Friday, September 26, 2014

Tips Mengatasi Kantung Mata dan Mata Panda

Tips Mengatasi Kantung Mata dan Mata Panda
Mata adalah jendela hati, tak jarang bila mata dan area terdekatnya jadi sorotan pertama yang jadi perhatian umum. Nah, jika di sekitar mata terlihat lingkaran hitam dan kantung mata bengkak, tentu sangat mengganggu penampilan. Selain mata terlihat tidak indah, masalah tersebut juga membuat mata terlihat ngantuk dan tidak fresh. Untuk mengatasi kantong mata bengkak dan lingkar mata hitam tentu harus diketahui lebih dulu apa yang jadi penyebabnya.

Kantong mata bengkak dan lingkar mata hitam, biasanya disebabkan karena beberapa faktor. Di antaranya karena tangisan hebat di malam hari yang cukup lama, sehingga membuat mata menjadi bengkak dan lingkar mata berwarna kehitaman pada keesokan harinya. Bisa juga stress yang mengakibatkan susah tidur, Ini sangat berpotensi membuat lingkar mata hitam dan kantung mata bengkak apalagi jika terjadi setiap malam.

Setelah mengetahui penyebabnya, barulah diatasi. Bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi lingkar mata menghitam dan kantung mata bengkak adalah timun dan bengkuang. Timun bersifat dingin dan mengandung asam malonat yang bisa menekan gula, agar tidak berubah menjadi lemak di bawah mata. Selain itu, timun juga mengandung asam saponin yang mampu mengeluarkan lendir, serta,vitamin E yang mampu menghambat penuaan dan menghilangkan keriput di area sekitar mata. Tak hanya itu, kandungan vocunis sativum L pada timun juga berfungsi untuk mengencangkan kulit di area sekitar mata. Kandungan asam askorbat, vitamin C, dan caffeic acids pada timun mencegah retensi air di dalam tubuh dan mampu meredakan kulit yang meradang, iritasi dan bengkak.

Karena itu tidak heran timun dikenal sangat ampuh mengusir kantung mata, mata lelah dan mata panda. Sebelum diaplikasikan, timun dicuci bersih di bawah air mengalir, lalu iris tipis. Irisan tersebut kemudian ditempelkan pada bagian mata, lalu didiamkan selama 10-15 menit. Kemudian dibasuh menggunakan air bersih.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah memarut timun sampai halus, lalu dijadikan masker dengan cara ditempelkan ke seluruh bagian wajah terutama pada bagian bawah kantung mata. Selanjutnya didiamkan selama 10-15 menit, kemudian dibilas dengan air bersih.

Sedangkan bengkuang kaya akan vitamin C dan B1, kandungan air pada bengkuang mampu menyegarkan kulit. Selain itu, parutan bengkuang dapat menghilangkan lingkar mata hitam karena nutrisi yang terkandung di dalamnya. Cara yang bisa diterapkan sama seperti masker timun. Kedua cara tersebut sebaiknya dilakukan minimal satu kali setiap malam sebelum tidur. Dengan jangka waktu kurang lebih 1-2 bulan maka perubahan akan terlihat perbedaannya.

Selain melakukan perawatan dari luar, tentu harus dibarengi dengan perawatan dari dalam, berikut beberapa hal yang harus dilakukan untuk menunjang perawatan:
1. Perbanyak konsumsi antioksidan yang didapat dari buah-buahan dan sayuran
2. lstirahat yang cukup dan hindari begadang setiap malam
3. Untuk menghilangkan stress yang mengganggu tidur, bisa diatasi dengan berolahraga setiap hari
4. Lakukan pola makan teratur dengan menjaga asupan makanan setiap hari, hindari makan-makanan yang mengandung lemak tinggi karena sangat berpengaruh pada kesehatan dari dalam tubuh.
5. Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas sehari. Semakin banyak minum air juga harus diimbangi dengan mengurangi kadar garam daiam makanan.

6. Kurangi minum minuman yang bersoda karena kandungan gula justru akan menyebabkan dehidrasi dan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Palupi (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment