Tuesday, October 2, 2012

Cara Mudah Untuk Awet Muda

Tingkat harapan hidup terus meningkat. Usia harapan hidup perempuan di Indonesia adalah 71,74 tahun sedangkan pria 67,51 tahun. 

Namun harapan hidup yang yang makin tinggi harus dibarengi dengan kualitas hidup dan kesehatan yang juga baik. Berikut ini cara menjadi tua, bahagia, dan sehat.

  1.  Dongkrak Dengan Vitamin B Ketika usia bertambah tua, kadar asam amino di dalam tubuh yang disebut homosistein meningkat. Homosistein memicu penyusutan otak dan degenerasi yang menyebabkan kehilangan memori, dimensia, dan alzheimer. Peneliti dari University of Oxford menemukan bahwa vitamin B dosis tinggi mengurangi homosistein dan mengurangi penyusutan otak sampai 53 persen Patrick holford, penuiis buku The 10 Secrets of Healthy Ageing mengatakan, ”Saya menguji kadar homosistein setiap dua tahun Juga minum vitamin B6, B12, dan asam folat.” Asupan harian vitamin B12 yang dianjurkan adalah 1 mkg. ini bisa diperoleh dari telur, sepotong ikan atau daging. Jumlah optimal untuk menghentikan kehilangan memori dan penyusutan otak menurut Holford adalah 10 mkg setiap hari.

2.  Konsumsi Makanan Anti Radang Persendian yang aus seiring pertambahan usia memang alamiah. Namun, kita bisa melindungi persendian dari kerusakan yang menyebabkan fraktur osteoporosis, dan artritis. Mengonsumsi makanan kaya zat antiradang, kata Holford, bisa membantu persendian tetap sehat. Daftar makanan antiradang adalah kunyit, zaitun, bawang merah, asam lemak omega-3 dalam ikan kem bung, salmon, dan makerel. ”Makan satu butir bawang sehari terkait dengan peningkatan massa tulang sebesar lima persen,” kata Holford, Bumbu seperti jahe, kunyit, dan cabai jangan lupa dimasak dalam setiap makanan setiap hari karena merupakan zat antiradang yang baik.

3.   Bantu Kulit dengan Vitamin A. Kulit yang kenyal butuh bantuan vitamin A. Zat antioksidan ini akan disimpan dalam Sel kulit. Namun, karena paparan sinar matahari, simpanan vitamin A berkurang, "Simpan vitamin A di dalam kulit dengan mengonsumsi vitamin A dan memakai krim yang mengandung vitamin A," kata Holford. Vitamin A bisa didapat dari ikan dan daging Juga terdapat dalam sayuran berwarna oranye. Karena itu, makanlah wortel, labu, atau Ubi. Cara yang paling langsung memberi asupan vitamin A adalah mengoleskan krim yang mengandung vitamin A ke kulit. ”Saya menggunakannya setiap hari. Beberapa studi menunjukkan perbaikan bintik penuaan dan kerut berkat penggunaan vitamin A transdermal,’ katanya.

4.  Mencari Kedamaian Spritual. Dukungan sosial yang didapat dari ibadah atau laku spiritual dengan agama apa pun bisa membantu kita menua dengan baik. Begitu kata Dr. Lynn Ward dari School of Psychology di University of Adelaide, Australia.  Ward yang ikut menulis buku Lifespan Davelopment," pernah meriset usia tua dan kematian.” Terlibat dalam kegiatan keagamaan bisa memberikan jaringan pendukung sosial dan memberi dampak levvat relasi positif dengan orang lain,"papar Ward. Laku keagamaan bisa memperkuat fungsi kekebalan tubun lewat teknik pengurangan stres seperti meditasi, doa, atau pengampunan terhadap orang lain. Ada juga bukti bahwa terlibat kegiatan religius bisa melindungi diri dari depresi.

5.   Memandang Kesehatan Yang Baik, Bukan penurunan kesehatan sebagai bagian dari penuaan. Sikap terhadap proses penuaan memainkan peran penting terhadap apa yang dialami ketika kita bertambah tua. "Orang yang memandang masalah kesehatan sebagal bagian yang tak terhindarkan dari penuaan Cenderung tidak mengambil langkah pencegahan,” ujar Ward. Sebaliknya, mereka yang punya pandangan positif melakukan tindakan pencegahan seperti makan sehat, olah raga, dan mengikuti instruksi dengan patuh dalam setiap pengobatan yang dijalani. Ward mengacu pada Studi Blue Zones yang mengidentifikasi wilayah dimana masyarakat hidup lebih lama dan sehat. Studi itu menemukan bahwa memiliki pandangan yang benar bisa menambah tujuh tahun lebih lama dari usia harapan hidup.

6.   Banyak Makan Serat. Untuk menjaga berat badan sehat, Holford menyarankan pola makan kaya serat, khususnya serat larut yang menyerap air. Karena itu, dia menyarankan makan oat.  ”Serat larut memperlambat pengeluaran gula dalam makanan. ini membuat Anda kenyang lebih lama, mengurangi nafsu makan, dan menstabilkan gula darah. Poin kritis penurunan berat badan adalah tidak merasa lapar. Serat larut menghentikan rasa lapar dan keinginan makan karbohidrat,” ungkapnya.

7.   Lindungi mata dari keracunan. Ketika menua, mata rentan terkena katarak. Katarak terjadi ketika mata berkontak dengan racun, sinar matahari, polusi, asap rokok, dan konsumsi banyak gorengan. ”Asupan antioksidan yang Cukup dan perlindungan kesehatan mata bisa menurunkan risiko katarak,"tutur Holford. Kunci perlindungan kesehatan mata adalah vitamin A, C, E dan karotenoid. Semuanya bisa dijumpai dalam kunyit, brokoli, bayam, semangka, tomat, dan wortel. Semakin bertambah usia, semakin banyak vitamin A yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Holford merekomendasikan suplementasi 4.000 mkg vitamin A setiap hari.


8. Ikuti 7 Kebiasaan Sehat. Ada tujuh kebiasaan sehat yang harus diikuti orang yang ingin tetap Sehat di usia matang, yaitu tidur tujuh atau delapan jam sehari, sarapan setiap pagi, menghindari Camilan tak sehat, menjaga berat badan sehat, berhenti merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, dan rutin olah raga. ”Mereka yang memiliki kebiasaan sehat di usia paruh baya sampai usia tua cenderung hidup lebih lama dan menunda kecacatan di masa tua,” kata Ward. 

1 komentar:

  1. mengurangi stress yg agak sulit krn tiap hari lekat dgn kesibukan dan deadline..

    ReplyDelete