Wednesday, December 12, 2012

6 Cara Pintar Cegah Kulit Kering


Memiliki kulit kering memang membuat penampilan tidak enak dilihat. Bayangkan kulit terlihat bersisik dan bila digaruk akan muncul warna putih. Selain itu jika berada di bawah terik matahari ataupun suhu udara yang dingin, kulit kering akan bertambah parah kondisi kekeringannya. Bagaimana menghindarinya? 


Pancaran sinar matahari dan terlalu lama berada di dalam ruang ber-AC merupakan salah satu penyebab utama masalah kulit kering. Hal ini pun dibenarkan oleh dr. I Ketut Sukarata, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin. Menurutnya kulit kering disebabkan beberapa faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal di antaranya adalah faktor keturunan. Hal ini tidak mudah disembuhkan karena diperlukan perhatian khusus dari dokter ahli untuk menjalani terapi hormon yang bermanfaat memperbaiki hormon yang tidak balk dalam tubuh.

Sementara faktor eksternal, biasa terjadi karena terlalu sering terpapar sinar matahari, berada di ruangan ber-AC, dan sering mandi memakai sabun yang salah. Sebelum Anda mengalami masalah kulit kering, sebaiknya hindari penyebabnya.

Mengatasi kulit kering pada tubuh ataupun wajah tidak berbeda jauh. Keduanya memerlukan pelembab atau lotion yang mengandung moisturizer untuk mengembalikan kelembaban tubuh. Namun, pembuluh darah, lemak dan berbagai saraf yang berada di area wajah lebih sensitif daripada permukaan kulit dan biasanya lebih cepat proses penyembuhannya daripada area kulit lainnya.

Tips. Berikut beberapa tips untuk menghindari masalah kulit kering:
  1. Tidak terlalu lama dan sering mandi karena dapat mengangkat pelembab alami yang dihasilkan tubuh. Sebaiknya mengeringkan tubuh dengan lembut dan cukup menekan-nekan dengan handuk secara perlahan agar lapisan lemak pada permukaan kulit tidak ikut terangkat.
  2. Tidak terlalu sering mandi dengan menggunakan air hangat karena dapat mengangkat pelembab alami yang dihasilkan oleh tubuh secara cepat.
  3. Menggunakan pelembab atau lotion untuk tubuh maupun kulit wajah Anda paling lama tiga menit setelah mandi agar kandungan air yang ada setelah mandi masih ada dan menyatu dengan lotion yang diberikan. Pilih lotion yang mengandung lemak yang berfungsi mengikat air di dalam kulit sehingga kulit tetap lembab dan tidak mudah kering.
  4. Gunakan sabun yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit. Jika bermasalah dengan kulit kering maka gunakan sabun yang mengandung moisturizer agar kulit lebih lembab dan tidak terlalu kering. Bila Anda memiliki masalah kulit seperti luka bekas jatuh bisa menggunakan sabun antiseptik, yang terdiri atas medical soap atau sabun yang mengandung obat-obatan, liquid soap atau sabun cair, dan bar soap atau sabun batangan.
  5. Perbanyak minum air putih. Sebagian besar tubuh mengandung air yang sangat berperan untuk kesehatan baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Kurang minum juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab kulit kering karena itu untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan meminum air putih minimal delapan gelas setiap hari.
  6. Perbanyak makan makanan yang mengandung serat dan makanan yang dapat membantu melembabkan tubuh. Menjaga kelembaban kulit tidak hanya dilakukan dari luar tetapi juga dari dalam dengan cara asupan makanan yang sehat serta olahraga yang teratur. Selain untuk kesehatan kulit hal ini juga baik untuk kesehatan seluruh tubuh.

6 Cara Pintar Cegah Kulit Kering

0 komentar:

Post a Comment