Friday, December 14, 2012

5 Bahan Alami Yang Ampuh Hitamkan Rambut Dalam Sebulan


Meski tren pewarnaan rambut semakin berkembang di Indonesia, namun hingga saat ini warna rambut   hitam masih tetap menjadi primadona Bahkan untuk mendapatkan kilau rambut hitam ini banyak wanita rela menjalani treatment pewarnaan rambut dengan budget tak sedikit. Padahal kilau rambut hitam alami ini bisa diperoleh dengan rutin mengoleskan bahan-bahan alami yang kaya kandungan antioksidan seperti kemiri, kopi teh, merang, dan urang aring. Bagaimana caranya?


Mayoritas orang indonesia terlahir dengan rambut berwarna hitam berkilau. Namun seiring dengan usia yang semakin bertambah rambut yang tadinya berwarna hitam legam perlahan-lahan berubah menjadi kusam, kemerahan hingga keabu-abuan. Pasalnya faktor penuaan menyebabkan produksi enzim katalase (enzim yang berfungsi untuk memecah masuknya radikal bebas) menjadi berkurang.

Dengan kondisi seperti ini hidrogen peroksida (bagian dari siklus oksigen di dalam tubuh) berakumulasi dan mengganggu produksi melanin (sel induk yang bertanggung jawab memproduksi sel pigmen), tak terkecuali pigmen rambut. Akibatnya, rambut yang dulunya berwarna hitam legam perlahan- lahan berubah menjadi kusam, kemerahan dan keabu-abuan.

Penyebab. Perubahan warna rambut tak semata-mata disebabkan oleh pengaruh faktor usia. Menurut dr. Prapti Utami, pakar herbal yang praktik di daerah Bintaro, Tangerang, perubahan warna rambut juga bisa dipicu oleh beberapa faktor seperti panas matahari, faktor kimia seperti pada proses pewarnaan rambut, faktor fisika seperti penggunaan hair dryer atau alat-alat kecantikan lainnya, kebiasaan menyisir rambut dalam keadaan basah ataupun kebiasaan menyisir rambut menggunakan sisir yang bergigi rapat.

Tak hanya itu, hasil penelitian yang dilakukan oleh Emi Nishimura, salah seorang peneliti dari Jepang baru-baru ini menemukan bahwa terjadinya perubahan warna rambut juga bisa dipicu oleh tiga faktor utama, yaitu keturunan, stres, dan malnutrisi. Terjadinya perubahan warna rambut karena pengaruh faktor keturunan atau genetika sebenarnya telah lama diketahui. Keturunan sangat berperan terhadap warna rambut seseorang. Karena itu jangan heran jika rambut Anda yang dulu hitam sekarang terlihat kusam, kemerahan atau keabuan sebenarnya juga terjadi pada ayah, kakek ataupun pada seluruh anggota keluarga Anda.

Faktor stres pun bisa memicu terjadinya perubahan pada warna rambut yang tadinya berwarna hitam. Pasalnya, hormon stres dapat memengaruhi kelangsungan ` hidup dan aktivitas melanosit. Oleh karena itu jangan heran jika melihat seseorang yang mengalami stres berkepanjangan memiliki warna rambut yang terlihat kusam, merah ataupun keabuan di usia muda. Dan, perubahan warna rambut bisa disebabkan oleh faktor malnutrisi karena kekurangan asupan gizi, dan malnutrisi karena menderita sakit parah. Malnutrisi yang disebabkan dua faktor ini bisa menghentikan atau mengurangi produksi melanin. Berhubung perannya sangat besar dalam menentukan pigmen warna rambut, maka berkurangnya kondisi melanin ini otomatis akan mengubah warna rambut hitam menjadi kusam.

Bahan Alami. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah rambut hitam yang terlanjur berubah warna. Anda cukup melakukan perawatan yang bisa menghitamkan warna rambut. Nah, jika Anda tidak ingin menggunakan pewarna rambut yang dijual di pasaran dengan alasan takut merusak rambut Anda, Anda bisa menghitamkannya secara alami dengan menggunakan beberapa bahan alami seperti kemiri, daun pandan, alpukat, teh dan kopi.

