Wednesday, October 31, 2012

Saat Siang Hari Gunakan Pelembab Water Based!


Meskipun berfungsi melembabkan kulit, namun  kondisi cuaca yang panas terik membuat pelembab biasa tidak bisa bekerja maksimal dalam melembabkan kulit. Sebaiknya Anda mencoba menggunakan pelembab berbahan dasar air (water based). Pasalnya pelembab ini bisa menguap lebih cepat jika dioleskan saat cuaca sedang panas terik sehingga pelembab ini lebih dianjurkan digunakan pada siang hari. Benarkah?


Begitu banyak mitos yang berkembang seputar pelembab yang paling pas dioleskan pada siang hari. Ada yang mengatakan jika semua zat yang terkandung dalam body lotion bisa bekerja secara maksimal melembabkan kulit. Pendapat lain mengatakan jika pelembab hanya bisa bekerja maksimal jika pelembab tersebut memiliki kandungan bahan yang memang terkenal ampuh dalam melembabkan kulit.

Faktanya, pelembab akan bekerja maksimal jika kandungan zat yang terkandung dalam pelembab tubuh tersebut memang tepat peruntukannya. Misalnya, pelembab yang paling tepat digunakan saat cuaca terik di siang hari. Untuk yang satu ini, dr. Irma Dewi, dokter kecantikan yang lama berkecimpung di bidang kecantikan menganjurkan Anda untuk menggunakan pelembab berbahan dasar air atau pelembab water based.

Karena kandungan beragam bahan yang terkandung dalam pelembab ini mampu menyerap ke lapisan kulit tubuh secara sempurna. Alhasil saat dioleskan ke kulit pelembab berbahan dasar air ini akan menguap lebih cepat ketimbang pelembab tubuh berbahan dasar minyak (oil based). Dengan demikian tak berlebihan jika pelembab satu ini akan terasa dingin dan lembab saat dioleskan ke kulit tubuh Anda.

Membedakan Pelembab.
Tak hanya lebih cocok digunakan saat siang hari dalam kondisi cuaca sedang panas terik, pelembab tubuh water based juga cocok digunakan oleh mereka yang memiliki tipe kulit berminyak, sensitif dan kombinasi. Karena pelembab jenis ini tidak akan memicu kelebihan minyak pada kulit, sehingga kulit akan lebih segar dan terhindar dari potensi munculnya jerawat.

Kondisi ini tentu saja sangat berbeda dengan pelembab tubuh berbahan dasar minyak (oil based). Selain lebih efektif digunakan pada malam hari, pelembab satu ini pun lebih cocok digunakan untuk kulit normal atau kulit kering. Kandungan minyaknya akan membantu melembabkan lebih lama. Lazimnya, dalam setiap kemasan pelembab selalu ditulis bahan dasar pelembab tersebut terbuat dari bahan water based ataupun oil based. Hanya saja, adakalanya produsen pelembab tubuh tersebut lupa mencantumkannya dalam kemasan.

Untuk menyiasati hal ini, ada dua tips yang bisa Anda praktikkan, yaitu:  
1. Coba oleskan di tangan Anda, bila terasa hangat, maka pelembab tersebut oil based. Bila terasa dingin, maka pelembab tersebut adalah pelembab water based.

2. Cara berikutnya adalah dengan mengoleskannya pada selembar tisu. Dekatkan tisu tersebut pada cahaya lampu Saat terkena pijaran lampu, kandungan minyak pada pelembab oil based akan menyebar ke bagian tisu lainnya Sedangkan pada pelembab water based tidak.

3. Jika Anda menemukan pelembab yang terpisah antara minyak dan bahan lainnya, kemungkinan besar pelembab tersebut adalah pelembab oil based yang sudah tidak layak dipakai atau kedaluwarsa. Agar tidak memicu iritasi atau problem kulit lainnya, pelembab ini  lebih baik jangan digunakan.

8-10 Gelas Air. 
Meskipun mampu memberikan efek dingin dan lembab di kulit tubuh, namun penggunaan pelembab saja tidak cukup untuk mendapatkan kelembaban kulit yang maksimal, Anda dianjurkan untuk minum air putih minimal delapan gelas sehari. Bukannya tanpa alasan, sejak dahulu kala air putih memang memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Selain menyegarkan tubuh, air juga membantu kerja otak, menjaga temperatur tubuh, membantu pencernaan dan menjaga tubuh tetap sehat.

Meskipun tidak bisa langsung menyulap kulit terlihat lebih sehat dan terjaga kelembabannya, namun sesungguhnya saat kita meminum air putih, air tersebut tentu saja akan masuk ke usus, diserap dan masuk ke aliran darah, disaring dalam hati kemudian barulah air yang sudah disaring hati ini akan melembabkan sel kulit. (IK)  

0 komentar:

Post a Comment