Tuesday, October 2, 2012

Olah Raga Ringankan Nyeri Sendi

Tidak perlu berolah raga seperti atlet Olimpiade untuk menjaga kesehatan sendi. Tim ahli dari situs kesehatan Mayo Clinic mengatakan bahwa olah raga intensitas sedang, bisa meringankan nyeri dan membantu menjaga berat badan. Ancaman nyeri sendi yang bisa rnembuat tubuh sulit bergerak bisa diredam dengan olah raga. Adalah salah jika mengira olah raga akan memperparah nyeri dan kaku di persendian.

Para ahli di Mayo Clinic mengatakan, kurang olah raga justru sebenarnya membuat persendian lebih nyeri dan kaku. Pasalnya, olah raga menjaga otot dan jaringan di sekitarnya tetap kuat. Ini yang penting untuk menjaga sokongan terhadap tulang. Tanpa olah raga justru akan melemahkan otot penyokong dan menambah tekanan terhadap persendian. Memberikan Kekuatan   Olah raga bisa memberikan kekuatan dan energi bagi kita untuk beraktivitas seharian. Olah raga juga membantu mengontrol berat badan dan membuat tidur jadi lebih nyenyak di malam hari.

Kesehatan mental juga jadi lebih baik berkat olah raga teratur. Namun, sebelum berolah raga, penderita nyeri sendi disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jenis olah raga yang terbaik untuk nyeri akan dipilih berdasarkan jenis artritis dan lokasi persendian yang sakit. Dokter dan ahli fisioterapi akan memilih olah raga terbaik dengan hasil maksimal tanpa memperparah nyeri sendi.

Untuk yang Sudah lama tak berolah raga, mungkin akan merasakan rasa nyeri setelah olah raga. Bila nyeri itu terus terasa lebih dari dua jam setelah olah raga, ada kemungkinan olah raga dilakukan terlalu keras. Menghindari hal seperti ini, konsultasikan ke dokter atau fisioterapis mengenai nyeri yang normal dan tak normal setelah olah raga. Untuk nyeri sendi, dokter atau fisioterapis mungkin akan merekomendasikan olah raga berikut ini:

o   Latihan Jangkauan
Gerakan Olah raga ini meringankan nyeri dan meningkatkan kemampuan menggerakkan persendian dengan gerakan jangkauan yang penuh. Contohnya, menggerakkan persendian seperti menaikkan tangan di atas kepala atau memutar bahu ke depan dan belakang. Olah raga ini bisa dilakukan setiap hari.
o   Latihan Kekuatan
Latihan ini membangun otot kuat untuk menyokong dan melindungi persendian. Latihan beban adalah Satu contoh latihan kekuatan yang membantu menjaga kekuatan otot dan meningkatkannya. Latihan ini dilakukan berselang- seling dengan latihan aerobik. Berikan libur ekstra ketika persendian terasa sakit atau bengkak.
o   Latihan Aerobik
Latihan ketahanan tubuh ini membantu meningkatkan kebugaran secara umum. Latihan aerobik memperbaiki kesehatan jantung dan pembuluh darah, Serta membantu mengontrol berat badan dan meningkatkan stamina. Latihan jenis aerobik juga memberi kita ekstra energi dalam beraktivitas. Latihan aerobik low impact cocok untuk mereka yang punya masalah di persendian. Contoh latihan low impact adalah jalan kaki, naik sepeda, dan berenang. Bila mampu, lakukan olah raga tersebut selama 20 sampai 30 menit seminggu tiga kali.
o   Yoga dan Taichi
Jangan ragu untuk menanyakan apakah yoga dan taichi cocok untuk kesehatan persendian. Dokter mungkin akan mengizinkan latihan yang lembut seperti yoga dan taichi. Taichi dan yoga bisa meningkatkan keseimbangan, sehingga mencegah kita mudah jatuh. Agar aman, sebelum kelas dimulai katakan kepada instruktur masalah persendian yang dimiliki. Dengan demikian, instruktur tidak akan memberikan gerakan yang bisa menyebabkan nyeri pada persendian. 

0 komentar:

Post a Comment