Meskipun demikian, menurut Wisnu Broto, herbalis yang praktik di daerah Tebet, Jakarta Selatan, sebenarnya penggunaan bahan herbal untuk menghitamkan Warna rambut ini akan lebih efektif jika didukung dengan pola hidup yang sehat. Bukannya tanpa alasan, sebagus apapun obat atau bahan alami yang digunakan namun jika tidak didukung oleh pola hidup yang baik, maka hasilnya pasti tidak akan sempurna. Berikut ini lima bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk menghitamkan rambut secara alami, yaitu:

1.Teh
Kandungan vitamin b12, katekin, serta Kandungan antioksidannya (vitamin a, c dan vitamin e) yang tinggi membuat teh bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan herbal untuk menghitamkan rambut. Kandungan bahan herbal ini memiliki kemampuan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat ini diharapkan ikut memicu pertumbuhan sel rambut menjadi lebih kuat. Tak hanya itu saja, menurut Amienah Syafa’ah, herbalis, sel rambut yang baru tumbuh ini diharapkan akan memiliki warna hitam yang berkilau.

Agar hasilnya lebih maksimal dalam menghitamkan rambut, Anda dianjurkan untuk memilih teh hitam. Karena teh satu ini kaya akan kandungan katekin yang sangat tinggi. Sebagaimana diketahui katekin merupakan senyawa yang memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik sehingga bisa digunakan sebagai penangkal radikal bebas (penyebab penuaan dini) yang sangat baik. Dengan demikian, tak Salah jika teh hitam lebih baik dibandingkan dengan minuman jenis teh lainnya. Agar rambut hitam bisa tumbuh dengan kuat, teh hitam bisa dikombinasikan dengan bunga melati.

Cara membuat dan memakai teh hitam untuk menghitamkan rambut:
  • 1 sdm teh hitam, diseduh dengan air hangat
  • 1-3 lembar bunga melati
  • Campurkan teh hitam dan buga melati, lalu didiamkan selama semalam.
  • Esok harinya, air teh hitam dan melati dioleskan ke rambut hingga akar rambut, sembari kulit kepala dipijat ringan dengan gerakan memutar hingga menghasilkan sedikit busa.
  • Tutup kepala dengan handuk kecil agar kandungan dalam teh hitam bisa meresap sempurna. Diamkan selama 30-60 menit, lalu dibilas dengan air bersih dan keramas.
  • Lakukan perawatan ini 2-3 kali seminggu.
Jika perawatan ini Anda lakukan secara rutin, maka dalam waktu satu bulan saja sudah terlihat hasilnya rambut terlihat lebih hitam dari sebelumnya. Hasil maksimal akan diperoleh setelan menjalani perawatan selama dua bulan. Agar hasilnya lebih sempurna, selain rutin mengoleskan maskernya, sebaiknya Anda juga menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup, olahraga yang teratur 2-3 Kali seminggu, Serta mengurangi tingkat stres.

2.Kopi
Sama halnya dengan teh, Kopi pun kaya akan kandungan antioksidan sehingga mampu merangsang pertumbuhan sel-sel rambut baru yang lebih sehat, kuat, serta berwarna hitam berkilau. Jika kopi dioleskan secara rutin ke area kulit rambut, maka warna hitam yang terkandung dalam kopi juga bisa menyerap ke akar rambut sehingga membuat rambut Anda tampak lebih hitam dari sebelumnya. Untuk memperoleh hasil terbaik, pilih jenis Kopi tubruk karena kandungan antioksidannya lebih besar dibandingkan dengan jenis kopi instan.

Cara membuat dan memakai bahan kopi untuk menghitamkan rambut:
  • 1 sdm kopi tubruk diseduh dalam segelas air hangat. Diamkan selama 20 menit hingga kopi mengendap di bawah gelas.
  • Ambil air kopi tubruk yang ada di atas endapan, lalu diusapkan ke kulit kepala sembari di massage ringan dengan gerakan memutar selama 10 menit.
  • Tutup dengan handuk kecil, lalu diamkan selama 30-60 menit. Bilas dengan air bersih. Dam dua jam sesudah itu rambut dicuci.

Jika perawatan ini dilakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu, maka dalam waktu satu bulan saja sudah terlihat hasilnya yaitu rambut akan terlihat lebih hitam dari sebelumnya. Perubahan warna yang maksimal akan terlihat setelah dua bulan perawatan.

3. Kemiri
Berdasarkan penelitian dari pakar kesehatan herbal dunia, kandungan zat saponin, flavonoid dan polifenol di dalam kemiri bermanfaat untuk kesehatan serta menghitamkan, menebalkan dan membuat warna rambut menjadi berkilau.

Cara membuat dan memakai bahan kemiri untuk menghitamkan rambut:
  • 3 buah kemiri, disangrai hingga mengeluarkan minyak, lalu diamkan hingga panasnya menghilang.
  • Minyak kemiri dioleskan secara merata ke rambut, sembari dilakukan massage ringan hingga minyak kemiri mengeluarkan busa.
  • Tutup kepala dengan kain ataupun handuk bersih agar kandungan dalam minyak kemiri menyerap sempurna. Diamkan selama 30-60 menit, lalu rambut dikeramas.
Perawatan ini sebaiknya dilakukan secara rutin 2-3 Kali dalam seminggu. Hasilnya dalam waktu satu bulan saja sudah terlihat hasilnya yaitu rambut akan terlihat lebih hitam dari sebelumnya. Perubahan warna yang maksimal akan terlihat setelah menjalani satu hingga dua bulan perawatan.

4. Merang
Kandungan karbon yang tinggi, membuat merang memiliki kemampuan untuk menyerap berbagai racun yang menempel. Karena itu tak salah jika bahan alami ini mampu menarik berbagai racun yang menempel di area rambut. Diserapnya berbagai racun yang menempel ini akan mengembalikan warna rambut hitam yang dulunya kusam karena faktor dari luar tubuh.

Pemanfaatannya pun cukup mudah, menurut Amienah Syafa’ah, di zaman nenek moyang dahulu, herbal merang ini kerap dicampurkan dengan air dari pohon pisang. Selain itu, agar hasilnya lebih bagus untuk menghitamkan rambut, mereka pun kerap mencampurkan merang ini dengan daun pandan, daun mangkok, minyak kemiri dan air perasan jeruk nipis.

Cara mengolah merang dan penggunaannya untuk menghitamkan rambut:
  • 3 buah merang, 3 helai daun pandan, 3 helai daun mangkok.
  • Merang dibakar, lalu tumbuk hingga halus bersama dengan daun pandan dan daun mangkok.
  • Campurkan air perasan jeruk nipis, 1 sdm minyak kemiri dan air embun dari daun pisang. 
  • Semua bahan diaduk rata, lalu airnya disaring.
  • Air campuran merang ini dioleskan ke setiap helalan rambut hingga akar, lalu dibungkus dengan handuk kecil. Diamkan semalaman, kemudian pagi harinya dikeramas.

Perawatan ini sebaiknya dilakukan secara rutin 2-3 kali dalam seminggu. Hasilnya cukup manjur karena dalam waktu satu bulan saja sudah terlihat hasilnya. Rambut akan terlihat lebih hitam dari sebelumnya. Perubahan warna yang maksimal akan terlihat setelah menjalani dua bulan perawatan.

5. Urang Aring
Seperti halnya merang, urang aring pun telah dimanfaatkan nenek moyang sejak zaman dahulu, namun awalnya urang aring lebih banyak digunakan untuk menebalkan rambut. Seiring dengan berjalannya waktu urang aring pun ternyata juga berkhasiat menghitamkan rambut karena kandungan zat ecliptine (pewarna hitam) yang terkandung di dalamnya memang berkhasiat menghitamkan rambut jika dioleskan secara rutin.

Agar efek hitamnya terlihat lebih natural, urang aring kerap dicampurkan dengan daun rambutan muda.
Cara pengolahan dan penggunaannya:
  • 5 helai daun urang aring, 5 helai daun rambutan muda dicuci bersih di air mengalir.
  • Daun diremas-remas hingga hancur, lalu campurkan dengan air bersih.
  • Hasil campuran daun urang-aring dioleskan ke setiap helai rambut sembari dipijat dengan gerakan melingkar selama 10 menit,
  • Tutup kepala dengan handuk bersih hangat agar lebih meresap, lalu diamkan selama 30-60 menit, kemudian dibilas dan baru 1-2 jam kemudian Anda boleh mencuci rambut.

Untuk memperoleh hasil maksimal perawatan ini sebaiknya dilakukan 2-3 kali dalam seminggu. Jika perawatan ini dilakukan secara rutin, dalam kurun waktu satu bulan saja sudah terlihat hasilnya. Di mana rambut akan terlihat lebih hitam dari sebelumnya. Namun, perubahan warna yang maksimal akan terlihat setelah menjalani dua bulan perawatan.  

0 komentar:

Post a Comment