Sunday, September 30, 2012

10 Makanan Untuk Tulang Kuat

Untuk mendapatkan tulang kuat, ada dua nutrisi penting yang dibutuhkan, yaitu kaisium dan vitamin D. Kaisium dibutuhkan untuk membentuk tulang dan gigi yang kuat, sedangkan vitamin D untuk penyerapan kalsium oleh tulang.

1.       Kalsium dan vitamin D.
Penting pada awal-awal masa pertumbunan, dan tetap dibutuhkan ketika beranjak dewasa. Jika Anda didiagnosis menderita osteoporosis, mengonsumsi banyak kalsium dan vitamin D dapat memperlambat terjadinya osteoporosis dan mencegah patah tulang. Menurut situs Health, orang dewasa hingga usia 50 tahun, harus mengasup 1.000 mg kalsium dan 200 IU vitamin D dalam satu hari. Orang dewasa di atas usia 50 tahun, asupan kalsium bertambah menjadi 1.200 mg dan 400-60010 vitamin D. Kalsium dan vitamin D bisa didapat dengan rnengonsumsi 10 makanan benkut ini. Yoghurt Kebanyakan orang akan mendapatkan vitamin D rnelalui sinar matahari. Adajuga makanan, seperti yoghurt, yang telah diperkaya dengan vitamin D. Satu mangkuk yoghurt tanpa rasa Sudah Cukup untuk mendapatkan asupan kalsium harian.
  2.    Susu
Ada alasan mengapa susu adalah makanan raja kalsium. Kira-kira satu geias susu mengandung 90 kalori, tetapi Sudah memenuhi 30 persen asupan harian kalsium. Pilih susu yang telah diperkaya vitamin D,
3.       Keju.
Hanya karena penuh dengan kalsium,bukan berarti Anda harus banyak-banyak menyantap keju. hati-hati, berat badan Anda akan melonjak! Keju yang diiris seukuran dadu sudah mengandung lebih dari 30 persen asupan kalsium harian. Jadi, santaplah keju dalam jumlah tidak berlebihan 
4.       Sarden.
Ikan berukuran kecil yang sering dikemas dalam kaleng itu memiliki kadar tinggi vitamin D dan kalsium.
5.       Telur.
Walau hanya mengandung 6 persen asupan harian vitarnin D, menyantap telur adalah Cara mudah dan cepat untuk mendapatkan vitamin tersebut. Jangan hanya memilih untuk rnenyantap putih telur, sebab vitamin justru ada dalarn kuning telur.
6.       Salmon.
Selain kaya omega-3, salmon juga mengandung banyak vitamin D. Mengonsumsi 100 gram salmon, Anda mendapatkan hampir 100 persen kebutunan vitamin D harian.
7.       Bayam.
Tidak suka susu dan produk turunannya? Bayam bisa menjadi Cara baru untuk mendapatkan kalsium. Satu mangkuk bayam matang mengandung 25 persen kebutunan harian kalsium. Selain kalsium, bayam juga mengandung serat, zat besi, dan vitamin A.
8.       Sereal yang difortifikasi.
Jika tidak sempat memasak salmon, sereal yang telah diperkaya vitamin D bisa menjadi pengganti. Sereal tersebut mengandung 25 persen kebutuhan vitamin D harian. 9. Tuna Tuna kalengan sebanyak 100 gram mengandung 154 IU, atau sekitar 39 persen kebutuhan vitamin D per hari. 10. Jus jeruk Jus jeruk yang baru diperas memang tidak mengandung kalsium atau vitamin D.
Karena itu, pilih jus jeruk yang telah diperkaya dengan nutrisi tersebut. Asarn askorbat daiam jus jeruk juga bisa membantu penyerapan kaisium.  

0 komentar:

Post a Comment