Thursday, September 18, 2014

Wajah Cerah Karena Masker Salak

Wajah Cerah Karena Masker Salak
Mencerahkan kulit wajah tidak selamanya harus menggunakan bahan-bahan kimia. Bahan alami pun dapat digunakan untuk mencerahkan kulit. Salah satunya dengan buah salak. Walaupun hasil yang didapatkan akan lebih lama tapi tidak menimbulkan efek samping. Buah yang memiliki kulit berwarna cokelat ini banyak mengandung vitamin dan antioksidan yang berfungsi sebagai pencerah alami kulit wajah. Benarkah?

Banyaknya klinik kecantikan membuat banyak para wanita pria berkonsultasi demi mendapatkan kulit wajah yang cerah. Meskipun harus mengeluarkan biaya yang mahal sekalipun. Namun belum banyak yang mengetahui jika buah salak dapat digunakan sebagai aiternatif lain untuk membuat wajah cerah. Buah salak yang mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi yang dapat mencerahkan wajah. Buah salak yang banyak di pasaran dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk wajah atau dapat diekstraksi, yang kemudian dijadikan sebagai krim wajah.

Salak merupakan sejenis palma dengan buah yang dapat dimakan. Dikenal juga sebagai snake fruit dalam bahasa inggris karena memiliki kulit yang menyerupai sisik ular. Salak mempunyai beberapa varietas yang dapat ditemukan di Indonesia, di antaranya Salak Pondoh, Bali Swaru dan Salak Condet. Meskipun tumbuh di daerah tropis, buah salak sangat diminati oleh masyarakat. Namun banyak masyarakat pada umumnya belum mengetahui manfaat dari buah salak. Salah satunya salak dapat memberikan stimulus yang baik bagi tubuh dan dapat membantu program diet.

Masker Salak. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, menurut Teh Ane, herbalis, buah salak dapat membantu mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C 2,00 mg, vitamin B 0,04 mg dan kalsium 28,00 mg dapat membantu mengatasi kulit kusam atau mencerahkan kulit. Buah salak dapat dijadikan masker.

Cara membuat masker salak, ambil beberapa buah salak, setelah itu daging buah diparut sampai halus. Barulah oleskan pada seluruh bagian wajah secara merata. Diamkan masker salak selama 10-15 menit dan bilas hingga bersih. Pemakaian masker salak bisa dilakukan secara rutin 1-2 kali seminggu. Masker buah salak juga bisa dimanfaatkan sebagai krim untuk mencerahkan kulit wajah, dengan cara buah salak diekstrak terlebih dulu.

Penggunaan masker salak tidak memberikan efek samping. Hanya saja jika Anda menggunakannya secara berlebihan dapat membuat, sensasi panas pada kulit. Namun hal tersebut hanya terjadi pada saat pemakaian saja dan setelah itu hilang dengan sendirinya. Biasanya hal ini terjadi pada orang yang memiliki kulit sensitif. Untuk mencegah sensasi panas, maka pada pemakaian pertama, Anda dianjurkan mencoba terlebih dahulu dengan mengoleskan pada area leher atau lengan agar risiko alergi pada kulit karena tidak cocok dapat diketahui.

Mencerahkan Kulit. Dikatakan dr. Astrid Tilaar, M.Si, dokter sekaligus herbalis, buah salak dapat diberdayakan sebagai bahan aiternatif lain untuk mengatasi masalah pencerahan wajah. Masalah pencerahan wajah mempunyai beberapa mekanisme dan yang paling banyak adalah inhibitor tirosinase. inhibitor tirosinase merupakan enzim yang menyebabkan terjadinya melanin pada kulit. Jika kulit ada melanin berarti kulit akan semakin hitam.

Buah salak yang memiliki kandungan flavanoid dan fenol adalah mekanisme yang berhubungan dengan inhibitor tirosinase sehingga buah salak dapat dijadikan skin brightening atau mencerahkan kulit. Salak yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, bahkan dikatakan dalam sebuah penelitian diperoleh teori bahwa jika semakin asam atau sepat sebuah buah kandungan antioksidannya akan semakin tinggi. Dan manfaat yang didapat oleh antioksidan pada buah salak dapat mencerahkan kulit, antikeriput hingga antiaging.

Di dalam penelitian tersebut, salak yang digunakan adalah salak varietas bongkok dari daerah Sumedang, Jawa Barat. Namun, salak jenis lain juga dapat digunakan. Untuk mencerahkan kulit, salak tidak langsung digunakan atau ditempelkan. Jika salak akan dijadikan krim maka terlebih dahulu salak diekstraksi dengan menggunakan alkohol 90%. Hasil dari ekstraksi tersebut yang akan digunakan untuk krim dengan proses invitro hingga invivo hingga menjadi formulasi krim dengan ekstrak buah salak untuk mencerahkan kulit.

Krim dari buah salak dapat digunakan sebagai Krim pagi dan krim malam. Pemakaian Krim salak secara rutin maka hasilnya akan terlihat kurang lebih satu bulan tergantung dengan melanin pada kulit. Pemakaian krim ini dapat dipakai setelah kondisi kulit wajah dalam keadaan bersih. Setelah pemakaian krim, melanin pada kulit akan turun hingga kulit nampak lebih putih dan cerah. Krim ini dapat digunakan oleh semua jenis kulit, tinggal dilihat komposisi yang ada, apakah untuk kulit kering, normal atau berminyak.

Krim dari ekstrak buah salak tidak memilik efek samping, karena berasal dari bahan alami. Krim dari ekstrak buah salak ini dapat digunakan untuk Anda yang tidak ingin repot membuat masker buah saiak. Namun jika ingin langsung menggunakan buah salak tersebut dengan cara dibuat menjadi masker.

Akan tetapi untuk mendapatkan kulit yang cerah tidak hanya didapatkan dengan menggunakan masker dan krim saja, tetapi juga harus rutin merawatnya. Perawatan kulit yang sebaiknya dilakukan antara lain rutin membersihkan wajah setiap hari, menggunakan krim pagi dan malam secara rutin, serta dibantu memberikan perlindungan pada kulit wajah berupa sunblook. Sebaiknya juga banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran setiap hari dan konsumsi air putih dua liter setiap hari.

Bantu Program Diet. Buah salak yang memiliki kandungan saponin, tanin, kalsium dan flavonoida memilik banyak manfaat yang luar biasa. Selain dapat membantu mencerahkan wajah, buah salak juga dapat membantu program diet. Di dalam buah salak mengandung serat yang memberikan rasa kenyang lebih lama, sebab memerlukan waktu dalam proses penyerapan dalam usus. Kandungan gizi lainnya pada salak antara lain kalori, protein, karbohidrat, kalsium, fostor, zat besi, vitamin B dan C, serta air.


Oleh sebab itu bagi yang ingin menjalankan program diet tidak ada salahnya mencoba buah salak sebagai alternatif. Salak juga berfungsi untuk kesehatan kuku dan kulit. Selain itu salak bermanfaat sebagai obat mata. Berdasarkan penelitian buah salak mengandung betakaroten yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Betakaroten merupakan salah satu zat antioksidan yang terdapat dalam sayur-sayuran seperti wortel dan buah salak. Apabila ingin memiliki mata sehat buah salak bisa dimantaatkan selain wortel. Koes Anindya. (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment