Tuesday, November 19, 2013

Ekstrak Tebu Ampuh Cerahkan Wajah

Air atau ekstrak tebu yang rasanya manis menjadi minuman yang digemari karena rasanya yang lezat. Namun ternyata ekstrak tebu juga memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Biasanya ekstrak tebu dijadikan sebagai salah satu bahan dasar krim pagi dan krim malam yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Seperti apa?

Meski sering terpapar sinar matahari secara langsung, tak ada seorang wanita pun yang ingin kulitnya kusam, yang ditandai dengan timbulnya vlek hitam atau melasma. Selain sinar matahari, kulit kusam juga disebabkan karena polusi udara, tidak memakai tabir surya, hormon pada wanita hamil, terlalu sering mandi dengan air panas, merokok, kurang istirahat dan pola hidup yang tidak sehat. Sebaliknya, karena wanita ingin kulitnya selalu cerah putih maka mereka pun rela merogoh koceknya untuk melakukan berbagai perawatan kulit. Salah satu perawatan kulit yang sebaiknya tidak ditinggalkan adalah penggunaan krim perawatan wajah, yaitu krim pagi dan krim malam.

Ekstrak Tebu. Biasanya kandungan bahan aktif yang ada di dalam krim pagi dan krim malam adalah bahan-bahan yang mencerahkan kulit. Salah satunya adalah bahan yang terbuat dari ekstrak tebu. Menurut dr. Rimendra Sitepu, dokter kecantikan dan herbalis, di dalam tebu terkandung glycolic acid. Glycolic acid berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada permukaan kulit. Permukaan kulit akan beregenerasi atau berganti setiap 14-21 hari, sehingga dengan diberikan krim yang mengandung glycolic acid dari ekstrak tebu maka akan membantu mempercepat terangkatnya sel-sel kulit mati.

Untuk mendapatkan manfaat dan ekstrak tebu yang mengandung glycolic acid adalah dengan dimasukkan ke dalam krim perawatan kulit wajah. Umumnya ekstrak tebu yang dijadikan krim adalah bagian batang tebu, 10 cm dari akar. Lalu batang tersebut oleh produsen dibersihkan dan diolah menjadi krim pagi dan krim malam. Dengan penggunaan krim pagi dan krim malam yang mengandung ekstrak tebu setiap hari, maka akan mempercepat terbuangnya sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Di samping mencerahkan kulit dan menghaluskan kulit, ekstrak tebu juga dapat digunakan untuk mengatasi peradangan pada kulit seperti jerawat. Jika rutin menggunakan krim pagi dan krim malam akan membuat jerawat juga hilang karena akan membuat proses sel-sel kulit mati yang kering akibat jerawat akan mudah terkelupas.

Ekstrak tebu juga menjadi salah satu bahan aktif di dalam treatment chemical peeling yang berfungsi untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Chemical peeling ini dapat dilakukan sebulan sekali, sesuai dengan siklus regenerasi sel-sel kulit mati, sehingga permukaan kulit tampak lebih halus dan cerah. Selain itu, ekstrak tebu juga digunakan secara langsung. Caranya; batang tebu yang sudah dibersihkan lalu diperas hingga keluar airnya. 

Air tebu ini langsung dioleskan pada wajah selama 15 menit. Untuk mencerahkan kulit, pengolesan air tebu ini sebaiknya digunakan seminggu sekali.

Perawatan kulit wajah dengan ekstrak tebu minim efek samping karena aman dan telah lulus uji coba. Biasanya pengelupasan yang terjadi tidak terlihat secara kasat mata dan pengelupasan baru terlihat jika menggunakan kaca pembesar. Terkadang timbul rasa perih saat mencuci wajah ketika melakukan perawatan kulit menggunakan krim ataupun chemical peeling yang mengandung ekstrak tebu, karena adanya reaksi pengelupasan sel-sel kulit mati pada wajah.

Di samping bermanfaat untuk kecantikan, ekstrak tebu juga bermanfaat untuk kesehatan. Pasalnya ekstrak tebu mengandung karbohidrat yang baik menjaga kesehatan otak, jantung, ginjal dan mata. Tebu juga mengandung asam lemak yang bermanfaat sebagai efek antiradang, analgetik, antiracun, antiseptik dan obat lambung. Untuk kesehatan, biasanya ekstrak tebu ini diminum secara langsung.

Langsung Dioleskan. Menurut dr.I Made Wisnu, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, ekstrak tebu yang mengandung glycolic acid memang mampu mencerahkan kulit wajah. Kandungan glycolic acid ini juga dengan cepat akan melakukan proses pengelupasan kulit mati pada wajah sehingga kulit tampak lebih putih, cerah dan halus. Selain itu, karena ekstrak tebu mengandung anti radang dan antiseptik maka juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat pada wajah, serta menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

Meski bermanfaat untuk mencerahkan kulit, namun jika ekstrak tebu digunakan secara langsung dengan mengoleskan air tebu pada wajah maka hasilnya tidak terlalu efektif. Pasalnya, air tebu hanya dapat mencerahkan bagian permukaan kulit dan tidak bisa masuk ke bagian dalam kulit. Lapisan kulit bagian dalam tidak bisa dirangsang hanya dengan menggunakan air tebu, tetapi tebu tersebut harus diekstrak dan dimasukkan ke dalam kandungan krim atau digunakan dalam treatment modern. Dengan demikian, fungsi dari ekstrak tebu yang dimasukkan ke dalam krim ataupun treatment dapat mencerahkan kulit hingga ke lapisan dalam kulit dan hasilnya lebih efektif.


Di Samping menggunakan krim pagi dan krim malam, serta menggunakan chemical peeling, agar kulit tetap cerah atau tidak kusam sebaiknya Anda minum air putih dua liter sehari, makan buah-buahan seperti pir, bengkuang dan apel, serta makan sayur-sayuran hijau yang mengandung antioksidan tinggi, serta vitamin C dan E. Selain itu sebaiknya juga tidak merokok, menggunakan tabir surya, memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, melakukan diet yang sehat, menghindari stres serta istirahat yang cukup. Nailul Iffah (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment