Tuesday, October 2, 2012

Sendi Bebas Gerak Tanpa Nyeri

Menjaga kesehatan persendian berarti harus pula memelihara oto-otot dan jaringan di sekitarnya, ligamen, serta kepadatan tulang. Perilaku sehari-hari, pola makan, aktivitas fisik, dan banyak hal lagi bisa kita upayakan yang selaras dengan pemeliharaan sendi agar senantiasa bebas nyeri.

·         Diet sehat bergizi seimbang
Sertakan aneka buah dan sayuran, Serta gizi lain setiap kali makan. Pilih susu rendah lemak atau olahannya, daging rendah lemak, ayam, ikan, kacang, polong, dan lainnya. Cukupi kebutuhan vitamin D, antioksidan, juga kalsium dan omega-3 untuk meningkatkan kesehatan tulang dan sendi.

·         Jaga berat badan
Berat badan yang normal sangat baik untuk persendian. Kelebihan berat badan akan membebani terutama sendi lutut, panggul, tulang belakang. Penelitian menyatakan bahwa setiap setengah kilogram kelebihan berat badan akan memberi empat kali lebih banyak tekanan pada lutut.

·         Aktifkan fisik
Duduk terlalu lama akan membuat persendian kaku. Lakukan gerakan peregangan atau jalan-jalan setiap 30 menit, dan sering mengubah posisi tubuh saat bekerja.

·         Olah raga yang tepat
Olah raga hentakan rendah seperti berenang, menari, dan bersepeda tidak memberi tekanan pada persendian. Peregangan yoga dapat meredakan nyeri dan kekakuan sendi, membuat sendi bisa berfungsi normal kembali. Jangan lupa gerakan pemanasan Serta pendinginan saat berolah raga.

·         Kuatkan Otot pendukung sendi
Latihan beban akan membantu membangun otot, sehingga ligamen di sekitarnya juga kuat, yang membuat persendian tidak harus bekerja terlalu keras. Latih juga otot perut. Otot punggung dan otot perut yang kuat membantu menjaga keseimbangan dan mencegah jatuh yang bisa merusak persendian.

·         Tahu batas
Hinclari olah raga yang mudah membuat nyeri sendi. Nyeri otot setelah olah raga itu normal, tetapi jika nyeri bertahan lebih dan 48 jam bisa berarti berlebihan olah raga. ltu bisa berartl telah terjadi tekanan berlebihan pada sendi, sehingga cedera.

·         Perhatikan postur tubuh
Postur yang terjaga tegak ketika duduk atau berdiri akan melindungi persendlan di area leher hingga lutut. Persendian di daerah panggul dan otot-otot punggung pun terjaga baik. Postur tubuh saat mengangkat benda dari lantai, membawa tas juga penting diperhatikan.

·         Cegah cedera
Hal ini untuk melindungi kesehatan kartilage di persendian. Lakukal aktvitas dengan hati-hati dan gunakan pengaman seperti helm, pengaman siku dan lutut, selagi diperlukan.
 
·         Sol sepatu tipis
Para peneliti di University of Virginia AS menemukan bahwa berjalan memakai alas kaki dengan hak sekitar 4-5 cm saja bisa membuat lutut dan betis tegang, sehingga berperan mengembangkan terjadinya osteoartritis.''Sepatu hak tinggi akan memperpendek gerak betis dan mempengaruhi keselarasan sendi lutut", ujar Dean Neary, Ph.D. Ketua departemen kedokteran fisik di Bastyr University di Seattle, AS, seperti dikutip dari situs Arthritis Foundation. 

0 komentar:

Post a Comment