Thursday, November 21, 2013

Benalu Kopi Hilangkan Nyeri Asam Urat

Meski hanya di bagian tubuh tertentu, tetapi nyeri yang dirasakan penderita asam urat tidak kalah hebat dibandingkan rasa nyeri sendi pada penderita rematik di beberapa tempat. Tak hanya dengan obat-obatan, ternyata nyeri sendi juga bisa dihilangkan dengan benalu kopi Kandungan antioksidan yang tinggi dalam benalu kopi bisa memperkuat dan memulihkan sendi yang nyeri akibat asam urat. Benarkah?
Banyak masyarakat awam yang menyamakan antara penyakit asam urat dengan rematik. Dijelaskan oleh dr. Andry Reza Rahmadi, SpPD-KR, M.Kes, dokter spesialis penyakit dalam dari Divisi Reumatologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, asam urat adalah penyakit yang terjadi akibat adanya peningkatan asam laktat dalam darah. Peningkatan asam laktat dalam darah ini lama-kelamaan bisa memicu terjadinya peningkalan kadar asam urat dalam darah. Kondisi tersebut itulah yang kemudian akan memicu terbentuknya Kristal di dalam sendi. Terbentuknya kristal di dalam sendiri ini akan menyebabkan timbulnya respons peradangan yang berujung pada timbulnya rasa nyeri, pembengkakan, peradangan, rasa panas dan kaku pada area sendi pergelangan ibu jari, pergelangan kaki ataupun lutut.

Karena sering dianggap sebagai penyakit yang tak berbahaya, maka banyak orang yang mengabaikan pengobatan penyakit asam urat. Umumnya mereka berobat jika kondisi penyakit asam uratnya sudah berat dan sudah mulai mengalami kesulitan berjalan karena rasa nyeri pada persendian, pengapuran tulang, serta pengeroposan pada area sekitar persendian. Rasa nyeri di persendian adalah penderitaan yang harus dialami penderita asam urat dan biasanya dokter memberikan obat kimia tertentu untuk menghilangkan rasa nyeri. Namun, jika Anda mencari alternatif pengobatan untuk menghilangkan rasa nyeri, tidak ada salahnya menggunakan benalu kopi.

Benalu Kopi. Benalu kopi disebut-sebut dapat menghilangkan rasa nyeri akibat asam urat Karena tinggi kandungan antioksidan. Antioksidan yang tinggi akan mampu menekan pertumbuhan sel-sel jahat, serta memperkuat dan memulihkan organ dan sel-sel tubuh yang sakit atau rusak. Dengan demikian, benalu kopi dapat menghilangkan Kristal-kristal yang menempel pada sendi penderita asam urat sehingga rasa nyeri pada penderita asam urat akan semakin berkurang.

Memanfaatkan benalu kopi untuk menghilangkan nyeri sendi akibat asam urat caranya, Anda cukup mengambil 100 gr benalu kopi yang berasal dari pohon kopi yang sudan tua. Lalu benalu kopi dicuci bersih menggunakan air yang mengalir agar benar-benar bersih dari jamur yang berbahaya. Agar panas yang dihasilkan saat proses perebusan lebih terkontrol dan kandungan antioksidan dalam benalu kopi yang direbus bisa tersaring secara maksimal, maka sebaiknya Anda menggunakan panci infus bersusun dua. Bagian panci paling bawah diisi dengan 100 ml air, sementara di bagian atasnya diisi dengan 300 ml air dan 100 gr benalu kopi.

Setelah itu, rebus benalu kopi tersebut dalam 300 ml air dengan suhu 90 C. Setelah airnya tersisa sebanyak 100 ml, matikan kompor, lalu pisahkan atau saring ramuan benalu kopi tersebut hingga yang tersaring hanya airnya. Supaya air rebusan benalu kopi tersebut lebih sedap saat diminum Anda bisa menambahkan sdt madu atau gula. Biarkan hingga agak dingin lalu minum airnya sesudah makan pagi. Lakukan ini setiap hari hingga Anda merasa terbebas dari rasa nyeri. Jika rasa nyerinya sudah hilang, sebagai maintenance air rebusan benalu kopi tersebut cukup diminum satu hingga dua kali seminggu.

Selama Anda mengikuti setiap anjuran dalam pengolahan benalu kopi ini, Anda dijamin akan terbebas dari efek samping yang berbahaya. Namun, untuk menghindari efek samping seperti gatal-gatal, kemerahan, dan iritasi, sebaiknya Anda yang alergi terhadap tanaman benalu tidak dianjurkan untuk menjalani terapi ini. Selain itu, menurut Soetresno Martosudarmo, Terapis Pengobatan Tradisional dari Griya Pengobatan Tradisional, sekaligus Ketua ASPETRI Bekasi, karena benalu kopi yang berasal dari pohon kopi yang sudah tua tersebut tidak mudah diperoleh di pasaran, maka terapi benalu kopi ini dikombinasikan dengan pengobatan konvensional.

Meski benalu kopi diklaim bisa menghilangkan rasa nyeri penderita asam urat, tetapi pengobatannya tidak bisa dipastikan berapa lama. Pasalnya, khasiat dari benalu kopi sangat tergantung pada berat ringannya masalah asam urat yang diderita. Untuk hasil maksimal, sebaiknya Anda juga menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan makan makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yoghurt, dan pisang, serta makan buah yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk, pepaya dan strawberry. Anda juga sebaiknya mengurangi karbohidrat sederhana seperti nasi, singkong, roti dan ubi, serta mengurangi makanan atau minuman manis seperti gula, permen, harum manis, gulali dan sirup.

Belum Tentu. Penelitian mengenai beberapa bahan alami seperti benalu kopi sebagai obat nyeri memang tengah digalakkan di beberapa Fakultas Kedokteran di Indonesia. Namun menurut dr. Andry, sejauh ini hasilnya belum terlalu memuaskan. Pasalnya, penelitian tersebut terhalang oleh banyaknya kandungan zat aktif dalam bahan alami yang diklaim bisa membantu mengurangi ataupun membantu menghilangkan rasa nyeri yang dialami oleh penderita asam urat.


Bahkan dalam satu bahan alami bisa terkandung 100 bahan aktif, Karena itu bukan sesuatu yang mudah untuk mendapatkan 1-2 bahan aktif yang bermanfaat untuk mengurangi nyeri asam urat. Meskipun berhasil menemukan 1-2 kandungan zat aktif yang bisa bekerja mengatasi rasa nyeri, namun belum tentu bahan aktif yang terkandung dalam bahan alami tersebut manjur mengobati rasa nyeri yang diderita oleh setiap penderita asam urat. Diah (Info Kecantikan)

0 komentar:

Post a Comment