Tuesday, September 2, 2014

Menghadapi Anak Yang Sulit Bergaul

Menghadapi Anak Yang Sulit Bergaul
Konsultan: Astrid W.E.N, M.Psi, Psikolog
Setiap anak memiliki tipe yang berbeda-beda dalam pergaulannya. Ada anak dengan tipe yang tidak suka bergaul. Tipe anak seperti ini akan merasa nyaman dengan kondisi yang tidak memiliki banyak teman. Biasanya tipe anak seperti ini tertutup kepada orang yang memang tidak memiliki hubungan dekat dengannya. Sebaliknya, ada anak yang sangat mudah bergaul. Anak tipe ini akan mudah menyesuaikan diri dengan orang-orang baru yang ada di sekitarnya. Tipe selanjutnya adalah anak memiliki kebutuhan khusus yang menyebabkan anak sulit bergaul dengan teman-temannya.

Faktor lain yang menyebabkan anak sulit bergaul karena memang memiliki sifat-sifat yang tidak membantu dia untuk bergaul. Misalnya, anak mudah emosional, suka memukul atau bahkan ada kecemasan terhadap orang lain. Ada anak yang memang cemas dan takut bertemu orang baru. Anak merasa orang baru yang ditemuinya adalah orang jahat dan akan merugikan dirinya. Itulah sebab anak jadi malas bergaul dengan orang baru.

Sebenarnya tidak masalah anak hanya berteman dengan beberapa orang. Asal anak tidak mengalami krisis kepercayaan terhadap dirinya. Hal tersebut juga masih dikatakan wajar bila anak tetap bisa memberikan perhatian dan memperhatikan kebutuhan orang yang ada di sekitarnya. Namun, orangtua bisa memberikan pendidikan mengenai cara bergaul dengan orang lain, serta memberitahukan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan anak ketika berteman.


Sementara anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus, lingkungan pun harus mendukung dan bukan malah mengecilkan hati anak. Apabila memang masih memiliki kesulitan bergaul, anak bisa dibawa ke ahli seperti psikolog untuk diberikan terapi-terapi yang bisa membuat anak mudah bergaul dengan orang baru. Niken Wulandari. (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment