman melakukan treatment. Karena itu sebaiknya treatment kecantikan dilakukan bila diperlukan saja. Namun, dianjurkan Anda dapat mengurangi lengan yang menggelambir dengan cara alami seperti menjaga pola makan dan olahraga yang teratur.

Olahraga yang dilakukan untuk mengencangkan lengan yang menggelambir tentunya disesuaikan dengan faktor otot, lemak, usia dan berat badan. Olahraga merupakan salah satu cara untuk mengencangkan badan termasuk lengan. Misalnya otot kencang dan berat badan tidak terlalu berlebihan, tetapi usia pada wanita tersebut sudah tua dan memiliki jaringan kolagen yarg kurang. Hal tersebut tetap saja akan terlihat kulit lengan yang kurang kencang.


Bagi wanita yang berusia muda tentunya jaringan penunjang masih ada dan jarang memiliki lengan yang kendur. Olahraga dipastikan menjadi cara tepat untuk mengurangi berat badan. ldealnya olahraga dapat dilakukan empat kali seminggu seperti jalan di pagi hari mengangkat beban kecil dan jogging. Selain itu, Anda juga dapat melakukan olahraga renang yang menggerakkan seluruh tubuh. Suciati (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment